Monday, April 27, 2020

TIGA GURU HASSAN-AL BASRI

Ketika seorang mistikus sufi yang besar, Hassan, sedang sekarat, seseorang bertanya, "Hassan, siapakah gurumu?"
 
Dia berkata,’Sekarang sudah terlambat untuk bertanya. Waktunya singkat, aku sebentar lagi mati.” Tapi si penanya bertanya, ‘Engkau hanya perlu mengatakan namanya. Engkau masih hidup, engkau masih bernafas dan berbicara, engkau hanya perlu memberitahuku namanya.’
 
Ia berkata, “Ini akan sulit karena aku memiliki ribuan guru. Jika aku hanya menyebut nama mereka itu perlu bulanan dan tahunan. Itu sudah terlambat. Tapi tiga guru aku akan memberitahumu".
‘Satu adalah seorang pencuri. Suatu kali aku tersesat di padang pasir, dan ketika aku mencapai desanya, hari sudah sangat malam. Setengah malam telah lewat; toko-toko tutup, penginapan sudah tutup. Tidak ada seorang manusia pun ada di jalan. Aku mencari seseorang untuk bertanya. Aku menemukan satu orang yang mencoba untuk membuat lubang di dinding satu rumah. Aku bertanya di mana aku bisa tinggal, dan dia berkata, “Aku pencuri, dan engkau terlihat seperti Sufi mistik bagiku.” ‘Jubah-Nya, auranya. “Dan pencuri berkata,” Sekarang ini akan sangat sulit untuk menemukan tempat untuk tinggal, tapi engkau bisa datang ke rumahku. Engkau bisa tinggal denganku – jika engkau bisa tinggal dengan seorang pencuri.”
 
Hassan berkata,’ Aku ragu-ragu sedikit. Lalu aku ingat. Jika pencuri tidak takut pada seorang Sufi, maka mengapa harus Sufi yang takut kepada pencuri? Bahkan, ia harus takut padaku. Jadi aku berkata, “Ya, aku akan datang.”
 
Dan aku ikut, dan aku tinggal dengan si pencuri. Dan orang itu begitu menyenangkan, begitu indah, aku tinggal bersamanya selama satu bulan! Dan setiap malam ia akan berkata kepadaku, “Sekarang aku akan pergi bekerja. Engkau beristirahatlah, engkau berdoalah, engkau lakukanlah pekerjaanmu.” Dan ketika ia kembali aku akan bertanya,” Bisakah engkau mendapatkan apa-apa? “Dia berkata,” Tidak malam ini. Tapi besok aku akan mencoba lagi.” Dan dia tidak pernah dalam keadaan putus asa.
 
‘Selama satu bulan terus menerus ia kembali dengan tangan kosong, tapi ia selalu bahagia. Dan dia berkata, “Aku akan mencoba besok. Insya Allah, besok itu akan terjadi. Dan engkau juga berdoalah untukku. Setidaknya engkau bisa mengatakan kepada Allah, ‘Bantulah orang miskin ini.'
 
Dan kemudian Hassan berkata,” Ketika aku sedang bermeditasi dan bermeditasi selama bertahun-tahun pada akhirnya, tidak ada yang terjadi, dan berkali-kali saatnya datang ketika aku begitu putus asa, begitu putus asanya sehingga aku berpikir untuk menghentikan semua omong kosong ini. Tidak ada Tuhan, dan semua doa ini hanya kegilaan, semua meditasi ini adalah palsu – dan tiba-tiba aku akan teringat pada pencuri yang akan mengatakan setiap malam”. Insya Allah, besok akan terjadi.”
 
“Jadi aku mencoba satu hari lagi. Jika pencuri itu begitu penuh harapan, dengan harapan dan kepercayaan seperti itu, aku harus mencoba setidaknya satu hari lagi. Dan berkali-kali hal itu terjadi, tetapi pencuri dan ingatan tentangnya membantuku untuk menunggu satu hari lagi. Dan satu hari, hal itu terjadi, itu BENAR terjadi! Aku membungkuk penuh hormat. Aku berada ribuan mil jauhnya dari pencuri itu dan rumahnya, tapi aku menghormat ke arahnya. Dia adalah guru pertamaku.
 
‘Dan guru keduaku adalah seekor anjing. Suatu ketika aku haus dan aku berjalan menuju sungai, dan seekor anjing datang'.
 
Dia juga haus. Dia melihat ke sungai, ia melihat anjing lain di sana – bayangannya sendiri – dan menjadi takut. Dia menyalak dan anjing lainnya menyalak juga. Tapi rasa hausnya amatlah sangat hingga ia akan ragu-ragu dan kembali lagi. Dia akan datang lagi dan melihat ke dalam air dan menemukan anjing lain di sana. Tapi hausnya itu sedemikian sehingga ia tiba-tiba melompat ke dalam air, dan bayangannya menghilang. Dia minum airnya, ia berenang di dalam air – waktu itu adalah musim panas. Dan aku sedang menyaksikannya. Aku tahu bahwa sebuah pesan telah datang kepadaku dari Allah. Orang harus melompat terlepas dari semua ketakutan.
 
‘Ketika aku berada di ambang untuk melompat ke yang tidak diketahui, ketakutan yang sama ada di sana. Aku akan pergi ke tepi, ragu, dan kembali. Dan aku akan ingat anjing itu. Jika anjing itu bisa berhasil, mengapa aku tidak? Dan kemudian suatu hari aku melompat ke yang tidak diketahui. Aku menghilang dan hanya yang tak diketahui itu yang tersisa. Anjing itu adalah guru keduaku.
 
‘Dan guru ketigaku adalah seorang anak kecil. Suatu kali aku masuk ke suatu kota dan seorang anak kecil sedang membawa lilin, menyalakan lilin, menyembunyikannya dalam tangannya dan pergi ke masjid untuk meletakkan lilin itu di sana. Dengan bercanda, aku bertanya kepada anak itu, “Apakah engkau telah menyalakan lilin sendiri?” Dia berkata, “Ya, Pak.” Dan aku bertanya, dengan bercanda, “Bisakah engkau memberitahuku darimana cahaya itu datang? Ada saat ketika lilin itu tidak menyala, kemudian ada saat ketika lilin dinyalakan, dapatkah engkau tunjukkan sumber dari mana cahaya itu datang? Dan engkau telah menyalakan itu, sehingga engkau pasti sudah melihat cahayanya datang – darimana?” Dan anak itu tertawa dan meniup lilinnya, dan berkata,” Sekarang engkau telah melihat cahayanya pergi, kemanakah itu pergi? Engkaulah yang memberitahu padaku!”
 
Dan egoku hancur, dan seluruh pengetahuanku hancur. Dan saat itu aku merasa kebodohanku sendiri. Sejak itu aku menjatuhkan semua pengetahuanku.‘
 
OSHO, The secret of secrets vol.1, Chp 6, Born with joy

1 comment: