Saturday, May 26, 2018

Dalai Lama Menjelaskan Hubungan antara Fisika Kuantum dan Spiritualitas

Kalee Brown December 28, 2017
“Secara umum, meskipun ada beberapa perbedaan, saya pikir filsafat Buddha dan mekanika kuantum dapat sepakat mengenai pandangan dunia. Kita dapat lihat dalam contoh-contoh besar buah dari pemikiran manusia. Terlepas dari kekaguman kita pada pemikir besar ini, kita tidak harus kehilangan pandangan terhadap realitas bahwa mereka adalah manusia sama seperti kita.”
Dalam waktu yang cukup lama, ilmu pengetahuan dan spiritualitas dianggap sebagai dua buah pandangan yang saling berlawanan, yang menciptakan polarisasi dari kedua subjek ini. Anda adalah “Man of God” atau “Man of Science,” dengan tidak ada jalan tengah. Namun, kita sekarang sedang mengamati penggabungan ilmu pengetahuan dan spiritualitas melalui fisika kuantum dan studi kesadaran, yang menghancurkan pola pikir lama dan mengakhiri “kelemahan” sebelumnya diantara dua subjek ini.

Fisika kuantum telah memverifikasi apa yang umat Buddha dan praktisi spiritual lainnya telah katakan selama bertahun-tahun, yang membantu orang untuk menerima sifat spiritual mereka. Kita pada dasarnya terhubung ke segala sesuatu di sekitar kita, dan ilmu pengetahuan akhirnya akan membuktikannya. Namun demikian, masih ada hawa dualistik yang mengitari ilmu pengetahuan dan spiritualitas: Anda memiliki orang-orang religius yang menyangkal fakta ilmiah dan ilmuwan yang mengidentifikasi diri mereka sendiri sebagai ateis. Namun, kita saat ini secara bersamaan melihat penggabungan dari dua pandangan ini, dan itu benar-benar indah.

Banyak tokoh agama dan ilmuwan telah mengenali keterkaitan antara spiritualitas dan komunitas ilmiah, termasuk Dalai Lama. Dalai Lama telah berbicara dalam berbagai kesempatan tentang kesamaan antara fisika kuantum dan spiritualitas. Ia bahkan pernah menghadiri sebuah konferensi tentang fisika kuantum dan menyampaikan pidato tentang subjek tersebut.

Dalai Lama menghadiri konferensi di fisika kuantum dan Madhyamaka Filosofis View

Pada November tahun 2015, Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke 14, menghadiri konferensi dua hari tentang fisika kuantum dan filsafat Madhyamaka di New Delhi. Madhyamaka diterjemahkan menjadi “dia yang berada ke tengah” atau “jalan tengah” dan milik sekolah pemikiran Mahayana dalam Buddhisme, yang dikembangkan oleh filsuf Buddha India Nagarjuna pada abad kedua.

Konferensi ini mengeksplorasi berbagai topik yang berkaitan dengan kesadaran manusia, ilmu pengetahuan dan ajaran Buddha dan termasuk sebuah panel ahli, fisikawan dan ilmuwan monastik. Dalai Lama adalah salah satu pembicara, dan menurut dia, menyatukan ilmu pengetahuan dan filsafat agama mungkin penting untuk masa depan spesies kita.

“Saya berharap konferensi seperti ini dapat mengatasi dua tujuan: memperluas pengetahuan dan meningkatkan pandangan kita tentang realitas sehingga kita dapat mengatasi perasaan-perasaan emosi yang mengganggu kita dengan lebih baik,” Dalai Lama berkata. ” Pada awal kehidupan saya, ilmu pengetahuan digunakan untuk pengembangan materi dan pembangunan ekonomi. Kemudian di abad ke-20, para ilmuwan mulai melihat bahwa ketenangan pikiran adalah penting untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan… Sebagai hasil dari menggabungkan kelembutan hati dengan kecerdasan, saya berharap kita akan dilengkapi lebih baik untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan manusia.”

Dalai Lama juga menjelaskan bagaimana ia pertama kali belajar tentang fisika kuantum:

Ketika saya masih berusia sekitar 19 atau 20 saya mengembangkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan yang telah dimulai dengan minat dalam hal mekanik dan bagaimana mereka bekerja. Di Cina di tahun 1954/5 saya bertemu Mao Zedong beberapa kali. Ia memerintahkan saya untuk memiliki pikiran ilmiah, dan menambahkan bahwa agama adalah racun, dia mungkin menganggap bahwa ini akan menarik seseorang yang ‘ berpikiran ilmiah ‘. Setelah datang ke India sebagai pengungsi saya punya banyak kesempatan untuk bertemu orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk ilmuwan. 30 tahun yang lalu saya memulai serangkaian dialog yang berfokus pada kosmologi, neurobiologi, fisika, fisika kuantum, dan psikologi. Diskusi ini sebagian besar saling menguntungkan. Para ilmuwan telah belajar lebih lanjut tentang pikiran dan emosi, sementara kita telah mendapat penjelasan tentang realitas materi yang lebih halus.

