Laman

Monday, July 19, 2021

LIFE AFTER DEATH: The Burden of Proof

Oleh: Deepak Chopra 

 Memoir: The Life Beyond

Saat menulis buku tentang kehidupan setelah kematian ini, saya terus-menerus ditarik kembali ke cerita-cerita yang saya dengar di India saat masih kecil. Perumpamaan adalah cara yang ampuh untuk mengajar anak-anak, dan banyak dari perumpamaan yang diceritakan kepada saya telah berlangsung sepanjang hidup saya. Jadi saya memutuskan untuk menganyam buku di sekitar kisah-kisah seperti yang saya dengar di rumah, di sekitar kuil, dan di sekolah, berharap pembaca akan terpikat oleh dunia di mana para pahlawan berjuang melawan kegelapan untuk muncul ke dalam cahaya.

Dalam hal ini pahlawannya adalah seorang wanita, Savitri, dan musuh yang harus dia kalahkan adalah Yama, penguasa kematian. Yama muncul di halaman depan rumahnya suatu hari, menunggu untuk mengambil suaminya saat dia kembali dari pekerjaannya sebagai penebang kayu. Savitri ketakutan. Strategi apa yang bisa membuat Kematian menjauh dari misinya yang tak terhindarkan?

Saya tidak kesulitan membayangkan karakter-karakter ini. Aku takut pada Savitri dan ingin tahu bagaimana pertempuran akalnya dengan Kematian. Dunia mereka mengalir dengan mudah ke dalam duniaku sendiri, karena India masa kecilku tidak terlalu jauh dari India kuno. Saya ingin meluangkan waktu sejenak untuk menyampaikan apa arti kematian dan dunia luar saat itu. Ini mungkin tampak seperti tempat yang sangat esoteris. Jika demikian, Anda dapat kembali ke sana setelah membaca bagian utama buku ini. Betapapun misterius dan eksotisnya, di sinilah saya memulai. 

Apa yang paling ajaib di masa kecil saya adalah transformasi. Kematian itu sendiri dilihat sebagai titik perhentian singkat dalam perjalanan jiwa tanpa akhir yang bisa mengubah seorang petani menjadi raja dan sebaliknya. Dengan kemungkinan masa hidup tak terbatas yang memanjang ke depan dan ke belakang, satu jiwa dapat mengalami ratusan surga dan neraka. Kematian tidak mengakhiri apa pun; itu membuka petualangan tanpa batas. Tetapi pada tingkat yang lebih dalam, biasanya orang India tidak mendambakan keabadian. Setetes air menjadi uap, yang tidak terlihat, namun uap menjelma menjadi awan yang mengepul, dan dari awan hujan turun kembali ke bumi, membentuk aliran sungai dan akhirnya menyatu ke laut. Apakah setetes air mati di sepanjang jalan? Tidak, itu mengalami ekspresi baru di setiap tahap. Demikian juga, gagasan bahwa saya memiliki tubuh tetap yang terkunci dalam ruang dan waktu adalah sebuah fatamorgana.Setetes air di dalam tubuh saya bisa saja laut, awan, sungai, atau mata air sehari sebelumnya. Saya mengingatkan diri saya sendiri tentang fakta ini ketika ikatan kehidupan sehari-hari terlalu erat.

Di Barat, akhirat dipandang sebagai tempat yang mirip dengan dunia material. Surga, neraka, dan api penyucian terletak di suatu wilayah yang jauh di luar langit atau di bawah bumi. Di India masa kanak-kanak saya, akhirat bukanlah tempat sama sekali, tetapi keadaan kesadaran.

Kosmos yang Anda dan saya alami saat ini, dengan pepohonan, tanaman, manusia, rumah, mobil, bintang, dan galaksi, hanyalah kesadaran yang mengekspresikan dirinya pada satu frekuensi tertentu. Di tempat lain di ruang-waktu, pesawat yang berbeda ada secara bersamaan. Jika saya bertanya kepada nenek saya di mana surga itu, dia akan menunjuk ke rumah yang kami tinggali, bukan hanya karena penuh cinta, tetapi karena masuk akal baginya bahwa banyak dunia dapat dengan nyaman menghuni tempat yang sama. Dengan analogi, jika Anda mendengarkan orkestra konser, ada seratus instrumen yang dimainkan, masing-masing menempati tempat yang sama dalam ruang dan waktu. Anda dapat mendengarkan simfoni secara keseluruhan atau, jika Anda mau, memusatkan perhatian Anda pada instrumen tertentu. Anda bahkan dapat memisahkan not-not individual yang dimainkan oleh instrumen itu. Kehadiran satu frekuensi tidak menggantikan yang lain.

Saya tidak mengetahuinya sebagai seorang anak, tetapi ketika saya berjalan di sekitar pasar Delhi yang ramai di mana lebih banyak umat manusia dikemas ke dalam satu bazaar daripada yang mungkin dibayangkan, dunia yang tidak dapat saya lihat bahkan lebih ramai. Udara yang saya hirup mengandung suara, suara mobil, nyanyian burung, gelombang radio, sinar-X, sinar kosmik, dan susunan partikel subatom yang hampir tak terbatas. Realitas tak berujung tergeletak di sekitarku.

Setiap frekuensi di alam ada secara bersamaan, namun kita hanya mengalami apa yang kita lihat. Adalah wajar untuk takut pada apa yang tidak dapat kita lihat, dan karena kematian merenggut seseorang dari pandangan, kita bereaksi terhadapnya dengan rasa takut. Saya tentu saja tidak kebal terhadap ini. Kematian hewan peliharaan membuat saya cemas dan sedih; kematian kakek saya, yang terjadi tiba-tiba di tengah malam, sangat menghancurkan. Adik laki-laki saya terus berlarian di sekitar rumah sambil menangis, "Di mana dia? Di mana dia?" Itu akan bertahun-tahun sebelum saya menyadari bahwa jawaban yang benar adalah "Di sini dan di mana-mana."

Bidang-bidang keberadaan yang berbeda mewakili frekuensi kesadaran yang berbeda. Dunia materi fisik hanyalah salah satu ekspresi dari frekuensi tertentu. (Beberapa dekade kemudian, saya terpesona membaca bahwa menurut fisikawan, ada dengungan latar belakang alam semesta yang begitu spesifik sehingga terdengar seperti nada B-flat, meskipun bergetar jutaan kali lebih rendah daripada pendengaran manusia.) Di India seorang anak tidak akan pernah mendengar ide ilmiah semu yang rumit, tetapi kami mendengar tentang lima elemen, atau Mahabhuta: tanah, air, api, udara, dan ruang angkasa. Elemen-elemen ini digabungkan untuk membentuk segala sesuatu yang ada, yang terdengar kasar bagi seseorang yang berpengalaman dalam sains Barat, tetapi mengandung kebenaran yang berharga: Semua transformasi bermuara pada beberapa elemen sederhana.

Pada abad ke-20, sains Barat mulai memahami bahwa semua benda padat sebenarnya terbuat dari getaran yang tidak terlihat. Di masa kecil saya, benda padat terlihat memiliki sebagian besar unsur tanah. Dengan kata lain, benda padat memiliki getaran padat, atau getaran pada bidang yang lebih rendah. Benda-benda yang mengandung uap memiliki getaran yang halus, pada bidang yang lebih tinggi.

Sama seperti ada berbagai bidang materi, ada juga bidang spiritual yang berbeda, gagasan yang mengejutkan bagi saudara-saudara Katolik yang saleh, kebanyakan orang Irlandia, yang adalah guru saya di sekolah. Bagi mereka satu-satunya roh adalah Roh Kudus yang tinggal di surga. Kami anak-anak cukup politis untuk tidak berselisih, namun dalam kosmos kami hanya masuk akal bahwa jika Bumi adalah dunia spiritual yang padat, pasti ada alam spiritual yang lebih tinggi, yang kami kenal sebagai Lokas, yang di kalangan mistik Barat dikenal sebagai "astral". Ada hampir tak terbatas jumlah pesawat astral, dibagi menjadi dunia astral yang lebih tinggi dan lebih rendah, dan bahkan yang terendah bergetar pada frekuensi yang lebih tinggi daripada dunia material.

Dahulu kala Barat menyerah mencoba mendengar musik bola, tetapi di India diyakini bahwa seseorang dengan kesadaran yang disetel dengan baik dapat masuk ke dalam dan benar-benar mendengar getaran berbagai bidang yang lebih tinggi. Di alam astral Anda dapat melihat tubuh Anda sendiri, misalnya, namun usianya mungkin berubah dari waktu ke waktu.

Di alam astral yang lebih rendah kita menemukan kewaskitaan, telepati, dan penyempurnaan lain dari panca indera, serta hantu, jiwa tanpa tubuh, dan roh yang karena satu dan lain alasan "terjebak". Sebagai seorang anak saya yakin bahwa ketika seekor kucing atau anjing berhenti untuk menilai udara, ia melihat sesuatu yang tidak dapat saya lihat. Jadi tidak mengherankan untuk kemudian membaca, dalam berbagai teks baik Timur maupun Barat, bahwa alam astral yang lebih rendah kadang-kadang dirasakan oleh manusia dalam tingkat kesadaran yang lebih tinggi sering kali dirasakan oleh hewan. Saya juga tidak terkejut bertemu dengan seorang residen psikiatri yang memberi tahu saya bahwa jika ruangan rumah sakit cukup remang-remang, dia bisa melihat—di ujung pandangan—ketika jiwa meninggalkan orang yang sekarat. Setiap anak India melahap buku komik tentang eksploitasi berbagai pahlawan yang berjuang dalam pertempuran mereka di Lokas yang jauh. Masuk dan keluar dari keberadaan material adalah versi perjalanan kami ke luar angkasa. Pahlawan buku komik kami akan menemukan bentuk pikiran dan awan pikiran, tubuh astral yang bepergian saat tidur, warna dan aura astral. Semua ini adalah getaran di bidang astral yang lebih rendah.

Dalam tradisi India setiap tubuh fisik diberikan tubuh astral yang menyertainya. Tubuh astral Anda adalah cerminan lengkap dari tubuh fisik Anda; ia memiliki jantung, hati, lengan, kaki, wajah, dll., tetapi karena ia beroperasi pada frekuensi yang lebih tinggi, kebanyakan orang tidak menyadarinya. Selama hidup, tubuh fisik menyediakan pakaian bagi jiwa; itu memberinya penampilan yang terlokalisasi di dunia material. Dalam kematian, ketika tubuh fisik mulai hancur, jiwa yang pergi memasuki alam astral yang sesuai dengan keberadaannya di alam material, frekuensi yang paling sesuai dengan kehidupan sebelumnya.

Gagasan umum bahwa Anda pergi ke tempat Anda seharusnya berada dengan mudah di benak saya saat itu. Saya membayangkan anjing pergi ke surga anjing, dan orang-orang yang mencintai anjing bergabung dengan mereka. Saya membayangkan orang jahat tidak lagi menyakiti siapa pun kecuali diri mereka sendiri karena mereka diisolasi di semacam penjara karma. Ini menghibur, sebuah jaminan bahwa orang-orang baik yang mencintaiku tetapi sekarang telah pergi tinggal di tempat yang baik. Tapi pandangan saya memiliki keterbatasan. Saya tidak pernah yakin apakah kakek bijak saya bertemu kakeknya yang bijak di akhirat, yang menunjukkan kepadanya bagaimana untuk melanjutkan, atau apakah pekerjaan itu dilakukan oleh malaikat, atau roh yang tercerahkan. Jauh kemudian ketika saya mulai meneliti karma, saya menemukan bahwa setelah kita mati, kita tetap memiliki motivasi diri. Jiwa bergerak sesuai keinginannya dari satu alam astral ke alam astral lainnya, memproyeksikan seperti dalam mimpi pemandangan dan orang apa pun,panduan dan entitas astral yang dibutuhkan untuk kemajuannya sendiri.

Semua alam ini pada akhirnya dibayangkan oleh Spirit, sama seperti ia membayangkan dunia material. Kata India untuk Roh adalah Brahman, yang berarti Segalanya, satu-satunya kesadaran yang memenuhi setiap alam kehidupan. Tapi orang India santai tentang terminologi, sebagaimana layaknya budaya yang sangat tua. Kami berkata Tuhan. Rama. Siwa. Maheswara. Yang penting bukanlah nama tetapi konsep kesadaran tunggal yang menciptakan segalanya dan terus melakukannya dalam dimensi tak terbatas dengan kecepatan tak terbatas. Di alam astral, Spirit terus memainkan peran. Di sana, orang benar-benar dapat melihat gambar dewa dan dewi, malaikat dan setan. Ini pada akhirnya ilusi, bagaimanapun, untuk setiap pesawat astral memberikan pengalaman Roh. Di sini, di pesawat kami, kami mengalami Roh sebagai materi, soliditas.Di alam astral kita mengalami makhluk halus dan pemandangan yang mereka huni - apa yang kita sebut mimpi.

Kosmos bersifat nonlokal, yaitu tidak dapat dipetakan sebagai lokasi. Setelah kematian kita secara bertahap berhenti menjadi lokal. Kita melihat diri kita apa adanya dari sudut pandang jiwa: di mana-mana sekaligus. Penyesuaian ini mungkin merupakan hambatan terbesar yang akan kita hadapi di alam astral. Saat ini Anda berada di pusat alam semesta karena ketakhinggaan meluas ke segala arah, namun seseorang di sisi lain dunia juga berada di pusat alam semesta, karena ketakhinggaan meluas di semua sisinya juga. Jika Anda berdua adalah pusat alam semesta, Anda berdua harus berada di lokasi yang sama. Fakta bahwa Anda tampak berada di tempat yang berbeda adalah artefak sensorik. Ini didasarkan pada pemandangan dan suara, yang merupakan acara lokal. Anda bukan acara lokal.

