Saturday, November 10, 2018

Agama Sesungguhnya Tidak Ada Hubungannya dengan Perang ...

AGAMA YANG SESUNGGUHNYA TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN PERANG, AGAMA YANG SESUNGGUHNYA BERHUBUNGAN DENGAN PENCARIAN KEDAMAIAN

Agama-agama terorganisir telah menciptakan banyak perang - sama seperti yang telah dilakukan oleh para politikus. Nama mereka mungkin berbeda... para politikus berperang demi sosialisme, demi komunisme, demi fasisme, demi nazisme; dan agama-agama terorganisir berperang demi Tuhan, demi cinta, demi konsep mereka tentang kebenaran. Dan jutaan orang telah terbunuh disebabkan perang antara Kristen dan Muslim, antara Kristen dan Yahudi, antara Muslim dan Hindu, antara Hindu dan Buddhis. Agama yang sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan perang, agama yang sesungguhnya berhubungan dengan pencarian akan kedamaian. Namun agama-agama terorganisir tidak tertarik pada kedamaian - mereka hanya tertarik untuk menjadi lebih berpengaruh, lebih dominan.

Aku mengutuk agama-agama terorganisir sama seperti aku mengutuk para politikus - keduanya tidak lain hanyalah urusan politik. Jadi ketika Aku mengatakan kepadamu bahwa orang-orang "beragama" sebaiknya dihormati, dihargai - para politikus sebaiknya pergi menemui mereka untuk meminta saran, meminta pendapat - yang aku maksudkan bukanlah orang-orang dari agama-agama terorganisir; yang aku maksudkan adalah individu-individu "beragama." Dan seorang individu "beragama" bukanlah seorang Hindu, bukanlah seorang Kristen, bukanlah seorang Muslim. Bagaimana mungkin ia bisa menjadi seorang Hindu, bisa menjadi seorang Kristen, bisa menjadi seorang Muslim? Tuhan sendiri bukanlah Hindu, bukanlah Muslim, bukanlah Kristen. Dan seseorang yang telah mengetahui sesuatu yang Ilahi, menjadi terwarnai dengan sifat-sifat ke-Ilahian, menjadi semerbak dengan aroma Ketuhanan.

Osho, The Hidden Splendor, Talk #8
_________________________________
"Religion has nothing to do with war; it is a search for peace"
“Organized religions have created wars – just like politicians have done. Their names may be different... politicians fight for socialism, for communism, for fascism, for nazism, and organized religions have been fighting for God, for love, for their concept of what truth is. And millions of people have been killed in the clashes between Christians and Mohammedans, between Christians and Jews, between Mohammedans and Hindus, between Hindus and Buddhists. Religion has nothing to do with war; it is a search for peace. But organized religions are not interested in peace – they are interested in becoming more and more powerful and dominant.

“I condemn the organized religions in the same way I condemn the politicians – they are nothing but politics. So when I said to you that religious people should be respected, honored – the politicians should go to them for advice – I was not talking about organized religions; I was talking only about religious individuals. And a religious individual is neither Hindu nor Christian nor Mohammedan. How can he be? – God himself is not Hindu, not Mohammedan, not Christian. And the man who knows something of the divine becomes colored with his divinity, becomes fragrant with godliness.“
Osho, The Hidden Splendor, Talk #8

Sumber: OSHO Indonesia

No comments:

Post a Comment