Monday, December 5, 2016

Ketika Anda Menabur

Oleh : Osho 

Apapun pengalaman yang terjadi pada kita, kitalah penabur benihnya, tapi kebanyakan kita menabur benih ini secara tidak sadar, itu sebabnya kita sering berpikir bahwa kita telah mengalami beberapa pengalaman yang tidak seharusnya terjadi. Peristiwa kebetulan tidak pernah terjadi, tidak ada yang kebetulan. Ini adalah keadilan kosmos, bukan sebuah kekacauan.
Semuanya sesungguhnya didasarkan pada hukum alam yang mendasar: tak ada pengalaman yang terjadi secara kebetulan. Ya, kadang-kadang tampak seolah-olah itu sebuah kebetulan, karena kita mengharapkan pengalaman yang lain. Ini adalah salah satu masalah dalam pikiran manusia yang harus dipecahkan: kita melakukan satu hal, kita menabur sebuah benih tapi kita mengharapkan sesuatu yang lain.

Kita menabur benih satu jenis bunga dan kita mengharapkan mendapatkan beberapa jenis bunga lain, jadi ketika bunga-bunga itu datang, kita menjadi frustrasi. Tapi bunga itu datang karena benih kita, bukan karena keinginan kita.

Jadi kita harus selalu ingat bahwa kita terus-menerus sedang menciptakan dunia kita. Ada orang yang selalu takut bahwa sesuatu yang salah akan terjadi, maka hal itu akan terjadi! Dan ketika itu terjadi, mereka menganggap ketakutannya itu terbukti benar.

Namun, dalam kenyataannya, merekalah yang telah membuat hal itu terjadi. Hal ini bukan sebaliknya: bahwa itu telah terjadi dan ketakutan mereka terbukti benar. Karena mereka berpikir, terus berpikir, terus-menerus menciptakan impuls ketakutan itu, benih dari itu, maka itu akan terjadi. Orang yang takut akan selalu menemukan situasi di mana ketakutan menguasai mereka. Orang yang mencintai akan selalu menemukan situasi di mana cinta mereka berkembang. Karena eksistensi ini terus memberikan apa yang Anda proyeksikan.

Hidup adalah proyeksi dari manusia. Kita adalah pencipta kehidupan kita. Tuhan telah menciptakan manusia, tetapi dengan memiliki kebebasan. Jadi ada kebebasan yang esensial dalam diri Anda, sekarang terserah pada Anda untuk memilih apa yang ingin terjadi pada Anda dalam kehidupan dan kemudian Anda akan melihat bahwa itu mulai terjadi.

Setiap hal selalu terkait dengan yang lain, setiap hal mengarah ke yang lain, dan perlahan-lahan, perlahan-lahan Anda telah memutuskan mengambil jalan tertentu; maka kemudian semua alternatif lain akan hilang.

Ketika seorang anak lahir, semua alternatif  ini menjadi terbuka, ia bebas memilih. Dia bisa menjadi musisi, ia dapat menjadi seorang penyair, dia bisa menjadi pegulat, ia bisa menjadi politisi, dia bisa menjadi apa saja …  seorang Adolf Hitler, seorang Buddha Gautama, menjadi apapun adalah mungkin.

Tetapi cepat atau lambat pilihan itu mulai datang dan ia mulai bergerak pada arah tertentu. Kemudian arah itu menjadi dunianya. Jadi selalu ingat: apapun yang terjadi kepada Anda, Anda telah menjadi penyebabnya.

Kadang-kadang cukup menyakitkan menyadari bahwa Anda adalah penyebab semua penderitaan yang telah terjadi pada Anda, Anda merasa sedih. Tetapi tidak perlu untuk merasa sedih, karena melalui itu, Anda sampai pada pemahaman, dan kemudian hal-hal dengan cara yang sama tidak perlu lagi terjadi pada Anda. Anda dapat mengubahnya, Anda dapat mengatur hidup Anda dengan cara yang berbeda.

Anda dapat hidup dengan cara yang berbeda, Anda bisa menjadi orang-orang yang berbeda sama sekali! Dan hal kedua yang harus diingat: untuk apapun yang terjadi apakah itu berupa rasa sakit, musibah, atau apakah itu membuat Anda bahagia, selalu bersyukur. Karena kadang-kadang rasa sakit diperlukan untuk pertumbuhan, tapi kesenangan tidak.

Jadi apapun yang terjadi, Buatlah kesempatan untuk tumbuh. Gunakan kesempatan itu sebagai batu loncatan untuk sesuatu yang lebih tinggi. Ketika seorang teman meninggal, ada duka cita, ada kesedihan dan penderitaan, tetapi gunakan kesempatan itu.

Renungkan kematian. Semua orang akan mati. Jadi ingat bahwa kematian selalu ada, jangan lupa. Kematian teman Anda telah mengingatkan Anda tentang fenomena yang sangat, sangat penting bahwa kematian itu selalu ada di sana.

Jangan menjalani hidup Anda tanpa mencatat bahwa kematian adalah pengingat di dalamnya. Mungkin tuhan telah memberi Anda pesan untuk bersiap-siap: Teman Anda telah tiada, dan Anda juga akan pergi suatu hari, jadi persiapkan diri untuk kematian!

Kita harus belajar dari kematian sebanyak atau bahkan lebih dari kita harus belajar dari kehidupan, karena kehidupan adalah bagian kecil, kematian adalah luas. Hidup adalah urusan kecil, urusan tujuh puluh tahun di mana sepertiganya akan hilang dalam tidur, sepertiga lainnya akan hilang dalam mencari penghasilan, sepertiga lainnya dalam kebodohan lain ….Tidak banyak yang tersisa! Ini bukan hal yang besar, itu adalah fenomena yang sangat kecil, dibandingkan dengan kematian itu tidak ada apa apanya. Kematian adalah keabadian.

Dan kita mempersiapkan kehidupan, kita mengirimkan anak-anak ke sekolah dan perguruan tinggi dan universitas, selama dua puluh lima tahun. Jika mereka hidup sampai usia tujuh puluh lima, kita memberikan sepertiganya untuk persiapan. Persiapan apa yang kita buat untuk kematian?

Dan kita akan pergi melalui suatu perjalanan panjang. Bagaimana kita mepersiapkan untuk itu? Jadi ketika seorang teman meninggal, itu adalah pengingat untuk sekarang menjadi sadar, bahwa kematian itu ada dan Anda tidak bisa lupakan begitu saja. Dan dengan melupakan, tidak ada yang akan membantu Anda, kematian pasti akan datang! Jangan menyembunyikan kepala seperti burung unta.
Anda dapat menyembunyikan diri dari kematian tetapi kematian pasti akan datang, tidak tergantung apakah Anda menyembunyikan atau tidak, tidak ada bedanya. Bahkan, jika Anda tidak menyembunyikan, Anda mungkin lebih mampu menghadapinya, untuk menerima hal itu. Dan mereka-mereka yang telah menerima kematian telah mencapai keabadian, karena keabadian hanya dapat diketahui hanya dengan menerima kematian.

Hanya dengan menerima kematian kita dapat melihat bahwa ada sesuatu di dalam, yang tidak pernah mati. Jadi ketika seorang teman meninggal, renungkan tentang kematian. Pikirkan tentang kehidupan Anda sendiri, pikirkan tentang prioritas Anda lagi, bagaimana Anda telah menyia-nyiakan hidup Anda.

Tata ulang itu; berikan gaya baru dan bentuk baru di mana kematian menjadi hal yang selalu diperhatikan. Rencanakan kehidupan di sekitar kematian, dan kemudian Anda menggunakan kesempatan itu. Jadi meskipun kadang Anda merasa bahwa peristiwa-peristiwa yang dialami tidak seperti yang seharusnya, gunakan kesempatan itu. Inilah yang saya sebut cara kreatif sannyasin : menggunakan segala jenis kemungkinan yang hadir dan mengubah kualitas mereka.

1 comment: