Tuesday, August 22, 2017

Bukti bahwa Kesadaran Menciptakan Realitas

god consciousnessOleh : Steven Bancarz

Apakah kesadaran menciptakan dunia materi? Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, penting untuk pertama melihat dunia materi sesungguhnya dari tingkat mendasar. “Realitas” tidak hanya terbuat dari potongan-potongan fisik kecil, seperti sekelompok kelereng atau bola bowling kecil kecil. Molekul terbuat dari atom, dan atom yang terbuat dari partikel-partikel subatomik seperti proton dan elektron yang terdiri dari 99,99999% ruang kosong dan berputar berisi muatan listrik. Mereka terbuat dari quark, yang kemudian merupakan bagian dari bidang Superstring yang terdiri dari string bergetar yang menimbulkan partikel dasar berdasarkan sifat getaran mereka.

Kita berinteraksi dengan dunia benda-benda fisik hanya karena cara otak kita menerjemahkan data sensorik. Pada skala terkecil dan paling mendasar dari alam semesta, gagasan “realitas fisik” adalah tidak ada. Pelopor mekanika kuantum yang memenangkan hadiah Nobel, Neils Bohr mengatakan , “Segala sesuatu yang kita sebut nyata dibuat dari hal-hal yang tidak dapat dianggap sebagai nyata. Jika mekanika kuantum belum membuat Anda terkejut, Anda belum mengerti hal itu dengan cukup baik. “Ketika Anda saling menyentuh tangan Anda bersama-sama, itu sesungguhnya hanyalah ruang kosong yang menyentuh ruang kosong, dengan sedikit materi spin energik partikel yang sangat kecil. Materi sama sekali bukanlah struktur fisik.

Hal ini penting untuk memahami, karena jika kita berpikir dunia fisika kuantum ini seperti dunia bola bowling dan kelereng, maka gagasan kesadaran menciptakan realitas tidak masuk akal. Tetapi memahami realitas sebagai ramuan kosmik energi dan ruang kosong non-lokal, menjadi jelas bahwa pikiran dan sinyal yang terdapat di otak juga memiliki sifat-sifat yang sama di tingkat terkecil mereka. Pemikiran kita juga merupakan sebuah kegiatan alam semesta, dan semua kegiatan berlangsung dalam bidang kuantum yang sama sebelum mewujudkan dalam realitas fisik.

Kesadaran adalah salah satu masalah sulit dalam ilmu pengetahuan. Tidak ada cara untuk menjelaskan bagaimana sesuatu ada sebagai proses materi ,kimia dan fisik yang dapat menimbulkan sesuatu yang non material seperti pengalaman. Tidak ada alasan mengapa pengalaman subjektif ada, atau bagaimana kesanggupan berevolusi. Alam semesta akan beroperasi sama dengan baik tanpa subjektivitas, dan ketika kita benar-benar mencoba untuk secara ilmiah menyelidiki asal dan fisika dari kesadaran, kita mendapatkan petunjuk bahwa mungkin kesadaran dan realitas sesungguhnya tidak terpisah, tidak seperti yang dipikirkan oleh ilmu pengetahuan tentang material.

Berikut ini adalah beberapa prinsip dalam mekanika kuantum, yang diambil dari buku ”The Universe Self-Aware” yang ditulis oleh mantan profesor fisika teoritis selama 30 tahun di University of Oregon, Dr. Amit Goswami:

1) Fungsi Gelombang

Sebuah objek kuantum (seperti elektron) dapat berada di lebih dari satu tempat pada waktu yang sama. Hal ini dapat diukur sebagai gelombang di ruang, dan dapat ditemukan di beberapa titik yang berbeda di gelombang ini. Ini disebut properti gelombang.

2) Discontinuity

Sebuah objek kuantum ada di sini dan secara bersamaan muncul dalam keberadaan di tempat lain tanpa perlu melakukan perjalanan ruang. Hal ini dikenal sebagai lompatan kuantum. Ini pada dasarnya teleports.

3) Aksi Jarak Jauh

Manifestasi dari satu objek kuantum, yang disebabkan oleh pengamatan kita, secara bersamaan mempengaruhi objek kembar nya yang berkorelasi, tidak peduli seberapa jauh mereka. Pisahkan elektron dan proton dari sebuah atom. Apapun yang terjadi pada elektron, hal yang sama atau sebaliknya akan terjadi pada proton. Ini disebut aksi quantum jarak jauh. Einstein menyebutnya aksi “seram” di kejauhan.

4) Efek Observer

Sebuah objek kuantum tidak dapat dikatakan terwujud dalam ruang-waktu sampai kita mengamatinya sebagai partikel. Objek kuantum ada sebagai gelombang non-lokal tanpa batas sampai diamati secara langsung. Kesadaran secara harfiah meruntuhkan fungsi gelombang- menjadi fungsi partikel.

Poin terakhir ini menarik, karena itu berarti bahwa tanpa pengamat sadar hadir untuk meruntuhkan gelombang ini, itu akan secara fisik tidak diwujudkan dalam keadaan murni potensi. Pengamatan tidak hanya mengganggu apa yang harus diukur, ia menghasilkan efek. Hal ini diverifikasi dalam apa yang dikenal sebagai percobaan celah ganda, di mana kehadiran pengamat sadar mengubah perilaku elektron dari keadaan gelombang ke keadaan partikel. Hal ini dikenal sebagai ” efek pengamat ” dan benar-benar mengguncangkan apa yang kita asumsikan tentang dunia fisik. Berikut adalah mudah untuk memahami kartun percobaan:

double split

Sebagai ilmuwan Dr Dean Radin mengatakan dalam sebuah kertas kerja yang mereplikasi percobaan celah ganda , “Kita yang memaksa elektron untuk mengambil posisi yang pasti. Kita sendiri yang memproduksi hasil pengukuran. “Sekarang, respon umum untuk ini adalah” Bukan kita yang mengukur elektron, itu adalah mesin yang melakukan pengamatan. “Namun sebuah mesin hanyalah perpanjangan dari kesadaran kita. Ini seperti mengatakan “Ini bukan saya yang mengamati perjalanan perahu di seberang danau, itu adalah teropong”. Mesin mengamati segala sesuatu sendiri tidak lebih dari sebuah komputer yang menafsirkan gelombang suara untuk “mendengarkan” untuk sebuah lagu.

Hal ini menyebabkan beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa tanpa kesadaran, alam semesta tidak akan ada, dan hanya ada sebagai lautan potensi kuantum. Dengan kata lain, realitas fisik tidak bisa muncul tanpa subjektivitas. Tanpa kesadaran, tidak ada materi fisik. Ini dikenal sebagai  Prinsip Partisipatif Anthropic, dan pertama kali diusulkan oleh para fisikawan. Pada dasarnya, setiap alam semesta kemungkinan yang bisa kita bayangkan yang tidak memiliki pengamat sadar di dalamnya dapat dikesampingkan. Oleh karena itu kesadaran adalah dasar dari keberadaan dan harus ada sebelum alam semesta fisik. Kesadaran secara harfiah menciptakan dunia fisik.

Temuan ini memberikan implikasi besar mengenai bagaimana kita dapat memahami keterkaitan kita dengan dunia luar. “Kita menciptakan realitas kita” digunakan untuk merujuk pada fakta bahwa pikiran kita menciptakan perspektif yang kita miliki di dunia, tapi kita sekarang memiliki pemahaman yang lebih konkrit dan literal dari kalimat ini. Kita benar-benar menciptakan alam semesta fisik dengan subjektivitas kita.

“Saya menganggap kesadaran sebagai fundamental. Saya menganggap materi sebagai turunan dari kesadaran. Kita tidak bisa mengabaikan kesadaran. Segala sesuatu yang kita bicarakan, segala sesuatu yang kita anggap ada, adalah turunan dari kesadaran “-. Max Planck , pemenang Hadiah Nobel pencetus teori kuantum, seperti dikutip The Observer (25 Januari 1931)

1 comment: