Monday, May 21, 2018

CERITA RAMAKRISHNA DAN KESHAV CHANDRA SEN

Ramakrishna hidup tepat di akhir abad kesembilan belas ... orang yang begitu polos. Dan salah satu dari orang-orang yang sangat terpelajar, seorang ilmuwan besar - mungkin ilmuwan terbesar pada masa itu - adalah Keshav Chandra Sen. Mereka berdua tinggal sangat dekat; Keshav Chandra tinggal di Kolkata dan Ramakrishna tinggal di luar Kolkata di tepi sungai Gangga, sebagai imam di sebuah kuil kecil di Dakshineshwar.

Keshav Chandra dihormati di seluruh negeri karena kebijaksanaannya, karena pengetahuannya, karena rasionalitasnya yang luar biasa, intelektualitasnya, kefasihannya atas kitab suci dan ketajaman logisnya. Orang-orang dari seluruh penjuru negeri biasa datang untuk duduk di kakinya.

Tapi perlahan-lahan dia menjadi sangat bingung: orang-orang yang telah mendengarkannya selama bertahun-tahun mulai pergi ke Dakshineshwar untuk duduk di kaki Ramakrishna, yang tidak berpendidikan, yang tidak memiliki pengetahuan apa pun tentang kitab suci mana pun, yang tidak dapat disebut dalam bidang mana pun sebagai orang yang berpengetahuan. Dia tidak bisa berdebat, tidak bisa meyakinkan siapa pun tentang apa pun.

Tapi apa yang sedang terjadi? Keshav Chandra merasa bingung karena orang-orang yang telah bersamanya selama bertahun-tahun perlahan-lahan menghilang dari pertemuannya dan pergi ke pertemuan Ramakrishna. Dan informasi apa pun yang dia dapatkan tentang Ramakrishna hanya menunjukkan kepadanya bahwa Ramakrishna tampaknya setengah gila - tiba-tiba dia mulai menari, bernyanyi; Hanya dengan mendengarkan lagu yang indah, dia masuk ke dalam samadhi. Berjam-jam, dia tersesat entah di mana; engkau bahkan tidak bisa membangunkannya, dia telah pergi begitu dalam ke dalam dirinya. Itu bukan tidur biasa, itu hampir seperti koma.

Suatu kali Ramakrishna berada dalam keadaan seperti itu selama enam hari terus menerus. Setiap usaha dilakukan untuk membangunkannya, tapi semua usahanya gagal. Dan akhirnya ketika dia terbangun, hal pertama yang dia katakan, dengan air mata di matanya, adalah, "Mengapa kalian memaksaku untuk bangun? Aku sedang menikmati diriku sendiri dengan begitu dalamnya, dan engkau terus menarikku ke dunia luar, di mana tidak ada apa-apanya. Aku telah mengetahui segalanya, aku telah mengalami segalanya dan menemukan bahwa hal itu tidak dapat memberiku kedamaian abadi atau kebahagiaan abadi atau realisasi diriku sendiri. Jadi, kapan pun aku masuk ke dalam diriku, tolong, jangan menggangguku." Tentu pengikutnya menjadi sangat prihatin; enam hari itu terlalu lama, dan dia tinggal di dalam koma.

Semua laporan yang sampai ke Keshav Chandra membuktikan bahwa pria ini histeris, aneh, gila. Tetapi orang-orang yang dulu datang kepadanya adalah intelektual, profesor, fasih dalam kitab suci. Mengapa mereka beralih kepada Ramakrishna?

Akhirnya, dia harus memutuskan untuk pergi dan menemui pria ini. Tidak hanya untuk melihat, tapi untuk menantangnya berdebat.

Dia memberitahu Ramakrishna, "Aku datang pada tanggal sekian. Bersiaplah, karena aku akan menantangmu untuk berdiskusi denganku hal-hal yang paling penting."

Ramakrishna tertawa. Dia berkata, "Itu akan sangat menyenangkan untuk bertemu dengan Keshav Chandra. Dia adalah seorang raksasa intelektual dan dia tidak mengenal siapa yang dia tantang. Tapi biarlah dia datang, ini adalah alasan yang bagus. Aku akan menerima tantangannya."

Murid-muridnya berkata, "Tapi ini akan sangat memalukan. Dia akan membawa semua pengikutnya, dan di depan semua orang ini ... kami tahu engkau tidak dapat berdebat - engkau tidak pernah berdebat seumur hidupmu."

Tapi apa yang Ramakrishna katakan adalah sesuatu yang harus diingat selamanya. Dia berkata, "Aku tidak berdebat karena aku adalah argumennya. Biarkan dia datang. Aku tidak tahu kitab suci, aku tidak perlu mengetahuinya. Aku tahu yang sebenarnya - mengapa aku harus peduli tentang pengetahuan pinjaman? Aku tidak memiliki pendidikan, aku tidak tahu bagaimana membuktikan sesuatu atau menyangkal sesuatu, tapi aku tidak perlu tahu - keberadaanku adalah buktinya. Biarkan saja dia datang."

Para murid mejadi takut karena mereka tidak dapat mengerti bahwa Keshav Chandra akan menerima keberadaan Ramakrishna sebagai sebuah argumen. Dan Keshav Chandra datang. Ramakrishna memeluknya - dia tidak menduga Ramakrishna akan keluar dari kuilnya dan memeluknya - dan membawanya ke dalam.

Dia berkata, "Aku sangat bersyukur bahwa engkau datang, aku telah menunggu begitu lamanya. Kapan pun engkau merasa ingin menantangku, engkau bisa datang. Kapan pun engkau merasakan dorongan untuk berdebat, engkau bisa datang. Aku selalu tersedia, tidak perlu untuk membuat janji, aku ada dua puluh empat jam di kuil ini. Engkau bisa datang siang atau malam, kapan pun. "
Keshav Chandra menjauhkan dirinya, tapi ia merasa itu sangat sulit: pria ini sangat penuh kasih, getarannya begitu menyentuh. Dan Ramakrishna berkata, "Pertama-tama, sebelum engkau memulai argumenmu, untuk menyambutmu, aku akan menari." Dan dia memiliki pemusiknya di sana yang mulai bermain drum, dan Ramakrishna mulai menari.

Keshav Chandra tidak bisa mempercayainya, pengikutnya tidak bisa mempercayainya. Dia telah menantang banyak orang, dia telah berdebat di seantero negeri dengan para ilmuwan hebat dan mengalahkan mereka, tapi dia belum pernah melihat pria seperti itu, yang menyambutnya dengan sebuah tarian. Dan tariannya begitu indah - bukan tarian seorang ahli, itu adalah tarian dari cinta yang meluap. Itu tidak kaku, penyambutannya bukan hanya sopan santun belaka; Bahkan Keshav Chandra pun bisa merasakan bahwa pria itu tulus.

Setelah menari Ramakrishna berkata, "Sekarang engkau bisa memulainya." Dan Keshav Chandra berkata, "Pertama, aku ingin engkau membuktikan keberadaan Tuhan."

Ramakrishna tertawa. Dia berkata, "Keberadaan Tuhan? Engkau adalah buktinya. Jika tidak, dari mana kecerdasan hebat semacam itu datang? Itu pasti berasal dari semesta, dan jika semesta bisa menciptakan Keshav Chandra itu berarti semesta bukan tidak sadar, ia bukan tidak cerdas. Itulah apa yang kita maksud dengan Tuhan: bahwa semesta itu tidak hanya peduli. Engkau adalah buktinya. Itu aneh kalau engkau meminta buktinya dan engkau tidak tahu bahwa engkau adalah buktinya. Aku dapat membawa siapa pun kehadapanmu sebagai bukti bahwa semesta itu cerdas. Itulah yang kami maksud dengan Tuhan: bahwa semesta bukan tanpa kesadaran."

Pengikut Keshav Chandra tidak percaya bahwa mereka melihat Keshav Chandra sangat terkejut untuk pertama kalinya. Dia terdiam, dia tidak dapat menemukan apa yang harus dikatakan. Murid-murid Ramakrishna juga terkejut. Mereka berkata, "Ya Tuhan, kami selalu berpikir: "Bagaimana orang yang malang ini akan berdebat?" Tapi dia telah membungkamnya tanpa banyak masalah, tidak ada kitab suci yang dikutip – tanpa apa pun. Keshav Chandra sendiri telah membuat argumen melawan dirinya sendiri."

Dan setiap kali Keshav Chandra mengatakan sesuatu, Ramakrishna akan bertepuk tangan - persis seperti anak kecil. Dan Keshav Chandra mengatakan hal-hal yang melawannya! Murid-murid berpikir, "Keshav Chandra akan mengira Ramakrishna itu gila. Dia tidak akan bisa mengerti:"Aku sedang membantahnya, dan dia bertepuk tangan dengan sukacita?"

Dan di tengah-tengah percakapan itu Ramakrishna berdiri dan memeluk Keshav Chandra lagi dan berkata, "Itu benar-benar hal yang indah. Aku menyukainya, lanjutkan saja." Sukacita, cintanya, ketenangannya yang tak terganggu menjadi kemenangannya, tanpa argumen apa pun.

Keshav Chandra menjatuhkan diri di kaki Ramakrishna dan berkata, "Maafkan aku, aku memiliki gagasan yang sangat salah tentang dirimu."

Ramakrishna berkata, "Apa yang engkau lakukan? Engkau adalah orang yang berpengetahuan, aku orang yang bodoh - begitu bodoh, begitu tidak berpendidikan, aku bahkan tidak bisa menulis namaku sendiri. Aku mengenal diriku sendiri tapi aku tidak bisa menulis namaku sendiri, aku tidak bisa membaca apa pun. Apa yang engkau lakukan?"

Dan Keshav Chandra menjadi salah satu pecinta besar dari Ramakrishna. Dan Ramakrishna tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan apa pun, maupun dia tidak memiliki pertanyaan apa pun. Tapi kepolosan Ramakrishna menyentuh banyak orang dan mengubah banyak orang. Hanya cintanya adalah proses alkimia yang hebat.

OSHO ~ The New Dawn, Chpt 5

Sumber: OSHO FB

No comments:

Post a Comment