Saturday, April 24, 2021

Daya Tarik Keabadian: Awal, Akhir, dan Sesudahnya

Dalam Kepenuhan Waktu

Pada akhirnya, dalam kepenuhan waktu, segala yang hidup akan mati. Selama lebih dari tiga miliar tahun, kehidupan — dari bentuk paling sederhana hingga yang paling kompleks — telah tumbuh dan berevolusi di bawah bayang-bayang sabit kematian. Dari laut yang purba hingga daratan luas, dari langit yang dijelajahi oleh sayap-sayap pertama, keberagaman biologis berkembang, namun tak pernah lepas dari keniscayaan akhir. Buku besar kelahiran dan kematian, dengan entri yang tak terhitung banyaknya — lebih banyak dari bintang di galaksi — secara perlahan namun pasti menuju keseimbangan yang dingin dan tak memihak. Hidup adalah misteri, tapi kematian adalah kesimpulan pasti.

Namun kesadaran akan akhir ini — yang datang pasti, seperti senja menyusul siang — tampaknya hanya menjadi milik manusia. Jauh sebelum kita ada, badai menggelegar, gunung berapi meletus, dan gempa mengguncang bumi, memaksa makhluk hidup untuk melarikan diri dalam naluri bertahan hidup. Tapi pelarian itu hanya respons sesaat terhadap ancaman. Sebagian besar makhluk hidup hidup hanya dalam sekejap sekarang. Hanya kita — Anda, saya, dan umat manusia lainnya — yang mampu menoleh ke masa silam, membayangkan masa depan, dan memahami kegelapan yang menanti di ujung jalan.

Dan itu menakutkan. Bukan ketakutan yang membuat kita melompat atau berteriak, melainkan firasat sunyi yang hidup diam-diam dalam diri kita — sebuah kesadaran yang kita pelajari untuk diredam, dijinakkan, bahkan dijadikan lelucon. Namun di bawah lapisan sikap itu, tersembunyi sebuah kenyataan yang mengganggu, sebuah pengetahuan yang oleh William James disebut sebagai “cacing di inti dari semua mata air kesenangan kita.” Kita bekerja dan bermain, bercita-cita dan mencinta, merajut hidup dalam tenunan harapan dan usaha. Tapi semua itu menuju lenyap. Untuk meminjam kelakar Steven Wright: itu cukup untuk membuat kita ketakutan setengah mati — dua kali.

Meski begitu, kebanyakan dari kita memilih untuk tidak terus-menerus memikirkan akhirnya. Demi kewarasan, kita menjalani hari-hari dengan perhatian pada urusan duniawi. Kita menerima bahwa waktu kita terbatas, dan mengarahkan tenaga kita ke hal-hal yang berarti. Namun, kesadaran bahwa waktu itu terbatas tetap hadir, membentuk pilihan-pilihan kita, menentukan arah langkah kita. Seperti yang diungkapkan antropolog Ernest Becker, manusia hidup dalam ketegangan eksistensial: kesadaran kita mampu menjulang seperti da Vinci, Shakespeare, atau Einstein, namun tubuh kita tak bisa lepas dari takdir untuk membusuk dan kembali menjadi debu. “Manusia,” kata Becker, “terbagi dua: ia sadar akan keistimewaannya yang agung, namun ia akan kembali ke tanah, membusuk secara membabi buta dan lenyap selamanya.”

Untuk menghadapi kenyataan ini, kita membangun berbagai bentuk pelarian dan penghiburan. Kita berpegang pada keluarga, komunitas, agama, bangsa — struktur yang dirancang untuk bertahan lebih lama dari hidup individu. Kita menciptakan karya, meninggalkan warisan simbolik sebagai jejak keberadaan. Kita mendambakan keindahan, seperti kata Emerson, “sebagai tempat berlindung dari teror keterbatasan.” Sebagian mengejar keabadian melalui prestasi, kekuasaan, atau kekayaan — seolah-olah itu bisa memberi kekebalan terhadap akhir yang menanti semua manusia.

Selama ribuan tahun, kerinduan akan keabadian melahirkan berbagai keyakinan dan mitos — tentang kehidupan setelah mati, tentang kelahiran kembali, tentang semesta yang tak berujung. Tapi yang membedakan zaman kita adalah kemampuan sains untuk menelusuri bukan hanya asal mula segala sesuatu, hingga ke dentuman besar, tetapi juga menatap ke masa depan dengan ketepatan analitis. Kita mungkin tidak pernah mencapai keabadian, namun ilmu telah menunjukkan bahwa bahkan alam semesta ini pun tidak kekal. Planet dan bintang, galaksi dan lubang hitam — semuanya memiliki umur. Tidak hanya kehidupan individu yang terbatas, tetapi kehidupan itu sendiri pun suatu hari akan lenyap. Bumi, yang Carl Sagan gambarkan sebagai “setitik debu yang tergantung dalam cahaya matahari,” adalah sekuntum bunga kosmik yang akan layu. Debu-debu itu, di dekat maupun jauh, menari sejenak di dalam cahaya sebelum menghilang.

Namun di planet ini, dalam waktu yang singkat ini, kita telah menciptakan sesuatu yang menakjubkan. Dengan akal dan imajinasi, generasi demi generasi membangun di atas pencapaian mereka yang telah pergi, mencoba memahami dari mana kita berasal, ke mana kita menuju, dan mengapa semuanya berarti. Dalam ketidakabadian, kita mencari makna. Dalam kefanaan, kita mencipta keabadian.

Kisah tentang Segalanya

Kita adalah makhluk pencinta cerita. Realitas yang kita temui sehari-hari—baik yang tampak maupun yang tersembunyi—kita bentuk ulang menjadi narasi. Dari pola yang kita temukan, kita rajut makna, dan dari makna kita ciptakan kisah: untuk menjelaskan, menghibur, menggugah, dan menyentuh nurani. Namun, tidak ada satu narasi tunggal yang dapat menjelaskan semuanya. Alih-alih satu buku besar berjudul "Kebenaran", kita punya perpustakaan yang penuh dengan kisah-kisah—masing-masing disusun dengan bahasa, tata istilah, dan perspektifnya sendiri. Ada kisah reduksionis yang membedah realitas hingga ke tingkat terkecil: partikel-partikel subatomik yang menjelaskan mengapa bintang bersinar dan lukisan bisa terwujud. Ada kisah biologis yang merunut bagaimana molekul bermetamorfosis menjadi sel, dan sel membentuk kehidupan. Ada pula kisah neurologis yang menelusuri jaringan saraf, informasi, dan kesadaran hingga menjadi refleksi, mimpi, musik, dan makna.

Setiap kisah ini adalah jendela yang membuka lanskap pemahaman—berbeda, tetapi saling terkait. Kita bisa menelusuri kisah Don Quixote dari puncak sastra hingga ke dasar atom-atom yang menyusun jari Cervantes saat menulisnya. Kita bisa menelusuri karya seni hingga ke fusi bintang yang melahirkan unsur-unsur kimia yang kini menjadi cat dan kanvas. Namun demikian, deskripsi fisika atau biologi semata tidak mampu menggambarkan getirnya ilusi dan keagungan yang dirasakan pembaca Don Quixote. Inilah keindahan dan batas narasi: setiap kisah menyentuh satu sisi kenyataan, dan hanya dalam penggabungan kisah-kisah itu kita bisa mendekati pemahaman yang lebih utuh.

Suatu hari, mungkin, kita akan menjahit semua cerita ini menjadi satu jaringan yang utuh. Mungkin kita akan mampu mengaitkan teori partikel dengan resonansi emosional sebuah patung karya Rodin. Mungkin kita akan menjelaskan bagaimana cahaya yang memantul dari piring bisa menggugah intuisi Richard Feynman dan mengubah dasar pemahaman kita tentang fisika. Mungkin kita akan menyatukan kesadaran dan kosmos, dan memahami bagaimana semesta melahirkan pikiran, dan pikiran memahami semesta. Tapi bahkan sebelum hari itu tiba, kita telah cukup banyak belajar dari narasi-narasi yang telah tersusun—baik yang ilmiah maupun yang imajinatif. Kita bisa menelusuri asal-usulnya, meneliti percabangannya, dan mengakui bahwa dari sana muncullah dua kekuatan utama yang terus menjadi pusat dari setiap cerita: entropi dan evolusi.

Bab berikutnya membawa kita pada pertemuan pertama dengan entropi—gagasan tentang ketidakteraturan yang perlahan meningkat. Namun, jauh dari sekadar kekacauan, entropi memberi kemungkinan bagi struktur dan dinamika. Dalam arus entropik inilah materi mengorganisasi diri menjadi bintang dan galaksi, dan akhirnya menjadi kehidupan. Dan di sinilah kekuatan kedua muncul: evolusi. Evolusi adalah kisah perubahan yang menyaring kemungkinan berdasarkan kesesuaian terhadap lingkungan. Dan yang mengejutkan, seleksi ini mungkin telah dimulai bahkan sebelum makhluk hidup pertama ada—di dunia molekul yang saling bersaing, di mana keberlanjutan dan efisiensi menjadi "fitur" awal sebelum organisme pertama terbentuk.

Selama miliaran tahun, dua kekuatan ini—entropi dan evolusi—membentuk panggung bagi kemunculan makhluk sadar. Kehidupan bukan hanya mampu merespons lingkungan, tetapi juga merefleksikan keberadaannya. Beberapa dari makhluk ini, seperti kita, tidak hanya sadar, tapi juga sadar bahwa ia sadar. Kesadaran diri muncul, dan bersamanya datang pertanyaan mendalam: Apa itu pikiran? Bagaimana kesadaran muncul dari materi? Beberapa peneliti meyakini bahwa pengetahuan mendalam tentang otak suatu hari akan menjawab pertanyaan ini. Yang lain merasa bahwa kita berhadapan dengan misteri terdalam yang menantang batas pemahaman kita tentang realitas itu sendiri.

Namun, apa pun jawabannya, kecanggihan kognitif ini membawa kita pada ledakan cerita yang tak tertandingi. Di antara kelompok pemburu dan peramu, kita mulai menciptakan narasi, membangun budaya, mengembangkan bahasa, merumuskan agama, dan menciptakan seni. Ini menjadi babak baru dari evolusi—bukan sekadar evolusi biologis, tapi evolusi budaya. Cerita menjadi alat bertahan hidup: mereka menyatukan kelompok, mengajarkan nilai, dan meramalkan masa depan. Dalam bab-bab selanjutnya, kita akan menjelajahi bagaimana bahasa berkembang, bagaimana agama muncul sebagai narasi kosmik dan moral, dan bagaimana seni menjadi cermin batin manusia.

Di sepanjang jalan ini, kita akan kembali pada dua cahaya penuntun: evolusi yang membentuk otak kita, dan kesadaran yang membentuk batin kita. Kecenderungan biologis memang memengaruhi cara kita bertindak, tapi bukan berarti kita robot biologis. Pikiran kita tidak hanya mengikuti naluri, tapi juga bisa menimbang, menunda, dan membayangkan.

Dan di sinilah letak puncaknya. Kapasitas untuk membentuk cerita memungkinkan kita melampaui batas waktu. Kita mampu memandang ke masa lalu dan membayangkan masa depan. Kita adalah satu-satunya spesies yang menyadari kefanaan. Dari “aku berpikir, maka aku ada,” kita melangkah ke pemahaman yang lebih pahit: "Aku ada, maka aku akan tiada."

Tapi justru dari pemahaman itulah kita menemukan makna. Dan mungkin, pada akhirnya, cerita-cerita kitalah yang akan tetap hidup.

Deskripsi

Buku terlaris New York Times
 
Dari fisikawan terkenal di dunia dan penulis buku terlaris The Elegant Universe, hadir eksplorasi menawan dari waktu yang dalam dan pencarian manusia akan tujuan
.
"Hanya sedikit manusia yang sama-sama menguasai ilmu pengetahuan kosmologi terbaru dan prosa bahasa Inggris oleh Greene."
- The New York Times (buku penting tahun 2020)
 
Hingga Akhir Waktu adalah penjelajahan baru Brian Greene yang menakjubkan atas kosmos dan pencarian kami untuk menemukan makna di hadapan hamparan luas ini. Greene membawa kita dalam perjalanan dari big bang hingga akhir zaman, mengeksplorasi bagaimana struktur abadi terbentuk, bagaimana kehidupan dan pikiran muncul, dan bagaimana kita bergulat dengan keberadaan kita melalui narasi, mitos, agama, ekspresi kreatif, sains, pencarian untuk kebenaran, dan kerinduan yang dalam akan yang kekal. Dari partikel hingga planet, kesadaran hingga kreativitas, materi hingga makna — Brian Greene memungkinkan kita semua untuk memahami dan menghargai momen kita yang singkat namun sangat indah di alam semesta.
 
Ulasan Amazon.com
 
Pilihan editor: Dibutuhkan pendongeng untuk menjelaskan sains, dan hanya sedikit yang berbakat seperti Brian Greene. Ada keajaiban nyata dalam uraiannya tentang pembentukan galaksi dan planet, dan kehidupan yang berkembang setelah itu. Itu semua adalah bagian dari momen sekilas di kosmos — momen yang pada akhirnya akan berakhir — namun Greene menemukan makna dan optimisme dalam segala hal di sekitar kita. " —Chris Schluep, Editor Amazon
 
Ulasan
 
“Bacaan yang bagus dan menyegarkan. . . [Greene] menyebarkan jalinan pemahaman kita saat ini, dengan cekatan mengurai lalu menjalin ilmu tentang segala hal mulai dari lubang hitam hingga kuanta hingga DNA, menelusuri bagaimana materi membuat pikiran membuat imajinasi, menyelidiki tarikan keabadian dan mendongeng serta yang agung. ”
Maria Popova, Brain Pickings
 
“Sampai Akhir Zaman adalah ensiklopedis dalam ambisi dan pengetahuannya, seringkali memilukan hati. . . Surat cinta untuk momen kosmik yang fana ketika segala sesuatunya mungkin. "
Dennis Overbye, Ulasan Buku The New York Times 
 
“Berambisi dan sangat mudah dibaca. . . [Greene] merangkai cerita pribadi, ide ilmiah, konsep, dan fakta menjadi permadani yang menarik. . . Hal yang luar biasa tentang buku Pak Greene adalah bagaimana dia menyelidiki pertanyaan-pertanyaan mendalam yang tidak hanya memiliki jawaban sederhana tetapi mungkin tidak pernah diselesaikan sama sekali. ”
Priyamvada Natarajan , The Wall Street Journal
 
"[Greene] mengatakan semuanya dengan semangat, antusiasme yang begitu kuat, sehingga jika dia mengatakan kepada Anda bahwa seluruh alam semesta yang dingin dan amoral akan berakhir besok Anda akan berguling dengannya seperti yang dia lakukan — seperti satu bab yang lebih dramatis dalam kisah yang luar biasa di mana kita semua memiliki peran yang berharga jika hanya sesaat. " - Waktu
"Bacaan yang menarik ... Asal mula materi, kehidupan dan kesadaran, dan nasib mengerikan mereka, ditata di sini dengan kejelasan yang elegan. Jika Anda ingin tahu bagaimana segala sesuatu sampai di sini dan ke mana perginya, bacalah buku ini." - The Sunday Times (London)
 
"Luar biasa ... Gaya prosa [Greene] adalah salah satu novelis mana pun yang akan membuat iri ... [Dia] menelusuri busur yang luar biasa melalui hampir semua hal: sebuah usaha yang mendebarkan, sekaligus menakutkan dan menghibur ." - The Irish Times
 
"Greene menulis dengan indah." - The Courier-Mail (Brisbane)
 
“Ada kegembiraan yang luar biasa dalam menyaksikan pikiran yang brilian dan ingin tahu bergumul dengan masalah yang begitu mendalam. [Greene] membawa pembaca dalam perjalanan yang luar biasa.”
John Keogh, Daftar Buku
 
“Dikemas dengan ide-ide. . . Ada gaung filsuf Henry David Thoreau dalam kisah Greene tentang berbaring di malam hari, terpesona oleh aurora borealis. Dan pernyataan penulis esai Ralph Waldo Emerson bahwa "hukum luhur bermain secara acuh tak acuh melalui atom dan galaksi" hampir bisa menjadi prasasti buku ini. Kualitas seperti itu mengangkat pekerjaan ini di atas banyak kisah tentang kisah kosmik. "
Philip Ball, Nature
 
“[Greene] menjalin permadani yang kaya tentang teori dan perspektif saat dia menavigasi ruang dan waktu. . . Tentu saja, Sampai Akhir Zaman tidak bisa memberikan semua jawaban. Tetapi Anda akan kesulitan menemukan buku lain yang berupaya melakukannya dengan kejelasan dan makna yang sama. ”
- Gege Li, Ilmuwan Baru
 
"Brian Greene adalah ahli dalam menjelaskan hukum fisika." - Journal Inquirer (Connecticut)
 
"Selain menawarkan penjelasan yang jelas dan rinci tentang sains di balik big bang, perkembangan kosmos, munculnya kehidupan dan kesadaran manusia, dan kepunahan kosmos yang tak terelakkan, risalah Greene dimotivasi oleh pencarian pribadi untuk ketenangan hati. " - The Guardian
"Mind-bending" —GeekWire
 
"Kalimat demi kalimat, Greene adalah guru yang luar biasa ... Ketika jam saat ini semakin membebani ... adalah kegembiraan untuk bolak-balik melewati ribuan tahun. Anda ingat betapa sangat kecilnya saat ini sebenarnya adalah, dan bahwa setiap detik kita bisa hidup di planet ini adalah hadiah yang luar biasa. " —Anthony Doerr, penulis All the Light We Cannot See
 
"Greene adalah seorang penulis yang elegan dan fasih ... ditulis dengan indah ... Sebuah eksplorasi yang penuh energi dan menarik tentang asal-usul dan akhiran." - The Providence Journal
 
“Dapat diakses dan mencerahkan. . . Pembaca yang penasaran. . . akan sangat dihargai oleh eksplorasi menarik [Greene]."
- Publishers Weekly (ulasan berbintang)
 
“Menarik. . . Sejarah berwawasan tentang segala sesuatu yang menyederhanakan subjek rumitnya sebanyak mungkin tetapi tidak lebih dari itu. "
- Kirkus
 
Tentang Penulis
 
BRIAN GREENE adalah profesor fisika dan matematika dan direktur Pusat Fisika Teoretis Universitas Columbia dan terkenal karena penemuan terobosannya dalam teori superstring. Dia adalah penulis The Elegant Universe, The Fabric of the Cosmos, dan The Hidden Reality, yang secara kolektif telah menghabiskan enam puluh lima minggu di daftar buku terlaris The New York Times dan terjual lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia, dan dia telah menjadi pembawa acara. dua miniseri NOVA pemenang Penghargaan Peabody dan Emmy berdasarkan buku-bukunya. Dengan produser Tracy Day, Greene menjadi salah satu pendiri Festival Sains Dunia. Dia tinggal di New York.

No comments:

Post a Comment