Sunday, September 13, 2020

Mengapa Sains Sulit Menyangkal Keberadaan Tuhan

Oleh : Amir D. Aczel dari Time Magazine 

Sejumlah buku dan artikel baru-baru ini akan membuat Anda percaya bahwa — entah bagaimana — sains kini telah menyangkal keberadaan Tuhan. Kita mengetahui banyak tentang cara kerja alam semesta, menurut penulisnya, bahwa peran Tuhan sama sekali tidak diperlukan: kita dapat menjelaskan semua cara kerja alam semesta tanpa membutuhkan sosok Pencipta.

Dan memang, sains telah memberi kita banyak sekali pengertian. Pengetahuan yang berlipat ganda kira-kira setiap beberapa tahun atau kurang. Dalam fisika dan kosmologi, kita sekarang dapat mengklaim untuk mengetahui apa yang terjadi pada alam semesta kita sedini sepersekian detik setelah Big Bang, sesuatu yang mungkin tampak mengejutkan. Dalam kimia, kita memahami reaksi paling rumit di antara atom dan molekul, dan dalam biologi kita mengetahui bagaimana sel hidup bekerja dan telah memetakan seluruh genom kita. Tetapi apakah basis pengetahuan yang luas ini menyangkal keberadaan semacam kekuatan luar yang sudah ada sebelumnya yang mungkin telah membentuk alam semesta kita dalam perjalanannya?

Ilmu pengetahuan memenangkan kemenangan besar melawan dogma agama yang mengakar sepanjang abad ke-19. Pada 1800-an, penemuan sisa-sisa Neanderthal di Belgia, Gibraltar dan Jerman menunjukkan bahwa manusia bukan satu-satunya hominid yang menempati bumi, dan fosil serta sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang sekarang punah semakin menunjukkan bahwa flora dan fauna berevolusi, hidup selama ribuan tahun dan kadang-kadang mati, menyerahkan tempat mereka di planet ini ke spesies yang beradaptasi lebih baik. Penemuan ini memberikan dukungan kuat pada teori evolusi yang kemudian muncul, yang diterbitkan oleh Charles Darwin pada tahun 1859. Dan pada tahun 1851, Leon Foucault, seorang ahli fisika Prancis yang terkenal, membuktikan secara pasti bahwa bumi berputar — alih-alih tetap di tempat ketika matahari berputar di sekitar itu — menggunakan pendulum khusus yang gerakan melingkarnya mengungkapkan rotasi planet. Penemuan geologis pada abad yang sama menghancurkan hipotesis “bumi muda”. Kita sekarang tahu bahwa bumi telah berumur miliaran, bukan ribuan tahun, seperti yang telah dihitung oleh beberapa teolog berdasarkan penghitungan generasi kembali ke Adam dalam Alkitab. Semua penemuan ini mengalahkan interpretasi literal dari Kitab Suci.

Tetapi apakah sains modern, sejak awal abad ke-20, membuktikan bahwa tidak ada Tuhan, seperti yang diklaim oleh beberapa komentator? Ilmu pengetahuan adalah usaha yang luar biasa: ia mengajarkan kita tentang kehidupan, dunia, dan alam semesta. Tetapi belum diungkapkan kepada kita mengapa alam semesta muncul atau apa yang mendahului kelahiran di Big Bang. Evolusi biologis tidak memberi kita pemahaman sekecil apa pun tentang bagaimana organisme hidup pertama muncul dari benda mati di planet ini dan bagaimana sel-sel eukariotik tingkat lanjut — blok bangunan yang sangat terstruktur dari bentuk kehidupan maju — pernah muncul dari organisme yang lebih sederhana. Juga tidak menjelaskan salah satu misteri sains terbesar: bagaimana kesadaran muncul pada makhluk hidup? Dari mana datangnya pemikiran simbolis dan kesadaran diri? Apa yang memungkinkan manusia untuk memahami misteri biologi, fisika, matematika, teknik dan kedokteran? Dan apa yang memungkinkan kita menciptakan karya seni, musik, arsitektur, dan sastra yang hebat? Ilmu pengetahuan tidak bisa menjelaskan misteri yang mendalam ini.

Tetapi yang jauh lebih penting daripada teka-teki ini adalah pertanyaan yang terus-menerus tentang penyesuaian parameter alam semesta: Mengapa alam semesta kita diciptakan secara tepat dan presisi untuk kemunculan kehidupan? Pertanyaan ini tidak pernah dijawab dengan memuaskan, dan saya percaya itu tidak akan pernah menemukan solusi ilmiah. Untuk lebih dalam kita mempelajari misteri fisika dan kosmologi, semakin banyak alam semesta tampak rumit dan sangat kompleks. Untuk menjelaskan perilaku mekanika kuantum dari bahkan satu partikel kecil membutuhkan halaman dan halaman dari matematika yang sangat canggih. Mengapa partikel terkecil dari materi begitu sulit dipercaya? Tampaknya ada “kebijaksanaan,” atau struktur yang luas, tersembunyi, atau cetak biru yang rumit untuk elemen yang paling sederhana sekalipun. Dan situasinya menjadi jauh lebih menakutkan ketika kita memperluas pandangan kita ke seluruh kosmos.

Kita mengetahui bahwa 13,7 miliar tahun yang lalu, ledakan energi yang sangat besar, yang sifat dan sumbernya sama sekali tidak kita kenal dan tidak sedikit pun dipahami oleh ilmu pengetahuan, memprakarsai penciptaan alam semesta kita. Lalu tiba-tiba, seolah-olah dengan sihir, “partikel Tuhan” — Higgs boson yang ditemukan dua tahun lalu di dalam akselerator partikel CERN yang kuat, Large Hadron Collider — muncul dan secara ajaib memberikan massa kepada alam semesta. Kenapa ini terjadi? Massa tersebut membentuk partikel-partikel elementer — quark dan elektron — yang bobot dan muatan listriknya harus berada dalam batas ketat yang tak terukur untuk apa yang akan terjadi selanjutnya. Karena dari dalam sup purba partikel elementer yang membentuk alam semesta muda, lagi-lagi seolah-olah diciptakan oleh tangan ajaib, semua quark tiba-tiba berkumpul menjadi tiga untuk membentuk proton dan neutron, muatan listrik mereka diatur tepat ke tingkat tepat yang dibutuhkan untuk menarik dan menangkap elektron, yang kemudian mulai melingkari inti yang terbuat dari proton dan neutron. Semua massa, muatan, dan kekuatan interaksi di alam semesta harus dalam jumlah yang tepat dibutuhkan sehingga atom cahaya awal dapat terbentuk. Yang lebih besar kemudian akan dimasak dalam api nuklir di dalam bintang-bintang, memberi kita karbon, besi, nitrogen, oksigen, dan semua elemen lain yang sangat penting bagi kehidupan untuk muncul. Dan pada akhirnya, molekul heliks ganda yang sangat rumit, DNA penambah kehidupan, akan terbentuk.

Mengapa semua yang kita butuhkan ada disini ? Bagaimana semua ini mungkin terjadi tanpa kekuatan laten dari luar untuk mengatur tarian partikel elementer yang diperlukan untuk penciptaan semua hal yang penting dalam kehidupan? Matematikawan hebat Inggris Roger Penrose telah menghitung — berdasarkan hanya satu dari ratusan parameter alam semesta fisik — bahwa probabilitas kemunculan kosmos pemberi kehidupan adalah 1 dibagi 10, dipangkatkan 10, dan sekali lagi dipangkatkan 123. Ini adalah angka yang mendekati nol seperti yang pernah dibayangkan siapa pun. (Kemungkinannya jauh, jauh lebih kecil daripada memenangkan jackpot Jutaan dollar selama lebih dari beberapa hari )

Para ateis ilmiah telah berjuang untuk menjelaskan misteri yang meresahkan ini dengan menyarankan keberadaan multiverse — seperangkat alam semesta tanpa batas, masing-masing dengan parameternya sendiri. Di beberapa alam semesta, kondisinya tidak sesuai untuk kehidupan; Namun, dengan ukuran multiverse putatif belaka ini, harus ada alam semesta di mana semuanya benar. Tetapi jika dibutuhkan kekuatan alam yang sangat besar untuk menciptakan satu alam semesta baru, maka seberapa kuat kekuatan itu untuk menciptakan banyak alam semesta tanpa batas? Jadi multiverse murni hipotetis tidak menyelesaikan masalah Tuhan. Penyesuaian yang luar biasa dari alam semesta menghadirkan argumen yang paling kuat untuk keberadaan entitas kreatif yang imanen yang mungkin kita sebut Tuhan. Karena tidak memiliki bukti ilmiah yang meyakinkan sebaliknya, kekuatan seperti itu mungkin diperlukan untuk memaksa semua parameter yang kita butuhkan untuk keberadaan kita — kosmologis, fisik, kimia, biologis, dan kognitif — menjadi seperti apa adanya.

Sains dan agama adalah dua sisi dari dorongan dalam diri manusia yang sama untuk memahami dunia, untuk mengetahui tempat kita di dalamnya, dan untuk mengagumi keajaiban hidup dan alam semesta tanpa batas yang kita kelilingi. Mari kita pertahankan seperti itu, dan jangan biarkan satu upaya untuk merebut peran yang lain.

No comments:

Post a Comment