Demikian pula, setiap momen adalah pusat waktu, karena keabadian membentang di sekitar setiap momen ke segala arah. Oleh karena itu, setiap momen adalah sama dengan setiap momen lainnya. Kosmos, sebagai nonlokal, tidak memiliki atas atau bawah, utara atau selatan, timur atau barat. Ini hanya titik referensi untuk kenyamanan kita pada frekuensi tertentu kita (yaitu, di dalam tubuh). Proses transformasi setelah kematian bukanlah perpindahan ke tempat atau waktu lain; itu hanya perubahan dalam kualitas perhatian kita. Anda hanya dapat melihat apa yang Anda getarkan.

Saya memiliki seorang paman yang suka bepergian dan mengunjungi berbagai orang suci dan orang bijak yang begitu padat penduduknya di India. Terkadang, yang membuatku terpesona, dia membawaku. Saya melihat para pertapa yang duduk dalam satu posisi selama bertahun-tahun; lain yang hampir tidak bernapas. Saya tahu sekarang bahwa mata saya menipu saya. Saya hanya melihat kepompong, di dalamnya terjadi transformasi luar biasa. Diam-diam, angka-angka ini menyetel frekuensi yang berbeda di luar dunia luar. Melalui pergeseran perhatian, mereka dapat berbicara dengan Rama (atau Buddha atau Kristus, meskipun hal itu tidak mungkin terjadi di India). Meditasi mendalam bukanlah keadaan yang lembam; itu adalah landasan untuk kesadaran. Di UGD ketika seseorang meninggal karena serangan jantung, hanya untuk dihidupkan kembali dengan laporan pengalaman mendekati kematian, dia menggunakan landasan peluncuran yang berbeda.Dalam kedua kasus tersebut terjadi pergeseran kualitas perhatian.

Perbedaan besar adalah ketika pasien jantung masuk ke cahaya, perjalanannya tidak disengaja. Para yogi pendiam dari masa laluku sedang menjalankan niat. Dengan memiliki keinginan pada tingkat kesadaran yang cukup dalam, mereka menjalani proses yang sejajar dengan kematian. Perasaannya memudar satu per satu. (Yang terakhir pergi ketika seseorang meninggal adalah suara, yang merupakan yang pertama datang saat lahir. Ini sesuai dengan gagasan India bahwa lima elemen datang dan pergi dalam urutan tertentu; karena suara setara dengan getaran, yang memegang tubuh bersama, masuk akal bahwa itu akan menjadi yang terakhir pergi.)

Saat indra kasar menjadi tumpul, indra halus menajam. Kita masih melihat dan mendengar setelah kita mati, tetapi sekarang benda-benda itu bukan fisik. Mereka terdiri dari apa pun yang ingin kita lihat di alam astral: pemandangan dan suara surgawi, makhluk surgawi, dan cahaya yang cemerlang. Dalam pengalaman menjelang kematian, manifestasi yang paling khas adalah wajah, suara, atau kehadiran emosional. Dalam budaya tradisional lainnya, orang mungkin berharap bertemu hantu atau binatang. Seringkali orang yang sekarat merasakan sesuatu yang halus di sekelilingnya - kehangatan tertentu, bentuk atau suara yang samar sebelum meninggalkan tubuhnya. Entah bagaimana ini dapat diakses pada frekuensi getaran orang yang sekarat. Siapa pun yang telah menghabiskan waktu dengan orang yang sekarat tahu bahwa mereka mungkin mengatakan bahwa mereka telah bergabung di ruangan itu oleh pasangan yang telah meninggal atau orang terkasih yang telah lama meninggal. Beberapa jenis kontak astral sedang dibuat di zona transisi dari fisik ke halus.

Pada saat kematian, pasangan astral dari tubuh fisik terpisah darinya. Menurut ajaran Veda, jiwa yang telah meninggal kemudian tidur untuk sementara waktu di wilayah astral, yang saya terjemahkan sebagai masa inkubasinya. Ide-ide baru meresap dalam pikiran sebelum mengarah pada tindakan, dan hal serupa terjadi dengan jiwa. Biasanya jiwa tidur dengan tenang, tetapi jika seseorang meninggal mendadak atau prematur, atau memiliki banyak keinginan yang tidak terpenuhi, tidur ini mungkin gelisah dan terganggu. Kengerian dari kematian yang kejam akan terus bergema, dan begitu juga dengan lebih banyak siksaan duniawi seperti cinta atau kesedihan yang tak terbalas. Bunuh diri mengalami rasa sakit batin yang sama yang membuat mereka mengambil nyawa mereka.

Keinginan yang tidak terpenuhi tidak harus negatif. Kerinduan akan kesenangan juga mewakili ketidakmampuan untuk melepaskan. Paman saya, seorang penyembah spiritual, mendengar banyak kisah rinci tentang jiwa yang terjebak di alam astral yang lebih rendah. Hari, bulan, dan tahun bukanlah tolok ukur perspektif jiwa.

____________

 Ulasan Editorial

Dari Publishers Weekly

 

Ulasan Berbintang. Di India kematian dipersepsikan sangat berbeda dari di Barat, "sebagai titik perhentian singkat dalam perjalanan jiwa tanpa akhir," kata Chopra dalam pengantar kehidupan di luar keberadaan tubuh ini. Chopra, seorang dokter medis dan pemimpin dunia dalam pengobatan pikiran-tubuh serta penulis lebih dari 45 buku, sekarang berani menjawab: apa yang terjadi setelah kita mati? Bagi Chopra, kematian pantas disebut sebagai keajaiban, "pintu menuju peristiwa yang jauh lebih penting—awal dari kehidupan setelah kematian" dan mode keberadaan yang "bisa sekreatif hidup". Chopra secara efektif menggunakan kisah klasik Vedanta tentang Savitri—seorang wanita yang pulang ke rumah untuk mencari kematian, Dewa Yama, menunggu untuk mengambil suaminya, dan yang mencari nasihat biksu Ramana untuk mengecoh kematian—untuk membingkai setiap bab. Chopra mendasarkan setiap topik dalam alur panjang cerita tunggal ini, yang merupakan batu loncatan yang sempurna bagi Chopra untuk memperkenalkan konsep-konsep seperti Akasha (tahap tertinggi yang dapat dicapai oleh jiwa) dan Keabadian dalam tradisi India (di mana kita berada di luar kematian, kehidupan, kejantanan, kewanitaan, dan pengalaman waktu). Chopra menyajikan kisah menarik tentang kehidupan setelah kematian bagi orang Barat yang pasti akan menyenangkan penggemar setianya dan juga menarik pembaca baru. (Nov.)

 

Ulasan

 
“Harus dibaca untuk semua orang yang akan mati.” Candace B. Pert, Ph.D., penulis Molecules of Emotion

“Penyelidikan yang mendalam dan mendalam tentang misteri terbesar keberadaan. Ini adalah buku yang penting karena hanya dengan menghadapi kematian kita akan menyadari siapa diri kita sebenarnya.” Eckhart Tolle, penulis The Power of Now

“Jika saya memiliki keraguan tentang kehidupan setelah kematian, saya tidak memilikinya lagi. Deepak Chopra telah memberikan cahayanya yang tak ada bandingannya di sudut-sudut gelap kematian. Saya pikir ini adalah kontribusi terbesarnya.” Marianne Williamson, penulis The Gift of Change

“Deepak Chopra. . . membawa kita ke tepi kebenaran batin terdalam kita sendiri tentang kehidupan setelah kematian dengan berbagi dengan kita visi dan kebijaksanaannya, yang, seperti biasa, menakjubkan, menyembuhkan, dan membuka jiwa.” —Neale Donald Walsch, penulis Home with God: In a Life That Never Ends

“Deepak Chopra telah menulis sebuah mahakarya yang telah lama tertunda dalam budaya spiritual kita. Life After Death: The Burden of Proof adalah panduan berani dan menghibur ke alam baka.” —Caroline Myss, penulis Anatomy of the Spirit and Sacred Contracts

“Dengan mengawinkan sains dan kebijaksanaan dalam Kehidupan Setelah Kematian, Chopra membangun kasusnya untuk kehidupan setelah kematian di mana diri kita yang paling esensial, pelihat yang mengamati pengalaman kita di rumah sementara yang kita sebut diri ini, menggunakan akhir kehidupan ini untuk melewati kehidupan berikutnya. Ini adalah tur de force intelektual dan spiritual.” Profesor Robert Thurman, Universitas Columbia, penulis Infinite Life dan The Tibetan Book of the Dead

 

tentang Penulis

Deepak Chopra adalah pendiri Chopra Center for Well Being (chopra.com) dan presiden Alliance for a New Humanity (anhglobal.org.).

 


 

No comments:

Post a Comment