Monday, December 5, 2016

Cinta dan Kebebasan

Oleh : Osho

Kerinduan manusia terbesar adalah kerinduan pada kebebasan. Setiap manusia rindu pada kebebasan. Kebebasan adalah inti penting dari kesadaran manusia: Cinta adalah lingkarannya dan kebebasan adalah pusatnya. Jika keduanya terpenuhi, hidup tidak akan pernah disesali. Dan mereka berdua saling melengkapi bersama, tidak pernah terpisah.

Banyak orang yang telah mencoba untuk mengisi cinta tanpa kebebasan. Lalu cinta itu ternyata membawa lebih banyak kesengsaraan, lebih banyak belenggu. Kemudian cinta menjadi bukanlah apa yang telah diharapkan terjadi, tetapi sebaliknya. Ini menghancurkan semua harapan, dan kehidupan menjadi suatu yang sangat berat dan merusak, seperti meraba-raba dalam kegelapan dan tidak pernah menemukan pintu.

Cinta tanpa kebebasan secara alami cenderung posesif. Dan saat memasuki diri posesif ini, Anda mulai menciptakan belenggu bagi orang lain dan belenggu bagi diri Anda sendiri, karena Anda tidak bisa memiliki seseorang tanpa Anda dikuasai olehnya. Anda tidak dapat membuat seseorang menjadi budak tanpa menjadikan diri Anda budak. Apapun yang Anda lakukan pada orang lain hal sama dilakukan pada diri Anda.

Ini adalah prinsip dasar untuk dipahami, bahwa cinta tanpa kebebasan tidak pernah membawa kebahagiaan.

Dan ada orang-orang yang mencoba sisi ekstrim lain, kebebasan tanpa cinta. Ini adalah para biarawan, yang cenderung menghindar, orang-orang yang meninggalkan keduniawian. Ketakutan akan cinta, ketakutan bahwa itu akan membawa belenggu, mereka meninggalkan semua situasi di mana cinta dapat mengalir, tumbuh, dapat terjadi. Mereka melarikan diri pada kesendirian. Kesepian mereka tidak pernah menjadi kesendirian, tetap kesepian. Dan kesepian adalah keadaan negatif, keadaan benar-benar kosong, sangat menyedihkan.

Seseorang bisa menjadi soliter, tapi itu tidak membawa kesendirian. Mengisolasi hanya kesendirian fisik, menyendiri adalah kesendirian rohani. Jika Anda hanya menginginkan kesendirian. . . . . dan Anda akan mengalaminya jika Anda telah meninggalkan dunia. Jika Anda melarikan diri dari kondisi duniawi karena takut, Anda akan kesepian, dan dunia akan menghantui Anda dan segala macam keinginan yang akan mengelilingi Anda. Anda akan menderita jutaan mimpi buruk, karena apapun yang telah Anda tinggalkan tidak dapat dihilangkan begitu saja dengan mudah.

Penolakan adalah represi dan tidak ada lain lagi. Dan semakin Anda menahan sesuatu, semakin Anda ditekan oleh itu. Dan semakin Anda terus menekan, semakin kuat ia menjadi. Ini akan muncul secara kuat dalam mimpi Anda, akan memuncak dalam halusinasi Anda. Masyarakat yang tinggal di biara-biara mulai berhalusinasi, orang pergi ke gua-gua Himalaya cepat atau lambat tidak lagi berada dalam kontak dengan realitas. Mereka mulai menciptakan realitas mereka sendiri, suatu realitas pribadi, realitas fiktif. . . . . . . . .

Di sisi lain adalah orang-orang yang duniawi, yang telah berusaha untuk menemukan cinta tanpa kebebasan dan telah gagal. Hidupnya tak lebih dari perbudakan panjang terhadap banyak, banyak orang, banyak hal. Dia bahkan tidak bebas bahkan hanya untuk sedikit bergerak. Itu adalah salah satu kegagalan; mayoritas umat manusia saat ini terjebak dalam dua ekstrem itu.

Beberapa keluar dari dunia: melihat penderitaan itu, mereka mulai mencari ekstrem lainnya, kebebasan, moksha, nirwana. Tapi mereka menjadi neurotik, psikotik, mereka mulai hidup dalam mimpi mereka sendiri. Kesepian begitu besar yang membuat seseorang harus menciptakan sesuatu.
Kedua upaya ekstrim tersebut telah gagal. Oleh karena itu manusia berdiri di persimpangan jalan: pergi ke mana? Masa lalu telah gagal total. Semua upaya yang telah kita lakukan di masa lalu terbukti salah, menyebabkan kita menemui jalan buntu. Sekarang ke mana harus pergi? Apa yang harus dilakukan?

Atisha memiliki pesan penting untuk disampaikan kepada Anda. Dan pesan itu adalah pesan dari semua Buddha, semua orang tercerahkan di dunia.  Mereka mengatakan: Cinta dan kebebasan adalah hal yang tidak terpisahkan, Anda tidak dapat memilih. Apakah Anda harus memiliki keduanya, atau Anda harus meninggalkan keduanya. Tapi Anda tidak dapat memilih, Anda tidak dapat memiliki hanya satu.

Cinta adalah lingkarannya, dan kebebasan adalah pusatnya.

Seseorang harus tumbuh dalam keseimbangan dimana cinta dan kebebasan dapat berkembang bersama-sama. Dan itu bisa, karena beberapa individu telah melakukannya. Dan jika itu telah terjadi pada satu individu dalam sejarah, hal itu bisa terjadi pada setiap manusia. Ini adalah potensi Anda, hak asasi Anda.

1 comment: