Sebelum kita mulai mempertimbangkan evolusi kesadaran, kita harus
bertanya ketika kesadaran itu pertama muncul. Apakah manusia saja yang
sadar, atau makhluk lainnya juga sadar? Apakah binatang seperti anjing,
misalnya, sadar?
Seekor anjing mungkin tidak menyadari banyak hal yang kita sadari. Mereka tidak begitu banyak menyadari dunia luar langsung mereka, dunia luar yang didefinisikan oleh rentang indra mereka. Mereka tidak tahu apa-apa tentang wilayah di bawah lautan, atau ruang angkasa luar bumi. Seekor anjing juga tidak menyadari lebih jauh tentang saat ini. Mereka tahu apa-apa tentang perjalanan sejarah, atau ke mana ia mungkin akan menuju. Mereka tidak menyadari kematian tak terelakkan dengan cara yang sama dengan kita. Mereka tidak berpikir pada dirinya sendiri dalam kata-kata, dan mereka mungkin tidak membuat alasan seperti yang kita lakukan. Dan mereka tampaknya tidak memiliki kesadaran diri seperti yang kita lakukan. Mereka tidak terjebak dalam kepedulian terhadap citra diri mereka sendiri, dengan semua perilaku aneh yang mereka timbulkan. Tapi ini tidak berarti bahwa anjing tidak memiliki kesadaran sama sekali.
Anjing mengalami dunia luar berdasarkan indera mereka. Mereka melihat, mendengar, mencium, dan merasakan dunia mereka. Mereka mengingat di mana mereka pernah berada. Mereka mengenali suara. Mereka mungkin menyukai beberapa orang atau hal-hal, dan tidak menyukai yang lain. Anjing kadang-kadang menunjukkan rasa takut, dan pada waktu lain menunjukkan kegembiraan. Ketika tidur, mereka sepertinya bermimpi, kaki dan jari kaki berkedut seakan membayangkan aroma kelinci fantasinya. Mereka jelas tidak hanya mekanisme biologis, tanpa pengalaman batin. Untuk menunjukkan bahwa mereka tidak sadar adalah tidak masuk akal – sama absurdnya seperti menunjukkan bahwa tetangga saya di seberang jalan tidak sadar.
Yang membuat anjing berbeda dari kita adalah bukan dalam kapasitas kesadaran mereka tapi apa yang mereka sadari. Anjing mungkin tidak sadar diri, dan mungkin tidak berpikir atau memiliki alasan seperti yang kita lakukan. Dalam hal ini mereka kurang menyadari daripada kita. Di sisi lain, anjing dapat mendengar frekuensi yang lebih tinggi daripada yang kita lakukan, dan indra penciuman mereka jauh melampaui indera penciuman kita sendiri. Dalam hal persepsi sensorik mereka terhadap dunia sekitar, anjing dapat dianggap lebih sadar daripada manusia.
Sebuah analogi yang berguna untuk memahami sifat kesadaran adalah menggunakan lukisan. Lukisan itu sendiri sejalan dengan isi kesadaran; Kanvas yang digunakan untuk melukis sesuai dengan bagian dari kesadaran. Berbagai lukisan tak terbatas dapat dilukis di atas kanvas; tapi apa pun lukisannya, mereka semua berbagi fakta bahwa mereka dilukis di atas kanvas. Tanpa kanvas tidak akan ada lukisan.
Gambar-gambar yang dilukis di atas kanvas kesadaran mengambil banyak bentuk. Termasuk persepsi kita tentang dunia sekitar, pikiran kita, gagasan kita, keyakinan kita, nilai-nilai kita, perasaan kita, emosi kita, harapan kita, ketakutan kita, intuisi kita, mimpi dan fantasi – dan banyak lagi. Tapi tak satu pun dari ini akan menjadi mungkin jika kita tidak memiliki kapasitas untuk kesadaran. Tanpa itu tidak akan ada pengalaman subjektif apapun.
Apakah Semua Makhluk Sadar?
Jika anjing memiliki bagian kesadaran, maka dengan argumen yang sama pada kucing, kuda, rusa, lumba-lumba, paus, dan mamalia lainnya. Mengapa kita meminta dokter hewan untuk menggunakan anestesi?
Jika mamalia adalah makhluk yang sadar, maka kita tidak melihat alasan untuk menganggap bahwa burung berbeda. Burung beo tampak seolah sadar sebagaimana seekor anjing. Jika burung memiliki kapasitas untuk kesadaran, maka tampaknya wajar untuk mengasumsikan bahwa sama halnya dengan vertebrata lainnya – buaya, ular, katak, salmon, dan ikan hiu. Apa yang mereka sadari mungkin bervariasi. Lumba-lumba “melihat” dunia dengan sonar; ular melihat dengan radiasi infra merah; hiu merasa dengan indra listrik. Gambar-gambar yang dilukis di pikiran mereka mungkin bervariasi; tapi, bagaimanapun variasi pengalaman mereka, mereka semua berbagi bagian kesadaran.
Di mana kita menarik garis? Pada vertebrata? Sistem saraf serangga mungkin tidak serumit kita, dan mereka mungkin tidak memiliki pengalaman dunia sebanyak seperti yang kita lakukan. Mereka juga memiliki indra yang sangat berbeda, sehingga gambar yang dilukis di pikiran mereka mungkin sama sekali tidak seperti kita. Tapi saya tidak melihat alasan untuk meragukan bahwa serangga memiliki pengalaman batin tertentu.
Seberapa jauh kita pergi? Tampaknya bahwa setiap organisme yang sensitif terhadap lingkungannya memiliki tingkat pengalaman interior tertentu. Banyak organisme bersel tunggal sensitif terhadap getaran fisik, intensitas cahaya, atau panas. Kita tidak bisa mengatakan bahwa mereka tidak memiliki tingkat kesadaran yang sesuai.
Akan sama berlaku untuk virus dan DNA? Bahkan untuk kristal dan atom? Filsuf Alfred North Whitehead berpendapat bahwa kesadaran meliputi semuanya. Ia melihatnya sebagai properti intrinsik dari penciptaan.
Evolusi Kesadaran dan Biologi
Jika semua makhluk sadar dalam beberapa cara atau lainnya, maka kesadaran bukanlah sesuatu yang berevolusi pada manusia, atau dengan primata, mamalia atau tingkat tertentu lainnya dari evolusi biologis. Itu selalu ada. Apa yang muncul selama evolusi adalah berbagai kualitas dan dimensi dari pengalaman sadar – isi dari kesadaran.
Organisme sederhana pertama – bakteri dan ganggang – tidak memiliki indera, mereka sadar hanya dengan cara yang paling dasar: tidak ada bentuk, tidak ada struktur, hanya secercah samar kesadaran. Gambaran mereka terhadap dunia tidak lain hanyalah seperti sebuah noda samar dari warna – hampir tidak terlihat, dibandingkan dengan kekayaan dan detail dari pengalaman manusia.
Ketika organisme multisel berevolusi, begitu pula kapasitas penginderaan mereka. Sel khusus berkembang untuk penginderaan cahaya, getaran, tekanan, atau perubahan kimia. Sel-sel ini membentuk organ sensorik, dan ketika mereka berkembang, kemampuan mereka untuk menyerap informasi meningkat. Mata tidak hanya sensitif terhadap cahaya; mereka bereaksi secara berbeda terhadap frekuensi yang berbeda, dan dapat memberitahu dari arah mana cahaya itu datang. Noda samar dalam pengalaman bakteri mulai mengambil warna dan bentuk. Bentuk-bentuk telah mulai muncul pada kanvas kesadaran.
