Friday, January 13, 2017

Life after Life

life after lifeOleh : Raymond Moody

Pada tahun 1975, Dr Raymond Moody menerbitkan buku laris yang berjudul Life After Life yang memusatkan perhatian pada pengalaman mati suri yang tidak pernah didokumentasi sebelumnya. Dr Moody adalah yang pertama kali menciptakan istilah “pengalaman mendekati kematian.” Dr. Moody juga merupakan penulis buku-buku berikut, The Light Beyond, Reunions, Life After Loss, Coming Back, Reflections, dan The Last Laug.

Moody telah mencatat dan membandingkan pengalaman dari 150 orang yang meninggal, atau hampir mati, yang kemudian hidup kembali. Risetnya menggambarkan hasil penyelidikan dekade ini dalam fenomena NDE. Dia kemudian menguraikan sembilan elemen yang umumnya terjadi selama NDE.

Suara aneh: Sebuah sirene, atau nada suara berdengung, pada saat merasa mati.

Kedamaian dan hilangnya rasa sakit : Sementara menjelang kematian, mereka mungkin berada dalam rasa sakit yang hebat, tapi begitu mereka meninggalkan tubuh rasa sakit itu hilang dan mereka merasakan kedamaian.

Out-of-body experience: Orang yang  sekarat sering memiliki sensasi naik dan mengambang di atas tubuh mereka sendiri ketika dikelilingi oleh tim medis, dan menontonnya dari atas, sementara mereka merasa nyaman. Mereka mengalami perasaan dalam tubuh roh yang tampaknya menjadi semacam medan energi hidup.

Pengalaman Terowongan : pengalaman berikutnya yaitu ketika ditarik ke dalam kegelapan melalui terowongan, pada kecepatan yang sangat tinggi, hingga mencapai wilayah yang bercahaya putih keemasan. Juga, walaupun laporan mereka kadang-kadang merasa takut, mereka tidak merasakan bahwa mereka sedang dalam perjalanan ke neraka, atau bahwa mereka jatuh ke dalamnya.

Terangkat dengan cepat ke langit: Alih-alih sebuah terowongan, beberapa orang melaporkan tiba-tiba naik ke langit dan melihat Bumi dan luar angkasa seolah mereka melihat seperti seorang astronot di ruang angkasa.

Manusia cahaya: Berada di sisi lain terowongan, atau setelah mereka naik ke langit, mereka bertemu orang-orang yang bercahaya dengan cahaya batin. Sering kali mereka menemukan teman-teman dan kerabat mereka  yang telah meninggal berada di sana untuk menyambut mereka.

Para Makhluk Cahaya: Setelah bertemu dengan para cahaya, mereka sering bertemu dengan makhluk rohani yang sangat tinggi yang sebagian telah diidentifikasi sebagai Tuhan, Yesus, atau beberapa tokoh agama.

Review Kehidupan : Cahaya menunjukkan pada mereka panorama tinjauan terhadap segala sesuatu yang pernah mereka lakukan. Artinya, mereka menghidupkan kembali setiap tindakan yang pernah mereka lakukan kepada orang lain dan datang pergi  dan merasa bahwa sesungguhnya cinta adalah hal yang paling penting dalam hidup.

Keengganan untuk kembali: Cahaya tersebut kadang-kadang memberitahu mereka bahwa mereka harus kembali ke kehidupan. Kadang, mereka diberi pilihan tinggal atau kembali. Dalam kedua kasus tersebut, mereka biasanya enggan untuk kembali. Orang-orang yang memilih untuk kembali melakukannya hanya karena orang-orang tercinta mereka tidak ingin mereka pergi.

Berikut ini adalah kutipan dari buku Life After Life mengenai “Being of Light.”

Ini mungkin adalah unsur umum paling luar biasa dalam penelitan yang saya lakukan, dan tentu saja unsur inilah yang memiliki pengaruh paling mendalam terhadap individu, adalah perjumpaan dengan cahaya yang sangat terang. Biasanya, pada penampilan awal cahaya ini redup, tapi dengan cepat menjadi lebih terang sampai mencapai kecemerlangan. Namun cahaya ini (biasanya dikatakan berwarna putih atau “jernih”) adalah kecerdasan yang tak terlukiskan, yang tidak dengan cara apapun menyakiti mata mereka, atau menyilaukan mereka, atau mencegah mereka melihat hal-hal lain di sekitar mereka (mungkin karena pada titik ini mereka tidak memiliki “mata” fisik untuk terpesona).

Meskipun bertemu bentuk cahaya yang tidak biasa, Namun, tidak satu orangpun menyatakan keraguan sama sekali bahwa itu adalah suatu makhluk, makhluk cahaya. Bukan hanya itu, itu adalah sesosok pribadi. Memiliki kepribadian yang sangat jelas. Cinta dan kehangatan yang memancar darinya tidak terlukiskan dan ia merasa sepenuhnya dikelilingi oleh itu dan dibawa ke atas; di dalamnya, mereka benar-benar merasa tenang dan diterima di hadapan makhluk ini. Dia merasakan magnet daya tarik yang tak tertahankan dari cahaya ini.

Menariknya, sementara uraian di atas tentang keberadaan cahaya sangat berubah-ubah, identifikasi makhluk cahaya tersebut bervariasi dari individu ke individu dan tampaknya sebagian besar mengikuti latar belakang agama, pelatihan, atau kepercayaan dari orang yang terlibat. Dengan demikian, kebanyakan dari mereka yang menganut Kristen dalam pelatihan atau kepercayaannya mengidentifikasi cahaya tersebut sebagai Kristus dan kadang-kadang menarik ayat Alkitab yang sesuai dalam mendukung penafsiran mereka. Seorang laki-laki dan perempuan Yahudi mengidentifikasi  cahaya tersebut sebagai “malaikat.” Jelas, dalam kedua kasus, bahwa subyek tidak mengidentifikasi bahwa mereka adalah seperti malaikat yang mempunyai sayap, dan memainkan harpa, atau bahkan memiliki bentuk manusia atau penampilan seperti manusia. Hanya ada cahaya. Apa yang masing-masing berusaha temui adalah  seorang utusan, atau panduan. Seseorang yang tidak memiliki keyakinan agama hanya mengidentifikasi apa yang dilihatnya sebagai “suatu makhluk cahaya. Label yang sama digunakan oleh seorang wanita Kristen, yang tampaknya tidak merasa ada paksaan sama sekali untuk memanggil cahaya tersebut “Kristus.”

Tak lama setelah penampakan cahaya, cahaya tersebut mulai berkomunikasi dengan orang yang telah meninggal.  Perlu dicatat, ini adalah komunikasi langsung yang sama seperti yang kita temui sebelumnya dalam deskripsi tentang bagaimana seseorang dalam tubuh roh mungkin “mengambil pikiran-pikiran” dari orang-orang di sekelilingnya. Sebab, di sini, mereka menyatakan bahwa mereka tidak mendengar suara atau bunyi fisik yang berasal dari makhluk cahaya tersebut, dan mereka juga tidak menanggapinya dengan suara. Sebaliknya, dilaporkan bahwa mereka berbicara secara telepati,  telepati berlangsung tanpa gangguan, dan dengan cara yang jelas bahwa tidak ada sama sekali kemungkinan salah satu dari kesalahpahaman atau kebohongan.

Langkah berikutnya dari pengalaman ini jelas menggambarkan kesulitan dalam menerjemahkan bahasa yang tak terucap ini. Makhluk cahaya tersebut segera mengarahkan pikiran tertentu kepada mereka tentang kehadirannya dengan begitu dramatis. Biasanya orang-orang yang saya wawancarai mencoba merumuskan pikiran menjadi pertanyaan. Di antara terjemahan yang saya dengar adalah: “Apakah Anda siap untuk mati?” “Apakah Anda siap untuk pergi?” ”Apa yang telah Anda lakukan dengan hidup Anda untuk menunjukkan padaku?” dan “Apakah yang kamu lakukan dengan hidup Anda  sudah cukup?” Dua pertanyaan pertama yang menekankan “persiapan,” tampaknya memiliki arti yang berbeda dari pertanyaan kedua yang menekankan “prestasi.” Namun, beberapa dokumentasi menunjukkan bahwa  setiap orang mencoba untuk mengungkapkan pikiran yang sama, diantaranya yang berasal dari narasi seorang wanita sbb:
“Hal pertama yang ia tanyakan kepadaku adalah, bahwa ia bertanya apakah aku sudah siap untuk mati, atau apa yang telah kulakukan dengan hidupku yang ingin aku tunjukkan kepadanya.” 
Lebih jauh lagi, bahkan dalam kasus “pertanyaan,” yang tidak biasa ternyata, setelah penjelasan, memiliki  maksud yang sama. Sebagai contoh, satu orang mengatakan kepada saya bahwa selama kematiannya:
Suara bertanya kepada saya sebuah pertanyaan: “Apakah layak? Dan apa artinya ini, apakah kehidupan saya telah menuju ke titik yang tampak berarti bagi saya, kemudian mengetahui apa yang saya akan ketahui berikutnya.“
Kebetulan, semua menegaskan bahwa pertanyaan ini, meskipun mendalam dan memberi dampak emosional, sama sekali tidak bermaksud untuk penghukuman. Makhluk cahaya ini, semua tampaknya setuju, tidak memberi pertanyaan kepada mereka untuk menuduh atau mengancam mereka, karena mereka masih merasakan cinta dan penerimaan total yang datang dari cahaya tersebut, tidak peduli jawaban mereka. Sebaliknya, titik pertanyaan tampaknya untuk membuat mereka berpikir tentang kehidupan mereka, untuk menarik mereka keluar. Itu, jika Anda menginginkan, mereka tidak meminta informasi tetapi untuk menolong kita untuk  menemukan jalan menuju kebenaran dengan diri sendiri. Mari kita lihat beberapa contoh secara langsung yang fantastis ini.

Contoh 1: Saya mendengar dokter mengatakan bahwa saya sudah mati, dan saat itulah aku mulai merasa seolah-olah saya jatuh, benar-benar seperti melayang, melalui kegelapan ini, semacam ruang. Tidak ada kata-kata untuk menjelaskan ini. Semuanya sangat gelap, kecuali bahwa, jauh disana, saya bisa melihat cahaya. Itu cahaya yang sangat cemerlang, tetapi tidak terlalu terang pada awalnya. Ia menjadi besar saat saya datang mendekat dan lebih dekat dengan itu.

Aku berusaha mencapai cahaya itu pada akhirnya, karena aku merasa bahwa itu adalah Kristus, dan aku sedang berusaha mencapai titik itu. Itu bukan pengalaman menakutkan. Saat itu adalah hal yang menyenangkan. Dengan segera, sebagai seorang Kristen, saya telah terhubung  dengan cahaya Kristus, yang berkata, “Akulah terang dunia.”

Aku berkata pada diriku sendiri, “Jika ini adalah itu, jika saya harus mati, maka aku tahu siapa yang menunggu saya di akhirat, yang berada dalam cahaya.”

Contoh 2: Aku bangun  dan berjalan ke lorong untuk pergi mengambil minuman, dan pada titik itu, yang kemudian diketahui, bahwa usus buntu saya pecah.  Aku menjadi sangat lemah, dan aku jatuh. Aku mulai merasa semacam melayang, sebuah gerakan nyata saya berada di dalam dan keluar dari tubuh, dan mendengar musik yang indah. Aku melayang menyusuri lorong dan keluar pintu ke dalam teras. Di sana, hampir tampak bahwa awan, kabut benar-benar merah muda, mulai berkumpul di sekitar saya, dan kemudian aku benar langsung melayang melalui layar, hanya seolah-olah tidak ada di sana, dan naik ke cahaya yang sangat jernih, cahaya putih yang menerangi. Ini sangat indah dan begitu cerah, begitu berseri-seri, tapi tidak menyakiti mata. Bukan cahaya apapun yang Anda dapat gambarkan di Bumi. Aku tidak benar-benar melihat siapa dalam cahaya ini, namun memiliki identitas khusus, itu jelas. Ini adalah cahaya pemahaman yang sempurna. Ini adalah cahaya pemahaman yang Sempurna dan kasih yang sempurna.

Pikiran muncul dalam pikiran saya, “Apakah engkau mengasihi Aku?”

Hal ini tidak benar-benar dalam bentuk pertanyaan, tapi kurasa konotasi dari apa yang cahaya katakan, “Kalau kau mencintaiku, kembali dan menyelesaikan apa yang Anda mulai dalam hidup Anda."

Dan selama pengalaman ini, aku merasa seolah-olah dikelilingi oleh cinta dan kasih sayang yang luar biasa.

Contoh 3: Aku tahu aku sedang sekarat dan bahwa tidak ada yang dapat saya lakukan tentang hal itu, karena tidak ada seorang pun bisa mendengar saya. Aku  keluar dari tubuh saya, tidak ada keraguan tentang hal itu, karena aku bisa melihat tubuh saya sendiri di sana, di meja ruang operasi. Roh saya berada diluar! Semua ini membuat saya merasa sangat buruk pada awalnya, tetapi kemudian cahaya terang datang. Cahaya  itu tampaknya  sedikit remang-remang pada awalnya, tetapi kemudian itu semakin besar. Itu adalah cahaya yang luar biasa, tidak seperti senter yang besar, ini seperti banyak sekali cahaya. Dan itu memberi  sensasi hangat ke saya, saya merasakan sensasi hangat.

Itu adalah cahaya putih kekuning-kuningan – lebih ke putih. Itu sangat terang, aku tidak bisa menggambarkannya. Tampaknya itu menutupi segala sesuatu, namun itu tidak mencegah saya dari melihat segala sesuatu di sekitar saya – ruang operasi, para dokter dan perawat, semuanya. Aku bisa melihat dengan jelas, dan tidak menyilaukan.

Pada mulanya, ketika cahaya datang, aku tidak yakin apa yang sedang terjadi, tapi kemudian, ia bertanya, itu seperti bertanya apakah aku sudah siap untuk mati. Rasanya seperti berbicara dengan seseorang, tetapi seseorang itu tidak ada. Cahaya yang sedang berbicara kepada saya, tapi dalam suara.

Sekarang, saya berpikir bahwa suara yang sedang berbicara kepada saya benar-benar menyadari bahwa saya tidak siap untuk mati.  Itu hanya semacam pengujian bagi saya lebih dari apa pun. Namun,saat cahaya berbicara kepadaku, aku merasa benar-benar baik – aman dan dicintai. Cinta yang datang  itu tidak terbayangkan,dan tak terlukiskan. Itu adalah orang yang menyenangkan bersamanya! Dan memiliki rasa humor, juga – pasti!

Sumber: Henkykuntarto’s Blog - Wellcome to my spiritual blog

No comments:

Post a Comment