Monday, October 1, 2012

Menjadi Evolusioner


Evolusi adalah pergerakan energi menuju ekspresi yang lebih tinggi atau manifestasi dari suatu struktur kompleks yang lebih tinggi. Energi ini selalu bersifat kinetik, meskipun mungkin kadang terlihat dalam bentuk statik atau potensial, tetapi energi sesungguhnya adalah terus-menerus berada dalam gerakan, yang tak henti-hentinya membentuk dan mengubah strukturnya menjadi sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Jadi, apa pun yang tampak memiliki bentuk, adalah struktur energi, ia selalu dalam keadaan berfluktuasi atau menjadi. Ini mungkin tidak jelas terasa oleh indra kita, tetapi terjadi secara inheren pada tingkat atomik dan subatomik. Alam selalu bekerja sepanjang garis evolusi ini, bahkan jika terlihat seperti degradasi atau involusi. Ini adalah misteri prinsip Siwa, Sang Perusak, yang bekerja untuk merusak segalanya sehingga siklus pertumbuhan baru dapat dilakukan oleh Brahma, atau prinsip kreatif. Wisnu adalah prinsip penyeimbang. Prinsip-prinsip ini mempertahankan ekspresi kreatif sampai tujuan atau misi itu dicapai atau terpenuhi, kemudian devolusi bekerja dengan prinsip Shivaic tentang penghancuran. Prinsip Shivaic adalah katabolik sedangkan prinsip Brahmic adalah anabolik.

Evolusi dapat dipertimbangkan secara aspek fisik maupun metafisik. Manusia bertumbuh dari sudut pandang metafisik atau spiritual. Manusia sebagai unsur mikrokosmos memiliki berbagai komponen holistik dalam dirinya, dan masing-masing komponen atau aspek ini terus-menerus ditransmutasikan ke ekspresi yang lebih tinggi atau lebih rendah – untuk keadaan yang lebih halus atau kasar, untuk sebuah getaran yang lebih tinggi atau lebih rendah, untuk yang lebih sublim atau untuk kondisi rusak. Kita telah mengatakan diatas bahwa alam selalu bekerja sepanjang garis evolusi bahkan jika terlihat seperti degradasi. Ini juga berlaku bagi manusia. Kita kadang-kadang merasa diri kita sendiri mengalami kemunduran dan menjadi sedih, depresi dan negatif, namun ini harus menjadi masa introspeksi dalam rangka membangun suatu kondisi yang baru, untuk memperkuat hubungan rohani kita dengan Sumber kita, masalahnya adalah bahwa beberapa akan mempertahankan keadaan kemunduran, status quo ini, dan tidak ingin bangkit kembali ke kondisi yang seimbang, atau kembali berpusat pada spiritual alami seseorang. Ini adalah menentang arus evolusi dari alam semesta. Mereka yang bekerja sama dengan Alam akan berkembang jauh lebih cepat dibanding mereka yang menentang. Ini seperti berenang melawan arus. Bagaimana kita bekerja sama dengan Alam? Dengan terlebih dahulu mengetahui dan memahami hukum-hukum alam dan bagaimana mereka mungkin diimplementasikan; dengan menyadari kekuatan dan bagaimana mereka dapat dimanfaatkan dan diterapkan secara kreatif, dengan mengetahui bagaimana untuk menyesuaikan diri dengan tujuan yang lebih tinggi.

Semua kerajaan alam dengan “pengecualian” kerajaan manusia dan kerajaan yang lebih tinggi lainnya memiliki lembaga eksternal dan kecerdasan yang mengarahkan pertumbuhan evolusi mereka. Hewan, misalnya, tidak memiliki kontrol sadar atas - pertumbuhan jiwa mereka, mereka tergantung pada kecerdasan kreatif yang disebut “kelompok-roh” dalam arah evolusi mereka dan memelihara kesejahteraan mereka. Dalam bahasa spiritual kita menyebut kelompok-roh ini ”malaikat.” Malaikat yang berada di balik kecerdasan bawaan dari hewan ini mungkin saja ditertawakan oleh para sains ortodoks, bagaimanapun, dari penyelidikan metafisika ini adalah fakta. Hal ini sering mengejutkan kita, bahkan bagi bukan pecinta hewan, kecerdasan dan kreativitas yang ditampilkan oleh makhluk Tuhan. Bahwa hewan-hewan yang dikendalikan, diarahkan, diajarkan, atau diilhami oleh para malaikat dapat menjelaskan fenomena “Sindrom Monyet ke 100.” Dimana telah diamati bahwa meskipun seekor hewan terpisahkan beberapa mil dari anggota spesiesnya, ketika ia belajar sesuatu yang baru, informasi ini entah bagaimana bisa disampaikan kepada para anggota lain yang tinggal di tempat lain. Ini bisa dijelaskan dengan adanya telepati pada hewan, bagaimanapun, teori tentang malaikat pendamping berlaku sama.