Sistem saraf berkembang, memproses data ini dan mendistribusikannya ke bagian lain dari organisme. Sebelumnya, arus informasi memerlukan sistem pengolahan pusat, dan dengan itu gambaran yang lebih terintegrasi dari dunia luar muncul. Ketika otak berkembang, fitur baru ditambahkan ke dalam kesadaran. Dengan sistem limbic pada reptil muncul, area otak yang berhubungan dengan emosi dan perasaan telah ditambahkan.
Pada burung dan mamalia sistem saraf telah berkembang lebih kompleks, mengembangkan sebuah korteks disekitarnya. Dengan korteks datang kemampuan baru lainnya. Seekor anjing yang mengejar kucing di sudut memegang beberapa gambar dalam pikiran yang kucing tidak bisa lagi melihat. Makhluk dengan korteks memiliki memori dan pengenalan; mereka dapat memperhatikan dan menunjukkan keinginan.
Pada primata korteks tumbuh menjadi lebih besar, lebih kompleks neo-korteks, menambahkan lebih banyak lagi fitur pada kesadaran. Yang paling signifikan dari hal tersebut adalah kemampuan untuk menggunakan simbol-simbol. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan penalaran sederhana, juga menyebabkan bentuk baru komunikasi – bahasa simbolik.
Simpanse dan gorila mungkin tidak dapat berbicara seperti yang kita lakukan, tapi ini bukan karena mereka kekurangan sesuatu dalam otak mereka; mereka memiliki kendala suara. Mereka tidak memiliki laring, atau kotak suara, dan tidak bisa menggerakkan lidah mereka sebebas kita. Tapi mereka dapat menggunakan bentuk-bentuk lain dari bahasa simbolik. Ketika diajarkan bahasa isyarat, seperti yang digunakan oleh orang tuli, mereka menunjukkan kemampuan luar biasa untuk berkomunikasi. Coco, gorila di California, sekarang memiliki kosakata lebih dari seribu kata, dan menyusun kalimat dalam bahasa isyarat.
Bahasa dan Kesadaran
Untuk satu alasan atau alasan lainnya, manusia berevolusi sedikit berbeda. Kita memiliki kotak suara yang berkembang dengan baik, dan lidah yang terbebas, yang memungkinkan menghasilkan suara kompleks yang diperlukan untuk berbicara. Dengan dua kemajuan yang tampaknya kecil ini, segalanya berubah.
Mampu berbicara memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman dengan satu sama lain. Sedangkan anjing belajar terutama dari pengalamannya sendiri, dan membangun pengetahuan tentang dunia dari awal, sedangkan kita bisa belajar dari satu sama lain. Kita bisa membangun sebuah pengetahuan kolektif dan menyebarkannya dari satu generasi ke generasi lain – dasar dari suatu masyarakat yang kohesif.
Kemampuan baru ini telah memperluas kesadaran kita dalam berbagai cara. Pengalaman kita tentang ruang diperluas ketika kita mempelajari peristiwa di luar lingkungan sensorik langsung kita. Dan ketika kita belajar dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sebelum kehidupan kita sendiri, pengalaman kita tentang waktu semakin luas.
Seperti halnya menggunakan Bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain, kita juga dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri, di dalam pikiran kita sendiri. Kita bisa berpikir untuk diri kita sendiri dalam kata-kata. Dari semua perkembangan yang berasal dari bahasa, ini mungkin menjadi yang paling signifikan.
Berpikir memungkinkan kita untuk menghubungkan dengan pengalaman masa lalu. Ketika kita berpikir tentang kata “pohon”, gambaran pohon langsung datang ke pikiran kita. Atau jika kita berpikir tentang nama seseorang, kita dapat menemukan diri kita mengingat pengalaman masa lalu dengan orang itu. Makhluk lain mungkin mengalami asosiasi terhadap pengalaman masa lalu, tetapi asosiasi mereka hampir pasti ditentukan oleh lingkungan mereka; apa yang terlihat di luar adalah diluar dari pikiran. Pemikiran membebaskan manusia dari kendala ini. Kami dapat dengan sengaja membawa masa lalu kembali ke dalam pikiran, terlepas dari apa yang terjadi pada saat ini.
Dalam cara yang sama, berpikir memperluas apresiasi kita terhadap masa depan. Kita dapat berpikir tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi, membuat rencana dan mengambil keputusan. Sebuah kebebasan batin baru telah lahir – kebebasan untuk memilih masa depan kita dan memberikan pengaruh lebih besar atas hidup kita.
Berpikir dalam kata-kata membuka pikiran kita terhadap tujuan. Kita bisa mengajukan pertanyaan: Mengapa bintang-bintang bergerak? Bagaimana tubuh kita berfungsi? Apakah itu materi? Sebuah dimensi baru telah ditambahkan ke dalam kesadaran kita – yaitu pemahaman. Kita bisa membentuk hipotesis dan keyakinan tentang dunia di mana kita berada.
Kita juga bisa mulai memahami diri kita sendiri. Kita bisa berpikir tentang pengalaman sadar kita sendiri. Kita menyadari tidak hanya banyak aspek dan kualitas dari kesadaran kita, tetapi juga dari bagian kesadaran. Kita menyadari bahwa kita sadar – sadar akan fakta bahwa kita sadar.
Kesadaran sekarang bisa mencerminkan tidak hanya pada sifat dari dunia yang dialami, tetapi juga pada sifat kesadaran itu sendiri. Kesadaran diri reflektif telah berkembang.
Self-consciousness
Ketika kita merenungkan tentang kesadaran kita sendiri, tampaknya harus ada yang mengalaminya – sosok diri individu yang memiliki pengalaman-pengalaman ini, membuat semua keputusan ini, dan memikirkan semua pikiran ini. Tapi apakah Diri itu?? Seperti Apa? Terdiri dari apa?
Pertanyaan seperti ini telah dipertanyakan dan membuat kebingungan para filsuf selama berabad-abad. Beberapa filsuf, seperti filsuf Skotlandia David Hume, menghabiskan banyak waktu mencari di dalam pengalaman mereka untuk sesuatu yang tampaknya menjadi diri sejati. Tapi apa yang mereka bisa temukan adalah berbagai pengalaman, sensasi, gambar dan perasaan. Namun semakin keras kita melihat, kita tetap tidak pernah menemukan Diri itu sendiri.
Karena tidak menemukan diri yang mudah diidentifikasi pada inti dari keberadaan kita, kita melihat ke aspek-aspek lain dari kehidupan kita untuk rasa identitas. Kami mengidentifikasi dengan tubuh kita, dengan tampilan yang terlihat, bagaimana mereka berpakaian, dan bagaimana mereka dipersepsikan oleh orang lain. Kita mengidentifikasi dengan apa yang kita lakukan dan apa yang telah kita capai; dengan pekerjaan kita, status sosial kita, kualifikasi akademik kita, di mana kita hidup dan apa yang kita ketahui. Kita mendasarkan diri kita dari apa yang kita pikirkan, teori dan keyakinan kita, kepribadian dan karakter kita.
Namun, ada kelemahan parah seperti rasa identitas diri. Yang berasal dari apa yang terjadi di dunia pengalaman. Seseorang yang memiliki rasa identitas yang kuat terhadap pekerjaan mereka dapat merasa bahwa pekerjaan mereka terancam, merasa diri mereka terancam. Orang lain, yang mengidentifikasi diri dengan yang mode pakaian baru, dapat membeli satu set pakaian baru setiap kali ada perubahan fashion, bukan karena mereka membutuhkan pakaian baru, tetapi karena identitas diri mereka perlu dipertahankan. Atau jika kita mengidentifikasi dengan pandangan dan keyakinan kita, kita dapat menganggap kritik terhadap ide-ide kita sebagai kritik terhadap diri kita.
Ancaman untuk rasa identitas diri kita memicu ketakutan. Rasa takut adalah penilaian ketika diri fisik kita merasa sedang terancam. Maka jantung kita berdetak keras, kenaikan tekanan darah, dan otot-otot kita yang tegang. Kelangsungan hidup kita tergantung pada hal itu. Tapi respon kita ini benar-benar tidak pantas ketika semua yang sedang terancam ini adalah diri psikologis kita.
Memiliki tubuh yang berulang kali merasa berada dalam siaga penuh adalah penyebab utama stres. Kita bisa dengan mudah berada dalam keadaan ketegangan permanen, memungkinkan segala macam penyakit fisik. Kehidupan emosional kita mungkin menderita, akibat kecemasan atau depresi. Pemikiran dan pengambilan keputusan kita juga dapat memburuk.
Ketakutan juga menyebabkan kekhawatiran. Kita mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Kita mengkhawatirkan tentang apa yang telah kita lakukan atau belum lakukan, dan tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi pada kita. Ketika kita khawatir seperti ini, perhatian kita terjebak di masa lalu atau masa depan. Tidak bisa mengalami saat ini.
Mungkin ironi paling menyedihkan dari semua ini adalah bahwa kekhawatiran ini mencegah kita dari menemukan apa yang kita benar-benar cari. Tujuan dari setiap orang adalah, dalam analisis akhir, keadaan nyaman dari pikiran. Secara alami, kita ingin menghindari rasa sakit dan penderitaan, dan merasa lebih damai. Tapi pikiran yang selalu sibuk mengkhawatirkan tidak bisa menjadi pikiran yang damai.
Hewan, tidak memiliki bahasa, tidak berpikir untuk diri mereka sendiri dalam kata-kata, dan tidak mengalami banyak kekhawatiran seperti yang kita lakukan. Secara khusus, mereka tidak mengalami semua kekhawatiran dari memiliki rasa rentan terhadap diri. Mereka mungkin memiliki rasa damai di sebagian besar waktu mereka. Manusia mungkin telah membuat lompatan besar dalam kesadaran, tetapi pada tahapan perkembangan kita sekarang, kita belum bahagia untuk itu – malah sebaliknya.
Melampaui Bahasa
Bahasa juga memiliki kekurangan. Bahasa sangat berharga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman – tanpa itu kebudayaan manusia tidak akan pernah muncul. Dan berpikir untuk diri kita sendiri dalam kata-kata bisa sangat berguna ketika kita perlu memfokuskan perhatian kita, menganalisis situasi, atau membuat rencana. Tetapi banyak dari pemikiran kita yang sama sekali tidak perlu.
Jika setengah perhatian saya diambil berdasarkan suara di kepala saya, setengah nya lagi tidak tersedia untuk memperhatikan hal-hal lain. Saya tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekitar saya. Saya tidak mendengar suara burung, angin, atau pohon berderit. Saya tidak memperhatikan emosi saya, atau bagaimana tubuh saya merasa. Saya, pada dasarnya, hanya setengah sadar.
Hanya karena kita memiliki karunia mampu berpikir dalam kata-kata tidak berarti bahwa kita harus melakukan itu sepanjang waktu. Banyak ajaran spiritual tampaknya telah mengakui ini. Dalam Buddhisme, misalnya, siswa sering disarankan untuk duduk dengan pikiran yang tenang, dan mengalami “apa adanya” tanpa penamaan itu dalam kata-kata atau memasukkannya ke dalam kategori-kategori – untuk melihat bunga bakung seperti apa adanya, tanpa label “bakung”, “bunga”, “kuning” atau “cantik”. Untuk melihatnya dengan pikiran dalam keadaan alami, sebelum penamaan ditambahkan ke kesadaran kita.
Sat Chit Ananda
Mengembalikan pikiran pada kondisi pra-linguistik sederhana dari kesadaran tidaklah mudah. Pengkondisian sepanjang hidup membuat kita sulit untuk berhenti berpikir dan melepaskan. Inilah sebabnya mengapa banyak ajaran spiritual mencakup praktik meditasi yang dirancang untuk menenangkan suara di kepala, dan membawa kita ke keadaan keheningan batin. Dalam filsafat India, kondisi ini disebut samadhi, “pikiran yang diam“.
Selanjutnya, dikatakan bahwa ketika pikiran diam, maka kita mengetahui diri sejati, dan sifat diri, menurut ajaran Weda kuno, sat-chit-ananda.
Ini adalah sat – “kebenaran, yang tidak berubah, kekal, menjadi”. Itu selalu ada disana, apa pun pengalaman kita. Ia tidak pernah berubah. Ia bukan diri yang unik; ia tidak memiliki kualitas personal. Ia adalah satu kebenaran yang tak terbantahkan – fakta bahwa kita sadar.
Ini adalah chit – “kesadaran”. It is not any particular form or mode of consciousness, but the faculty of consciousness. Ini bukanlah bentuk atau mode tertentu dari kesadaran, tapi bagian kesadaran. Ini yang membuat semua pengalaman menjadi mungkin.
Dan ini adalah ananda – “kebahagiaan”. Ini adalah kedamaian yang melampaui segala akal, yang terletak di luar semua pikiran. Ini adalah keadaan rahmat yang kita merindukan untuk kembali; dari mana kita terjatuh ketika kita mulai mengisi pikiran kita dengan kata-kata.
Ini adalah diri yang kita telah cari selama ini. Alasan kita mengalami kesulitan untuk menemukan itu adalah bahwa kita telah mencari di tempat yang salah. Kita telah mencari sesuatu yang bisa dialami – perasaan, akal, ide. Namun diri bukanlah suatu pengalaman. Hal ini, menurut definisi, adalah yang mengalami. Itu ada di balik setiap pengalaman, di balik segala sesuatu yang kita lihat, pikir, dan rasakan.
Apa yang dikatakan oleh tradisi mistis di seluruh dunia adalah bahwa diri, bahwa rasa I-ness yang kita semua rasakan, yang begitu sulit untuk dijabarkan atau ditentukan, sebenarnya adalah kesadaran itu sendiri. Diri sesungguhnya adalah kesadaran murni – juga kesadaran dalam diri semua makhluk hidup.
Selain itu, ketika kita mengetahui sifat dasar kita yang sebenarnya, pencarian kita atas identitas berakhir. Tidak lagi ada kebutuhan untuk membeli hal-hal yang kita tidak benar-benar membutuhkan, mengatakan hal-hal yang tidak benar-benar berarti, atau terlibat dalam kegiatan yang tidak perlu dan tidak pantas lainnya dalam rangka memperkuat rasa artifisial yang berasal identitas diri. Sekarang kita telah menemukan keamanan dalam lebih dalam, yang independen dari keadaan dan peristiwa. Ini adalah kedamaian yang kita telah lama mencari. Ia ada di sini di dalam diri kita, di jantung dari keberadaan kita. Tetapi seperti halnya dengn identitas diri, kita telah mencarinya di tempat yang salah – di dunia sekitar kita.