Tidak seperti hewan dan roh-roh dialam, atau makhluk dari alam eterik dan astral, manusia mungkin secara pribadi ikut berpartisipasi dan bekerja sama dengan alam, dan dalam mempercepat pertumbuhan evolusi, mereka harus melakukannya juga. Bahkan partisipasi pribadi sangat disarankan karena meskipun kita sesungguhnya berada di sebuah kondisi, kekal abadi, dan “banyak waktu” untuk berkembang, ada jadwal kosmik yang kita harus pertimbangkan. Hal ini dapat dibandingkan dengan situasi yang kita miliki dalam sistem pendidikan kita. Kita dapat berkembang dari tingkat ke tingkat sesuai dengan rencana pendidikan dan akhirnya menyesuaikan diri dalam masyarakat, atau kita bisa tinggal kelas tahun demi tahun pada tingkat yang sama tanpa perkembangan pribadi atau keinginan untuk maju. Dalam situasi terakhir itu kita menyebabkan pertumbuhan kita menjadi stagnan, di sisi lain, jika kita berusaha cukup keras, kita akan mendapatkan kemajuan dan menjadi matang dalam menyelaraskan dengan sistem.

Ilustrasi di atas berlaku untuk situasi dunia kita saat ini. Kita secara spiritual berada di ambang penutupan dari jadwal kosmik tertentu – planet tertentu dan siklus matahari. Jika kita bisa mempercepat kesadaran kita, mengangkat roh kita, meningkatkan getaran dan frekuensi kita, mengungkapkan keilahian kita, melakukan evolusi bagian yang merupakan mikrokosmos diri kita, dan membebaskan dari kemelekatan materi, maka kita bisa menemukan diri kita menjauh dari gelombang progresif kemanusiaan dan diarahkan untuk tinggal dalam situasi kosmik yang mungkin akan menyebabkan penderitaan psikologis. Yang jelas, kita menjadi lamban secara spiritual jika kita tidak berevolusi dengan kelompok rohani kita. Pada siklus penutup ini, jika kita maju secara spiritual kita akan masuk ke dalam “Kerajaan Tuhan.” Jika kita tertinggal dalam kesadaran dan spiritualitas, kita tidak saja akan mengikuti mereka yang progresif namun tetap tinggal dalam kondisi menyedihkan di kerajaan Manusia, dan mungkin tidak di planet ini. Menuai secara spiritual yang disebutkan dalam Kitab Suci memang akan terjadi. Dalam Kitab Suci kita diberitahu bahwa akan ada pemisahan antara kambing dan domba, antara gandum dan gulma. Secara ilmu pengetahuan, akan ada “seleksi alam radikal” dalam waktu dekat di masa depan berdasarkan frekuensi jiwa. Mereka yang bergetar pada rentang frekuensi di atas tingkat yang ditentukan akan “diselamatkan.” Sebaliknya, mereka yang bergetar di bawah tingkat yang ditentukan tidak akan membuat kenaikan.

Mengapa kita berada di Bumi ? Evolusi adalah sebuah hukum kekal Cosmic yang kreatif. Ini adalah ekspresi kreatif Menjadi – atau pada tingkat kita – menjadi siapa kita sesungguhnya. Hal ini berlaku untuk semua entitas atau Kecerdasan dari omniverse. Evolusi, karena itu, adalah rencana Tuhan dan tujuan bagi kita semua. Mengalir dengan arus evolusi akan mengungkapkan lebih banyak dan lebih dari siapa kita dan hubungan kita dengan Keseluruhan, dengan yang Satu, dengan segala yang ada. Ini adalah alasan mengapa orang menjelma dalam tubuh fisik. Kemanusiaan ada di sini untuk mengembangkan kesadaran diri Ilahi kita, mengingat tentang siapa kita sesungguhnya, dan mempercepat rasa kesatuan kita dengan bagian ilusif, fragmentaris dari Keseluruhan.

Karena resistensi dan inersia dari materi, alam fisik menawarkan platform yang unik dalam membantu dan mempercepat pertumbuhan jiwa. Kita tidak akan berkembang dengan cepat dalam dimensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan di alam fisik, karena dalam dimensi yang lebih tinggi ruang dan waktu tidak ada, dan zat astral mudah diciptakan hanya oleh pikiran dan keinginan. Di alam yang lebih tinggi tidak ada perjuangan atau upaya yang diperlukan untuk eksis dan bertahan hidup, maka, tidak banyak kualitas ilahi yang akan berkembang dari jiwa di tempat tersebut. Hal ini berbeda di dalam dimensi fisik. Di sini kita harus aktif dalam mendukung dan memelihara kehidupan, dalam mengembangkan diri kita di dunia, dalam menghasilkan nilai-nilai yang akan memperbaiki kondisi yang ada, dalam mewujudkan surga di bumi. Tugas tersebut membuka karakteristik ilahi yang banyak terbengkalai atau tersembunyi dalam jiwa kita. Tugas spiritual kita tidak semata-mata untuk membebaskan diri kita dari karma atau untuk membebaskan diri kita dari roda reinkarnasi, karena pada satu waktu kita sesungguhnya pernah terbebas dari kedua kondisi dan ikatan dunia yang lebih rendah ini, namun, kita kemudian ”jatuh” dan turun ke dunia fisik. Mengapa ini terjadi? Tujuan apa yang kita miliki untuk melakukan hal ini?

Mayoritas umat manusia telah hilang dalam gelombang dan gejolak kehidupan. Mereka hidup tanpa tujuan seperti robot, atau seperti berjalan dalam keadaan tertidur. Tindakan mereka adalah bersifat otomatis dan reaktif dengan kesadaran yang sangat sedikit. Jadi mereka tidak berpartisipasi atau tidak berkeinginan untuk percepatan evolusi pribadi mereka. Mereka masih tergantung pada tokoh “otoritas” yang menjanjikan “cara mudah” untuk keselamatan pribadi mereka. Mereka menerima semua masukan yang datang dari otoritas ini tanpa terlebih dahulu meneliti hal tersebut dengan pikiran rasional. Kepercayaan dan dogma yang diterima dianggap melebihi dari fakta dan kebenaran. Ini adalah pengkondisian bawah sadar atau cuci otak dan pengendalian terhadap individu. Memang agak sulit bagi seseorang yang berada di bawah kondisi seperti ini untuk menyadari apa yang sebenarnya terjadi pada mereka. Ketika mereka dihadapkan dengan kebenaran lain mereka menjadi sangat-defensif dan akan melakukan apa saja yang berada dalam kekuasaan mereka untuk menahan kebenaran orang lain tersebut dengan menghancurkan para penyebarnya. Orang-orang ini  menjadi fanatik dan sering membahayakan diri mereka sendiri dan masyarakat.

Pikiran bawah sadar tampaknya memberi pengaruh yang kuat pada kebanyakan orang. Kekuatan bawah sadar yg lebih besar, atau pikiran yang berfungsi dalam mode ini dikontrol oleh impuls bawah sadar yang diidentifikasi sebagai “pikiran bikameral” oleh Dr Julian Jaynes dalam bukunya, “The Origin of Consciousness in the Breakdown of the Bicameral Mind.”