Dengan berkembangnya manusia, kebangkitan kesadaran mengambil lompatan besar kedepan. Kesadaran mulai menyadari dirinya sendiri. Tapi saat ini lompatan itu hanya sebagian lengkap. Kita mungkin telah sadar akan diri, tapi kita belum menemukan sifat dan potensi dari kesadaran sejati. Dalam hal ini evolusi batin kita memiliki jalan panjang yang harus dilalui.
Sepanjang sejarah telah ada orang-orang yang telah berevolusi dalam kondisi-kondisi kesadaran yang lebih tinggi. Mereka adalah orang-orang kudus dan mistik yang telah menyadari hakikat diri. Orang-orang seperti ini adalah contoh dari potensi apa yang kita masing-masing miliki untuk menjadi. Tidak ada yang istimewa tentang mereka dalam hal biologi. Mereka adalah manusia, sama seperti Anda dan saya, dengan tubuh yang sama dan sistem saraf yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka telah membebaskan diri dari keterbatasan, rasa artifisial yang berasal dari identitas diri dan menemukan kedamaian yang lebih besar dan rada aman didalam.
Di masa lalu jumlah orang yang membuat langkah ini sangatlah kecil, tapi masa hidup yang telah kita lalui menjadikannya penting sehingga banyak dari kita sekarang sedang menyelesaikan perjalanan evolusi batin untuk menjadi terjaga penuh.
Berbagai krisis yang kita lihat di sekitar kita – pemanasan global, kekeringan, lubang di lapisan ozon, hutan hujan yang menghilang, sungai yang tercemar, hujan asam, lumba-lumba sekarat, skala besar kelaparan, kesenjangan antara yang “kaya” dan ” miskin “, proliferasi nuklir, eksploitasi berlebihan, dan sejumlah bahaya lain – semuanya diciptakan dari egoisme manusia. Sepanjang sejarah kita menemukan keputusan yang dibuat tidak sesuai dengan manfaat dari situasi, tetapi menurut kebutuhan kelompok khusus atau kepentingan individu. Pemerintah berusaha untuk tetap berkuasa, bisnis berusaha untuk memaksimalkan keuntungan, pemimpin ingin mempertahankan status mereka, dan konsumen di seluruh dunia mencoba untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk identitas dan rasa aman. Dalam analisis akhir, itu adalah kebutuhan kita untuk melindungi dan memperkuat rasa diri yang selalu goyah yang menuntun kita untuk mengkonsumsi lebih dari yang kita butuhkan, mencemari dunia sekitar, penyalahgunaan orang lain, dan menunjukkan ketidakpedulian berbagi pada banyak spesies lainnya di planet rumah kita.
Bahkan sekarang, ketika kita menyadari bahwa kita berada dalam bahaya besar, kita gagal untuk mengambil tindakan perbaikan yang tepat. Kita terus mengemudikan mobil kita, mengkonsumsi sumber daya yang semakin menipis, dan membuang limbah kami ke laut karena untuk melakukan sebaliknya akan menimbulkan ketidaknyamanan diri kita sendiri.
Krisis global yang saat ini kita hadapi adalah, pada akarnya, krisis kesadaran. Inti dari krisis apapun, apakah itu krisis pribadi, krisis politik, atau, seperti dalam kasus ini, krisis global, adalah bahwa cara pandang lama tidak lagi bekerja. Sesuatu yang baru harus dipanggil. Dalam hal ini cara lama yang tidak lagi bekerja adalah model kesadaran kita. Model lama telah menghancurkan dunia di sekitar kita, dan mengancam kelangsungan hidup spesies kita. Waktunya telah tiba untuk berkembang menjadi model baru. Kita perlu untuk membangkitkan identitas sejati kita, untuk membuat langkah seperti orang-orang kudus dan mistikus telah buat, dan menemukan sendiri kedamaian dan keamanan yang terletak di dalam diri kita.
Dengan munculnya manusia, evolusi telah berhenti sekedar sebagai sesuatu yang diatur oleh mutasi genetik secara acak. Tingkat baru kebebasan telah muncul; kita bisa berpikir ke depan dan menentukan masa depan kita sendiri. Evolusi kita lebih lanjut saat ini berada di tangan kita sendiri – atau lebih tepatnya, di dalam pikiran kita sendiri.
Langkah kita selanjutnya adalah meningkat melampaui kendala yang datang dari karunia bahasa dan menemukan siapa kita sebenarnya. Kemudian, dengan terbebas dari kebutuhan untuk memperkuat rasa artifisial yang berasal dari identitas diri ini, kita akan dapat bertindak sesuai dengan kebutuhan kita sebenarnya – dan sesuai dengan kebutuhan orang lain dan kebutuhan lingkungan kita.
Terbebas dari rasa takut yang tidak perlu, kita akan berada dalam keadaan yang jauh lebih baik untuk mengatasi banyak perubahan yang kita pasti akan lihat di tahun-tahun mendatang. Terbebaskan dari egoisme yang tidak perlu, kita akan bebas untuk peduli satu sama lain, untuk menawarkan cinta pada orang lain yang begitu banyak kita inginkan untuk diri kita sendiri. Dan kita akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk membangun sebuah dunia baru – dunia baru yang didorong oleh terungkapnya kesadaran diri.
Tugas kita adalah untuk mewujudkan perubahan ini di bumi, sekarang – baik demi diri kita sendiri dan demi setiap makhluk lainnya.
Sumber: Henkykuntarto’s Blog - Wellcome to my spiritual blog
Seekor anjing mungkin tidak menyadari banyak hal yang kita sadari. Mereka tidak begitu banyak menyadari dunia luar langsung mereka, dunia luar yang didefinisikan oleh rentang indra mereka. Mereka tidak tahu apa-apa tentang wilayah di bawah lautan, atau ruang angkasa luar bumi. Seekor anjing juga tidak menyadari lebih jauh tentang saat ini. Mereka tahu apa-apa tentang perjalanan sejarah, atau ke mana ia mungkin akan menuju. Mereka tidak menyadari kematian tak terelakkan dengan cara yang sama dengan kita. Mereka tidak berpikir pada dirinya sendiri dalam kata-kata, dan mereka mungkin tidak membuat alasan seperti yang kita lakukan. Dan mereka tampaknya tidak memiliki kesadaran diri seperti yang kita lakukan. Mereka tidak terjebak dalam kepedulian terhadap citra diri mereka sendiri, dengan semua perilaku aneh yang mereka timbulkan. Tapi ini tidak berarti bahwa anjing tidak memiliki kesadaran sama sekali.
Anjing mengalami dunia luar berdasarkan indera mereka. Mereka melihat, mendengar, mencium, dan merasakan dunia mereka. Mereka mengingat di mana mereka pernah berada. Mereka mengenali suara. Mereka mungkin menyukai beberapa orang atau hal-hal, dan tidak menyukai yang lain. Anjing kadang-kadang menunjukkan rasa takut, dan pada waktu lain menunjukkan kegembiraan. Ketika tidur, mereka sepertinya bermimpi, kaki dan jari kaki berkedut seakan membayangkan aroma kelinci fantasinya. Mereka jelas tidak hanya mekanisme biologis, tanpa pengalaman batin. Untuk menunjukkan bahwa mereka tidak sadar adalah tidak masuk akal – sama absurdnya seperti menunjukkan bahwa tetangga saya di seberang jalan tidak sadar.
Yang membuat anjing berbeda dari kita adalah bukan dalam kapasitas kesadaran mereka tapi apa yang mereka sadari. Anjing mungkin tidak sadar diri, dan mungkin tidak berpikir atau memiliki alasan seperti yang kita lakukan. Dalam hal ini mereka kurang menyadari daripada kita. Di sisi lain, anjing dapat mendengar frekuensi yang lebih tinggi daripada yang kita lakukan, dan indra penciuman mereka jauh melampaui indera penciuman kita sendiri. Dalam hal persepsi sensorik mereka terhadap dunia sekitar, anjing dapat dianggap lebih sadar daripada manusia.
Sebuah analogi yang berguna untuk memahami sifat kesadaran adalah menggunakan lukisan. Lukisan itu sendiri sejalan dengan isi kesadaran; Kanvas yang digunakan untuk melukis sesuai dengan bagian dari kesadaran. Berbagai lukisan tak terbatas dapat dilukis di atas kanvas; tapi apa pun lukisannya, mereka semua berbagi fakta bahwa mereka dilukis di atas kanvas. Tanpa kanvas tidak akan ada lukisan.
Gambar-gambar yang dilukis di atas kanvas kesadaran mengambil banyak bentuk. Termasuk persepsi kita tentang dunia sekitar, pikiran kita, gagasan kita, keyakinan kita, nilai-nilai kita, perasaan kita, emosi kita, harapan kita, ketakutan kita, intuisi kita, mimpi dan fantasi – dan banyak lagi. Tapi tak satu pun dari ini akan menjadi mungkin jika kita tidak memiliki kapasitas untuk kesadaran. Tanpa itu tidak akan ada pengalaman subjektif apapun.
Apakah Semua Makhluk Sadar?
Jika anjing memiliki bagian kesadaran, maka dengan argumen yang sama pada kucing, kuda, rusa, lumba-lumba, paus, dan mamalia lainnya. Mengapa kita meminta dokter hewan untuk menggunakan anestesi?
Jika mamalia adalah makhluk yang sadar, maka kita tidak melihat alasan untuk menganggap bahwa burung berbeda. Burung beo tampak seolah sadar sebagaimana seekor anjing. Jika burung memiliki kapasitas untuk kesadaran, maka tampaknya wajar untuk mengasumsikan bahwa sama halnya dengan vertebrata lainnya – buaya, ular, katak, salmon, dan ikan hiu. Apa yang mereka sadari mungkin bervariasi. Lumba-lumba “melihat” dunia dengan sonar; ular melihat dengan radiasi infra merah; hiu merasa dengan indra listrik. Gambar-gambar yang dilukis di pikiran mereka mungkin bervariasi; tapi, bagaimanapun variasi pengalaman mereka, mereka semua berbagi bagian kesadaran.
Di mana kita menarik garis? Pada vertebrata? Sistem saraf serangga mungkin tidak serumit kita, dan mereka mungkin tidak memiliki pengalaman dunia sebanyak seperti yang kita lakukan. Mereka juga memiliki indra yang sangat berbeda, sehingga gambar yang dilukis di pikiran mereka mungkin sama sekali tidak seperti kita. Tapi saya tidak melihat alasan untuk meragukan bahwa serangga memiliki pengalaman batin tertentu.
Seberapa jauh kita pergi? Tampaknya bahwa setiap organisme yang sensitif terhadap lingkungannya memiliki tingkat pengalaman interior tertentu. Banyak organisme bersel tunggal sensitif terhadap getaran fisik, intensitas cahaya, atau panas. Kita tidak bisa mengatakan bahwa mereka tidak memiliki tingkat kesadaran yang sesuai.
Akan sama berlaku untuk virus dan DNA? Bahkan untuk kristal dan atom? Filsuf Alfred North Whitehead berpendapat bahwa kesadaran meliputi semuanya. Ia melihatnya sebagai properti intrinsik dari penciptaan.
Evolusi Kesadaran dan Biologi
Jika semua makhluk sadar dalam beberapa cara atau lainnya, maka kesadaran bukanlah sesuatu yang berevolusi pada manusia, atau dengan primata, mamalia atau tingkat tertentu lainnya dari evolusi biologis. Itu selalu ada. Apa yang muncul selama evolusi adalah berbagai kualitas dan dimensi dari pengalaman sadar – isi dari kesadaran.
Organisme sederhana pertama – bakteri dan ganggang – tidak memiliki indera, mereka sadar hanya dengan cara yang paling dasar: tidak ada bentuk, tidak ada struktur, hanya secercah samar kesadaran. Gambaran mereka terhadap dunia tidak lain hanyalah seperti sebuah noda samar dari warna – hampir tidak terlihat, dibandingkan dengan kekayaan dan detail dari pengalaman manusia.
Ketika organisme multisel berevolusi, begitu pula kapasitas penginderaan mereka. Sel khusus berkembang untuk penginderaan cahaya, getaran, tekanan, atau perubahan kimia. Sel-sel ini membentuk organ sensorik, dan ketika mereka berkembang, kemampuan mereka untuk menyerap informasi meningkat. Mata tidak hanya sensitif terhadap cahaya; mereka bereaksi secara berbeda terhadap frekuensi yang berbeda, dan dapat memberitahu dari arah mana cahaya itu datang. Noda samar dalam pengalaman bakteri mulai mengambil warna dan bentuk. Bentuk-bentuk telah mulai muncul pada kanvas kesadaran.
Sistem saraf berkembang, memproses data ini dan mendistribusikannya ke bagian lain dari organisme. Sebelumnya, arus informasi memerlukan sistem pengolahan pusat, dan dengan itu gambaran yang lebih terintegrasi dari dunia luar muncul. Ketika otak berkembang, fitur baru ditambahkan ke dalam kesadaran. Dengan sistem limbic pada reptil muncul, area otak yang berhubungan dengan emosi dan perasaan telah ditambahkan.
Pada burung dan mamalia sistem saraf telah berkembang lebih kompleks, mengembangkan sebuah korteks disekitarnya. Dengan korteks datang kemampuan baru lainnya. Seekor anjing yang mengejar kucing di sudut memegang beberapa gambar dalam pikiran yang kucing tidak bisa lagi melihat. Makhluk dengan korteks memiliki memori dan pengenalan; mereka dapat memperhatikan dan menunjukkan keinginan.
Pada primata korteks tumbuh menjadi lebih besar, lebih kompleks neo-korteks, menambahkan lebih banyak lagi fitur pada kesadaran. Yang paling signifikan dari hal tersebut adalah kemampuan untuk menggunakan simbol-simbol. Kemampuan ini tidak hanya memungkinkan penalaran sederhana, juga menyebabkan bentuk baru komunikasi – bahasa simbolik.
Simpanse dan gorila mungkin tidak dapat berbicara seperti yang kita lakukan, tapi ini bukan karena mereka kekurangan sesuatu dalam otak mereka; mereka memiliki kendala suara. Mereka tidak memiliki laring, atau kotak suara, dan tidak bisa menggerakkan lidah mereka sebebas kita. Tapi mereka dapat menggunakan bentuk-bentuk lain dari bahasa simbolik. Ketika diajarkan bahasa isyarat, seperti yang digunakan oleh orang tuli, mereka menunjukkan kemampuan luar biasa untuk berkomunikasi. Coco, gorila di California, sekarang memiliki kosakata lebih dari seribu kata, dan menyusun kalimat dalam bahasa isyarat.