Secara spiritual, adalah mengontrol pikiran sadar dan mengarahkan kehidupan dan tidak diperbudak oleh pikiran bawah sadar yang negatif. Pikiran sadar kita harus, bagaimanapun, selaras dengan superconsciousness dalam rangka untuk mendapatkan petunjuk dan memberi arah kreatif dan produktif bagi pikiran yang lebih rendah. Pikiran bikameral, atau pikiran bawah sadar adalah guru yang mengerikan tetapi hamba yang sangat baik. Fungsi dari pikiran bawah sadar adalah mengarahkan dan memerintah dari pikiran sadar dan untuk melaksanakan-tugas-tugas yang telah diprogram oleh Alam ke dalamnya. Jika petunjuk ini tidak diberikan oleh pikiran sadar, maka pikiran bawah sadar akan menerima perintah dari sumber eksternal, apakah sumber-sumber ini adalah subliminally atau telepati yang diberikan oleh manusia lain atau badan astral. Dengan membiarkan hal ini terjadi maka kita membiarkan diri kita untuk menjadi rentan, untuk dimanipulasi, dan dikendalikan. Akibatnya kita menjadi tergantung pada figur otoritas di luar baik di bidang agama, politik, pendidikan dan banyak lainnya untuk pemahaman spiritual kita. Hal ini akan menyerahkan kekuatan, energi dan dana kita kepada orang lain. Ilmu Metafisika mengajarkan kita bagaimana menjadi seorang guru kehidupan yang tidak dikuasai oleh orang lain dan hanya mencari kebebasan diri dan kemuliaan diri kita. Kita dapat menyebutkan satu contoh di mana propaganda di bidang kedokteran mengatakan bahwa zat atau produk tertentu bermanfaat bagi kesehatan kita, namun, pada kenyataannya zat itu tidak memiliki nilai yang nyata sama sekali. Kita percaya pada figur otoritas karena kita menganggap mereka seharusnya adalah orang yang ”ahli.”

Pikiran memainkan peran penting dalam kehidupan seseorang. Dengan pikiran kita menghasilkan pikiran yang bisa memperbudak kita pada keadaan inersia dan kemunduran atau keadaan kebebasan dan kemajuan spiritual. Pikiran juga bisa menjadi pembunuh dari realitas atau pembebas dari yang palsu. Kondisi pertama menyebabkan stagnasi dalam evolusi kita sedangkan yang kedua melepaskan kita dari ketakutan akan kematian dan keadaan biasa-biasa saja. Kita hadir disini dimaksudkan untuk menjadi Tuhan – Kitab Suci telah menekankan ini berkali-kali. Di sinilah evolusi kita sedang menuju. Dengan menjadi Tuhan kita masuk ke dalam Kerajaan Surga – ini adalah tempat tinggal Tuhan, bagaimanapun, hal ini harus dipahami secara kiasan, surga dan neraka bukanlah sebuah tempat tetapi keadaan tertentu dari kesadaran. Dengan transformasi diri kita menjadi Tuhan, atau menjadi manusia sempurna bukanlah mimpi idealis belaka seperti banyak orang akan berpikir. Banyak orang yang telah mencapai keadaan ini dan kita dapat membaca tentang mereka dalam literatur – dalam apa yang disebut mitos dan legenda di setiap kebudayaan. Hanya baru-baru ini pengetahuan tentang mereka mulai tersebar di seluruh dunia dalam ilmu tentang Occultisme, Theosophical dan literatur New Age. Semakin banyak orang telah menyadari keberadaan-makhluk super yang disebut Master atau ahli, dan adalah potensi bawaan kita untuk mencapai kondisi yang sama tersebut.

Kita bisa jadi skeptis mengenai keberadaan Master master ini tetapi beberapa pemikiran yang cermat akan membuktikan bahwa makhluk manusia yang sempurna harus ada. Sebagai contoh, lihat sekitar kita. Apakah kita tidak kadang-kadang menjumpai seseorang yang sedikit lebih mulia, lebih murni, lebih bijaksana, lebih mencintai dari yang lain? Dan di sisi lain, tidakkah juga kita menemukan orang yang lebih keji, rendah, bodoh, dan kasar? Jika beberapa kelihatannya lebih sempurna daripada yang lain, apakah tidak mungkin bahwa ada orang-orang yang lebih tinggi pada skala kesempurnaan ini? Dalam pikiran kita itu tidak terpikirkan untuk menyangkal bahwa itu ada.

Apa yang menyebabkan seseorang lebih sempurna daripada yang lain?  Tentu saja ini berhubungan dengan proses evolusi tetapi mengapa proses evolusi di alam menyebabkan satu orang bisa jauh melebihi yang lain? Hal ini terjadi karena ada yang belum terbangun untuk potensi dalam diri mereka, atau tidak percaya kebenaran ilahi mereka, dan dengan demikian mereka tidak akan melakukan apapun untuk membuka lipatannya.

Beberapa orang hidup seolah-olah mereka secara fisik akan hidup selamanya, ini dapat dilihat dengan cara mereka menumpuk dan menumpuk harta dunia mereka tanpa kesadaran bahwa tidak ada yang permanen dan kematian adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Meskipun diketahui, kita sering lupa bahwa semuanya akan ditinggalkan pada saat kematian dan tidak ada yang kita ambil bersama dengan kita kecuali apa yang telah kita capai secara spiritual.

Orang sering terobsesi dengan ide bahwa mereka dapat memiliki sesuatu atau memiliki orang lain. Ini adalah kesalahan yang tidak banyak orang mampu atau mau mengakui dan melihat ke dalam. Banyak orang berusaha untuk menjadi kaya, menjadi terkenal, menjadi populer, untuk diabadikan dalam buku-buku sejarah dan dalam pikiran manusia. . . . . dan dalam pencarian untuk mencapai keinginan ini, tujuan sesungguhnya dari kehidupan kemudian menjadi kehilangan arah. Banyak perhatian dan keasyikan kita yang tidak rasional dan keluar dari keselarasan dengan arus evolusi. Hal ini memiriskan hati kita melihat jiwa saudara-saudara kita yang berada di dalam lumpur tanpa realisasi sadar tentang diri mereka dan penolakan mereka untuk memperoleh bantuan. Tangan kita mungkin mencoba mengulurkan bantuan, tetapi jika tidak ada yang memohon atau meminta bantuan, atau jika uluran tangan kita tidak ditangkap, maka tidak ada yang dapat dilakukan kecuali untuk sekedar siaga dan menunggu – kadang-kadang menunggu hingga beberapa siklus dunia. Keinginan untuk maju harus datang dari dalam walaupun mungkin benih yang ditanam di tanah yang telah disiapkan dan dipelihara setiap hari itu berharap bahwa benih itu akan tumbuh dan melihat cahaya.

Ketika seseorang sudah siap untuk membuat lompatan kuantum ke dalam kesadaran yang lebih tinggi, untuk mempercepat evolusi seseorang, dan keinginan untuk lebih mengenal sifat alami seseorang, kita akan menarik perhatian para pemandu spiritual bagi kemanusiaan. Beberapa makhluk berada dalam dimensi yang lebih tinggi daripada di bumi, tetapi di mana pun mereka berada, kita secara tidak sadar mengirimkan sinyal keluar pada mereka dan mereka merespon dengan mengarahkan kita pada individu-individu, buku, organisasi metafisik atau sekolah tertentu. Kita akan diperkenalkan dasar-dasar dari jalan spiritual. Ajaran yang dituntun oleh master tersebut adalah merupakan jalur terbaik untuk mengungkapkan jiwa.

Setelah berevolusi dari hewan, kemanusiaan kini telah berada terlalu lama pada tingkat kesadaran yang sekarang, atau kondisi evolusi saat ini. Banyak masalah kemanusiaan dapat ditelusuri penyebabnya adalah karena adanya stagnasi dalam kesadaran saat ini. Peningkatan kemanusiaan dan kehidupan secara keseluruhan adalah tergantung pada masing-masing individu. Pertama-tama kita harus berusaha untuk merubah diri kita sendiri jika kita ingin melihat perubahan permanen yang bermanfaat terjadi di tengah masyarakat. Mewujudkan sebuah peradaban utopis memerlukan peningkatan kualitas kesadaran manusia. Kondisi ini akan memperbaiki kualitas genetik dan metafisik seseorang serta mencegah pengaruh dari kesadaran yang lebih rendah. Mengapa? Karena jiwa dari kesadaran yang lebih rendah akan mengalami kesulitan menjalankan organisme fisik kompleks. Metafisika mengajarkan hukum-hukum rohani-eugenika, dan memanifestasikan orientasi spiritual kita, teknologi dari ras yang sangat maju adalah salah satu tujuannya.

Ketika kita semua mampu untuk meningkatkan kesadaran kita, maka tidak akan ada lagi kondisi tidak harmonis di bumi. Tidak akan ada lagi konflik dan perang. Cinta, damai, goodwill, dan persaudaraan manusia akan dibentuk sebagai sebuah realitas kehidupan di Bumi. Ini bukan untuk mengatakan bahwa mereka dari kesadaran yang lebih rendah tidak akan berkembang lebih lanjut. Mereka akan berada pada kecepatan evolusi mereka sendiri dan berada di platform planet lain. Ini pada dasarnya adalah pilihan jiwa mereka sendiri.

Copyright © 2006 Luxamore

No comments:

Post a Comment