Bahasa dan Kesadaran
Untuk satu alasan atau alasan lainnya, manusia berevolusi sedikit berbeda. Kita memiliki kotak suara yang berkembang dengan baik, dan lidah yang terbebas, yang memungkinkan menghasilkan suara kompleks yang diperlukan untuk berbicara. Dengan dua kemajuan yang tampaknya kecil ini, segalanya berubah.
Mampu berbicara memungkinkan kita untuk berbagi pengalaman dengan satu sama lain. Sedangkan anjing belajar terutama dari pengalamannya sendiri, dan membangun pengetahuan tentang dunia dari awal, sedangkan kita bisa belajar dari satu sama lain. Kita bisa membangun sebuah pengetahuan kolektif dan menyebarkannya dari satu generasi ke generasi lain – dasar dari suatu masyarakat yang kohesif.
Kemampuan baru ini telah memperluas kesadaran kita dalam berbagai cara. Pengalaman kita tentang ruang diperluas ketika kita mempelajari peristiwa di luar lingkungan sensorik langsung kita. Dan ketika kita belajar dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi sebelum kehidupan kita sendiri, pengalaman kita tentang waktu semakin luas.
Seperti halnya menggunakan Bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain, kita juga dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri, di dalam pikiran kita sendiri. Kita bisa berpikir untuk diri kita sendiri dalam kata-kata. Dari semua perkembangan yang berasal dari bahasa, ini mungkin menjadi yang paling signifikan.
Berpikir memungkinkan kita untuk menghubungkan dengan pengalaman masa lalu. Ketika kita berpikir tentang kata “pohon”, gambaran pohon langsung datang ke pikiran kita. Atau jika kita berpikir tentang nama seseorang, kita dapat menemukan diri kita mengingat pengalaman masa lalu dengan orang itu. Makhluk lain mungkin mengalami asosiasi terhadap pengalaman masa lalu, tetapi asosiasi mereka hampir pasti ditentukan oleh lingkungan mereka; apa yang terlihat di luar adalah diluar dari pikiran. Pemikiran membebaskan manusia dari kendala ini. Kami dapat dengan sengaja membawa masa lalu kembali ke dalam pikiran, terlepas dari apa yang terjadi pada saat ini.
Dalam cara yang sama, berpikir memperluas apresiasi kita terhadap masa depan. Kita dapat berpikir tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi, membuat rencana dan mengambil keputusan. Sebuah kebebasan batin baru telah lahir – kebebasan untuk memilih masa depan kita dan memberikan pengaruh lebih besar atas hidup kita.
Berpikir dalam kata-kata membuka pikiran kita terhadap tujuan. Kita bisa mengajukan pertanyaan: Mengapa bintang-bintang bergerak? Bagaimana tubuh kita berfungsi? Apakah itu materi? Sebuah dimensi baru telah ditambahkan ke dalam kesadaran kita – yaitu pemahaman. Kita bisa membentuk hipotesis dan keyakinan tentang dunia di mana kita berada.
Kita juga bisa mulai memahami diri kita sendiri. Kita bisa berpikir tentang pengalaman sadar kita sendiri. Kita menyadari tidak hanya banyak aspek dan kualitas dari kesadaran kita, tetapi juga dari bagian kesadaran. Kita menyadari bahwa kita sadar – sadar akan fakta bahwa kita sadar.
Kesadaran sekarang bisa mencerminkan tidak hanya pada sifat dari dunia yang dialami, tetapi juga pada sifat kesadaran itu sendiri. Kesadaran diri reflektif telah berkembang.
Self-consciousness
Ketika kita merenungkan tentang kesadaran kita sendiri, tampaknya harus ada yang mengalaminya – sosok diri individu yang memiliki pengalaman-pengalaman ini, membuat semua keputusan ini, dan memikirkan semua pikiran ini. Tapi apakah Diri itu?? Seperti Apa? Terdiri dari apa?
Pertanyaan seperti ini telah dipertanyakan dan membuat kebingungan para filsuf selama berabad-abad. Beberapa filsuf, seperti filsuf Skotlandia David Hume, menghabiskan banyak waktu mencari di dalam pengalaman mereka untuk sesuatu yang tampaknya menjadi diri sejati. Tapi apa yang mereka bisa temukan adalah berbagai pengalaman, sensasi, gambar dan perasaan. Namun semakin keras kita melihat, kita tetap tidak pernah menemukan Diri itu sendiri.
Karena tidak menemukan diri yang mudah diidentifikasi pada inti dari keberadaan kita, kita melihat ke aspek-aspek lain dari kehidupan kita untuk rasa identitas. Kami mengidentifikasi dengan tubuh kita, dengan tampilan yang terlihat, bagaimana mereka berpakaian, dan bagaimana mereka dipersepsikan oleh orang lain. Kita mengidentifikasi dengan apa yang kita lakukan dan apa yang telah kita capai; dengan pekerjaan kita, status sosial kita, kualifikasi akademik kita, di mana kita hidup dan apa yang kita ketahui. Kita mendasarkan diri kita dari apa yang kita pikirkan, teori dan keyakinan kita, kepribadian dan karakter kita.
Namun, ada kelemahan parah seperti rasa identitas diri. Yang berasal dari apa yang terjadi di dunia pengalaman. Seseorang yang memiliki rasa identitas yang kuat terhadap pekerjaan mereka dapat merasa bahwa pekerjaan mereka terancam, merasa diri mereka terancam. Orang lain, yang mengidentifikasi diri dengan yang mode pakaian baru, dapat membeli satu set pakaian baru setiap kali ada perubahan fashion, bukan karena mereka membutuhkan pakaian baru, tetapi karena identitas diri mereka perlu dipertahankan. Atau jika kita mengidentifikasi dengan pandangan dan keyakinan kita, kita dapat menganggap kritik terhadap ide-ide kita sebagai kritik terhadap diri kita.
Ancaman untuk rasa identitas diri kita memicu ketakutan. Rasa takut adalah penilaian ketika diri fisik kita merasa sedang terancam. Maka jantung kita berdetak keras, kenaikan tekanan darah, dan otot-otot kita yang tegang. Kelangsungan hidup kita tergantung pada hal itu. Tapi respon kita ini benar-benar tidak pantas ketika semua yang sedang terancam ini adalah diri psikologis kita.
Memiliki tubuh yang berulang kali merasa berada dalam siaga penuh adalah penyebab utama stres. Kita bisa dengan mudah berada dalam keadaan ketegangan permanen, memungkinkan segala macam penyakit fisik. Kehidupan emosional kita mungkin menderita, akibat kecemasan atau depresi. Pemikiran dan pengambilan keputusan kita juga dapat memburuk.
Ketakutan juga menyebabkan kekhawatiran. Kita mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Kita mengkhawatirkan tentang apa yang telah kita lakukan atau belum lakukan, dan tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi pada kita. Ketika kita khawatir seperti ini, perhatian kita terjebak di masa lalu atau masa depan. Tidak bisa mengalami saat ini.
Mungkin ironi paling menyedihkan dari semua ini adalah bahwa kekhawatiran ini mencegah kita dari menemukan apa yang kita benar-benar cari. Tujuan dari setiap orang adalah, dalam analisis akhir, keadaan nyaman dari pikiran. Secara alami, kita ingin menghindari rasa sakit dan penderitaan, dan merasa lebih damai. Tapi pikiran yang selalu sibuk mengkhawatirkan tidak bisa menjadi pikiran yang damai.
Hewan, tidak memiliki bahasa, tidak berpikir untuk diri mereka sendiri dalam kata-kata, dan tidak mengalami banyak kekhawatiran seperti yang kita lakukan. Secara khusus, mereka tidak mengalami semua kekhawatiran dari memiliki rasa rentan terhadap diri. Mereka mungkin memiliki rasa damai di sebagian besar waktu mereka. Manusia mungkin telah membuat lompatan besar dalam kesadaran, tetapi pada tahapan perkembangan kita sekarang, kita belum bahagia untuk itu – malah sebaliknya.
Melampaui Bahasa
Bahasa juga memiliki kekurangan. Bahasa sangat berharga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman – tanpa itu kebudayaan manusia tidak akan pernah muncul. Dan berpikir untuk diri kita sendiri dalam kata-kata bisa sangat berguna ketika kita perlu memfokuskan perhatian kita, menganalisis situasi, atau membuat rencana. Tetapi banyak dari pemikiran kita yang sama sekali tidak perlu.
Jika setengah perhatian saya diambil berdasarkan suara di kepala saya, setengah nya lagi tidak tersedia untuk memperhatikan hal-hal lain. Saya tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekitar saya. Saya tidak mendengar suara burung, angin, atau pohon berderit. Saya tidak memperhatikan emosi saya, atau bagaimana tubuh saya merasa. Saya, pada dasarnya, hanya setengah sadar.
Hanya karena kita memiliki karunia mampu berpikir dalam kata-kata tidak berarti bahwa kita harus melakukan itu sepanjang waktu. Banyak ajaran spiritual tampaknya telah mengakui ini. Dalam Buddhisme, misalnya, siswa sering disarankan untuk duduk dengan pikiran yang tenang, dan mengalami “apa adanya” tanpa penamaan itu dalam kata-kata atau memasukkannya ke dalam kategori-kategori – untuk melihat bunga bakung seperti apa adanya, tanpa label “bakung”, “bunga”, “kuning” atau “cantik”. Untuk melihatnya dengan pikiran dalam keadaan alami, sebelum penamaan ditambahkan ke kesadaran kita.
Sat Chit Ananda
Mengembalikan pikiran pada kondisi pra-linguistik sederhana dari kesadaran tidaklah mudah. Pengkondisian sepanjang hidup membuat kita sulit untuk berhenti berpikir dan melepaskan. Inilah sebabnya mengapa banyak ajaran spiritual mencakup praktik meditasi yang dirancang untuk menenangkan suara di kepala, dan membawa kita ke keadaan keheningan batin. Dalam filsafat India, kondisi ini disebut samadhi, “pikiran yang diam“.
Selanjutnya, dikatakan bahwa ketika pikiran diam, maka kita mengetahui diri sejati, dan sifat diri, menurut ajaran Weda kuno, sat-chit-ananda.
Ini adalah sat – “kebenaran, yang tidak berubah, kekal, menjadi”. Itu selalu ada disana, apa pun pengalaman kita. Ia tidak pernah berubah. Ia bukan diri yang unik; ia tidak memiliki kualitas personal. Ia adalah satu kebenaran yang tak terbantahkan – fakta bahwa kita sadar.
Ini adalah chit – “kesadaran”. It is not any particular form or mode of consciousness, but the faculty of consciousness. Ini bukanlah bentuk atau mode tertentu dari kesadaran, tapi bagian kesadaran. Ini yang membuat semua pengalaman menjadi mungkin.
Dan ini adalah ananda – “kebahagiaan”. Ini adalah kedamaian yang melampaui segala akal, yang terletak di luar semua pikiran. Ini adalah keadaan rahmat yang kita merindukan untuk kembali; dari mana kita terjatuh ketika kita mulai mengisi pikiran kita dengan kata-kata.
Ini adalah diri yang kita telah cari selama ini. Alasan kita mengalami kesulitan untuk menemukan itu adalah bahwa kita telah mencari di tempat yang salah. Kita telah mencari sesuatu yang bisa dialami – perasaan, akal, ide. Namun diri bukanlah suatu pengalaman. Hal ini, menurut definisi, adalah yang mengalami. Itu ada di balik setiap pengalaman, di balik segala sesuatu yang kita lihat, pikir, dan rasakan.
Apa yang dikatakan oleh tradisi mistis di seluruh dunia adalah bahwa diri, bahwa rasa I-ness yang kita semua rasakan, yang begitu sulit untuk dijabarkan atau ditentukan, sebenarnya adalah kesadaran itu sendiri. Diri sesungguhnya adalah kesadaran murni – juga kesadaran dalam diri semua makhluk hidup.
Selain itu, ketika kita mengetahui sifat dasar kita yang sebenarnya, pencarian kita atas identitas berakhir. Tidak lagi ada kebutuhan untuk membeli hal-hal yang kita tidak benar-benar membutuhkan, mengatakan hal-hal yang tidak benar-benar berarti, atau terlibat dalam kegiatan yang tidak perlu dan tidak pantas lainnya dalam rangka memperkuat rasa artifisial yang berasal identitas diri. Sekarang kita telah menemukan keamanan dalam lebih dalam, yang independen dari keadaan dan peristiwa. Ini adalah kedamaian yang kita telah lama mencari. Ia ada di sini di dalam diri kita, di jantung dari keberadaan kita. Tetapi seperti halnya dengn identitas diri, kita telah mencarinya di tempat yang salah – di dunia sekitar kita.
Dengan berkembangnya manusia, kebangkitan kesadaran mengambil lompatan besar kedepan. Kesadaran mulai menyadari dirinya sendiri. Tapi saat ini lompatan itu hanya sebagian lengkap. Kita mungkin telah sadar akan diri, tapi kita belum menemukan sifat dan potensi dari kesadaran sejati. Dalam hal ini evolusi batin kita memiliki jalan panjang yang harus dilalui.
Sepanjang sejarah telah ada orang-orang yang telah berevolusi dalam kondisi-kondisi kesadaran yang lebih tinggi. Mereka adalah orang-orang kudus dan mistik yang telah menyadari hakikat diri. Orang-orang seperti ini adalah contoh dari potensi apa yang kita masing-masing miliki untuk menjadi. Tidak ada yang istimewa tentang mereka dalam hal biologi. Mereka adalah manusia, sama seperti Anda dan saya, dengan tubuh yang sama dan sistem saraf yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka telah membebaskan diri dari keterbatasan, rasa artifisial yang berasal dari identitas diri dan menemukan kedamaian yang lebih besar dan rada aman didalam.
Di masa lalu jumlah orang yang membuat langkah ini sangatlah kecil, tapi masa hidup yang telah kita lalui menjadikannya penting sehingga banyak dari kita sekarang sedang menyelesaikan perjalanan evolusi batin untuk menjadi terjaga penuh.
Berbagai krisis yang kita lihat di sekitar kita – pemanasan global, kekeringan, lubang di lapisan ozon, hutan hujan yang menghilang, sungai yang tercemar, hujan asam, lumba-lumba sekarat, skala besar kelaparan, kesenjangan antara yang “kaya” dan ” miskin “, proliferasi nuklir, eksploitasi berlebihan, dan sejumlah bahaya lain – semuanya diciptakan dari egoisme manusia. Sepanjang sejarah kita menemukan keputusan yang dibuat tidak sesuai dengan manfaat dari situasi, tetapi menurut kebutuhan kelompok khusus atau kepentingan individu. Pemerintah berusaha untuk tetap berkuasa, bisnis berusaha untuk memaksimalkan keuntungan, pemimpin ingin mempertahankan status mereka, dan konsumen di seluruh dunia mencoba untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk identitas dan rasa aman. Dalam analisis akhir, itu adalah kebutuhan kita untuk melindungi dan memperkuat rasa diri yang selalu goyah yang menuntun kita untuk mengkonsumsi lebih dari yang kita butuhkan, mencemari dunia sekitar, penyalahgunaan orang lain, dan menunjukkan ketidakpedulian berbagi pada banyak spesies lainnya di planet rumah kita.
Bahkan sekarang, ketika kita menyadari bahwa kita berada dalam bahaya besar, kita gagal untuk mengambil tindakan perbaikan yang tepat. Kita terus mengemudikan mobil kita, mengkonsumsi sumber daya yang semakin menipis, dan membuang limbah kami ke laut karena untuk melakukan sebaliknya akan menimbulkan ketidaknyamanan diri kita sendiri.
Krisis global yang saat ini kita hadapi adalah, pada akarnya, krisis kesadaran. Inti dari krisis apapun, apakah itu krisis pribadi, krisis politik, atau, seperti dalam kasus ini, krisis global, adalah bahwa cara pandang lama tidak lagi bekerja. Sesuatu yang baru harus dipanggil. Dalam hal ini cara lama yang tidak lagi bekerja adalah model kesadaran kita. Model lama telah menghancurkan dunia di sekitar kita, dan mengancam kelangsungan hidup spesies kita. Waktunya telah tiba untuk berkembang menjadi model baru. Kita perlu untuk membangkitkan identitas sejati kita, untuk membuat langkah seperti orang-orang kudus dan mistikus telah buat, dan menemukan sendiri kedamaian dan keamanan yang terletak di dalam diri kita.
Dengan munculnya manusia, evolusi telah berhenti sekedar sebagai sesuatu yang diatur oleh mutasi genetik secara acak. Tingkat baru kebebasan telah muncul; kita bisa berpikir ke depan dan menentukan masa depan kita sendiri. Evolusi kita lebih lanjut saat ini berada di tangan kita sendiri – atau lebih tepatnya, di dalam pikiran kita sendiri.
Langkah kita selanjutnya adalah meningkat melampaui kendala yang datang dari karunia bahasa dan menemukan siapa kita sebenarnya. Kemudian, dengan terbebas dari kebutuhan untuk memperkuat rasa artifisial yang berasal dari identitas diri ini, kita akan dapat bertindak sesuai dengan kebutuhan kita sebenarnya – dan sesuai dengan kebutuhan orang lain dan kebutuhan lingkungan kita.
Terbebas dari rasa takut yang tidak perlu, kita akan berada dalam keadaan yang jauh lebih baik untuk mengatasi banyak perubahan yang kita pasti akan lihat di tahun-tahun mendatang. Terbebaskan dari egoisme yang tidak perlu, kita akan bebas untuk peduli satu sama lain, untuk menawarkan cinta pada orang lain yang begitu banyak kita inginkan untuk diri kita sendiri. Dan kita akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk membangun sebuah dunia baru – dunia baru yang didorong oleh terungkapnya kesadaran diri.
Tugas kita adalah untuk mewujudkan perubahan ini di bumi, sekarang – baik demi diri kita sendiri dan demi setiap makhluk lainnya.
Sumber: Henkykuntarto’s Blog - Wellcome to my spiritual blog
Evolusi kesadaran makluk hidup termasuk manusia sangat dipengaruhi oleh perubahan dinamis lingkungan geologis serta iklim dan cuaca sejak terbentuknya bumi ini diikuti dengan terbentuknya kehidupan bersel satu. Sejak awal kehidupan bersel satu, kesadaran selalu berevolusi, dipengaruhi oleh perubahan lingkungan alamnya sebagai penyebab, mengakibatkan kesadaran itu berevolusi sekaligus diperbaruhinya kesadaran itu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.
ReplyDeletePenyebab perubahan lingkungan adalah peristiwa geologi disebut tektonik lempeng, misalnya gempa bumi, tsunami serta perubahan iklim dan cuaca misalnya banjir dan angin topan yang sangat merusak. Dengan adanya peristiwa-peristiwa alam ini maka kesadaran makluk hidup akan terpengaruh, merasa takut dan kuatir sekaligus mendambahkan harapan dalam hidupnya untuk lebih baik lagi. Dengan adanya evolusi ini maka kesadaran makluk hidup mengalami perubahan kearah pembaharuan atau penyesuaian. Bila kesadaran tersebut terpengaruh oleh perubahan lingkungannya maka makluk hidup tersebut menjadi tidak sadar. Ketidak sadaran ini adalah pangkal sebab dari persoalan hidup makluk hidup khususnya manusia dimuka bumi ini. Manusia akan berusaha menghadapi dengan tegar bila merasa suprior atau lari menyelamatkan diri. Cenderung melihat akan ketidak mampuan diri yang terbatas maka manusia menciptakan sesuatu "yang maha kuasa" untuk dapat melindunginya. Dari perubahan situasi dan kondisi alam sekitarnya ini lah yang melahirkan problem manusia yang tak berujung untuk diatasi. Semuanya bersumber dari perubahan lingkungan alam yang mempengaruhi kesadaran menjadi ketidaksadaran, dimana sampai kapanpun tidak akan terselesaikan. Untuk itulah manusia menciptakan sesuatu dengan keyakinan dapat melindungi dari akibat perubahan lingkungan alam disekitarnya, sekaligus mendambahkan harapan untuk kehidupan yang lebih baik jauh dari alangan. Manusia dapat bernalar akibat dari ketidak sadaran tersebut maka kini lahirlah ilmu-ilmu soial yang mencoba mencari solusi dari alangan-alangan tersebut. Ilmu-ilmu sosial berkutat disekitar interaksi antar kehidupan manusia itu sendiri sebagai akibat dan peristiwa-peristiwa alam melakukan perubahan lingkungan alam berdasarkan hukum-hukum alam yang dapat dibuktikan berdasarkan sains. Hubungan antara makluk hidup khususnya manusia sebagai subyek dengan alam sebagai objek adalah kesadaran, yakni ada relasi antara subyek dan obyek berupa intensionalitas. Sebaliknya ditinjau dari alam sebagai subyek dan manusia sebagai objek, maka kesadaran ini tidak berlaku, kerena kesadaran itu melekat pada manusia sebagai subyektivitas hakiki sebagai makluk hidup. Hukum alam tidak mengenal subyektifitas kerena hukum alam tidak bermoral dan etika. Kehidupan makluk hidup yang mengandung kesadaran itu hanyalah salah satu bagian kecil, sebagai akibat dari proses evolusi hukum alam dialam semesta ini yang begitu besar dan tak terhingga keberadaannya. Proses evolusi hukum alam ini oleh manusia yang memiliki keinginan tahuan dapat diteropong melalui ilmu pengetahuan disebut sains.