Mungkin bagian yang paling menarik dari kutipan ini adalah fakta bahwa Dalai Lama menafsirkan kata-kata kasar Zedong terhadap agama sebagai agak menarik bagi seseorang dengan “pikiran ilmiah.” Ia berbicara tentang sistem kepercayaan Sains dan agama yang saling bertolak belakang. Jika Anda adalah seorang ilmuwan, hampir dianggap sebagai umum untuk membuat lelucon tentang agama, dan juga sebaliknya, dan itu masih berlangsung hingga hari ini.

Ia melanjutkan:

Sekitar 15-20 tahun yang lalu pada beberapa pertemuan, fisikawan India Raja Ramanna mengatakan kepada saya bahwa ia telah membaca kitab Nagarjuna dan bahwa ia kagum menemukan bahwa banyak dari isi kitab itu yang sejalan dengan apa yang dia fahami dari fisika kuantum. Setahun yang lalu di kepresidenan College di Kolkata Wakil Kanselir Prof S Bhattacharya menyebutkan bahwa menurut fisika kuantum tidak ada yang nyata secara obyektif, yang lagi menurut saya sesuai dengan pandangan Chittamatrin dan Madhyamaka, khususnya Nagarjuna’s pendapat bahwa hal-hal hanya terlihat nyata berdasarkan pengamatan.

Apa yang Dalai Lama akui adalah bahwa pengetahuan kuno dalam naskah-naskah Buddha ini sekarang terbukti dengan fisika kuantum. Fisikawan sesungguhnya merealisasikan teks-teks yang sudah dinyatakan berabad-abad yang lalu, tapi baru sekarang dapat diverifikasi oleh ilmu pengetahuan yang lebih modern.

Dalai Lama mengakhiri sambutannya dengan menantang kita untuk mengambil tindakan:

Sekarang ketika kita melihat hal-hal menyedihkan yang terjadi di dunia, tangisan dan doa tidak mencapai banyak hal… Meskipun kami mungkin cenderung untuk berdoa kepada Tuhan atau Buddha guna membantu kami menyelesaikan masalah tersebut, mereka mungkin menjawab bahwa karena kamilah yang menciptakan masalah ini, maka terserah kita untuk menyelesaikannya. Sebagian besar masalah ini diciptakan oleh manusia, jadi tentu saja mereka membutuhkan solusi manusia. Kita perlu mengambil pendekatan sekuler untuk mengajarkan nilai-nilai manusia yang universal. Arti bahwa sifat dasar manusia positif adalah sumber harapan… Jika kita benar-benar bisa melakukan upaya, kita dapat mengubah dunia menjadi lebih baik.

Kata-kata terakhir ini memiliki efek yang sangat serius, walaupun saya percaya bahwa melalui doa dan niat kita dapat mencapai hal-hal besar. Kekuatan pikiran adalah kuat, dan ilmu pengetahuan sekarang ini telah membuktikan hal itu. Namun, tindakan adalah sama pentingnya.

Apa sebenarnya fisika kuantum itu?

Fisikawan kuantum menemukan bahwa atom-atom fisik sesungguhnya terdiri dari pusaran energi yang terus-menerus berputar dan bergetar, masing-masing memancarkan tanda tangan energi unik tersendiri. Oleh karena itu, jika kita benar-benar ingin untuk mengamati diri kita sendiri dan mencari tahu apakah kita, kita harus mengenali bahwa kita sesungguhnya adalah makhluk energi dan getaran, yang memancarkan tanda tangan energi unik kita sendiri.

Jika Anda mengamati komposisi atom dengan mikroskop, Anda akan melihat seperti tornado pusaran kecil, tidak terlihat, dengan sejumlah pusaran energy yang jauh kecil yang disebut kuark dan foton. Ini adalah yang membentuk struktur atom. Jika Anda berfokus lebih dekat pada struktur atom, Anda tidak akan melihat apa-apa, kekosongan harfiah. Atom tidak memiliki struktur fisik, dengan demikian struktur fisik kita tidak ada, dan hal-hal fisik sesungguhnya tidak memiliki struktur fisik apapun! Atom terbuat dari energi tak kasat mata, materi tidak berwujud.

Dari sini, para ilmuwan telah membuat segala macam penemuan, termasuk bahwa kita menciptakan realitas kita sendiri.

“Kesimpulan yang mendasar dari fisika baru ini juga mengakui bahwa pengamat menciptakan realitas. Sebagai pengamat, kita secara pribadi terlibat dengan penciptaan realitas kita sendiri. Fisikawan terpaksa untuk mengakui bahwa alam semesta adalah konstruksi “mental”. Perintis fisikawan Sir James Jeans menulis: “aliran pengetahuan sedang menuju ke arah realitas non-mechanical; alam semesta mulai terlihat lebih seperti pemikiran besar daripada seperti mesin besar. Pikiran tampaknya tidak lagi dianggap penyusup yang disengaja ke dalam dunia materi, kita seharusnya menganggap pikiran sebagai pencipta dan mengatur realitas materi.”

-R. C. Henry, “alam semesta Mental”;

Fisika kuantum juga menunjukkan bahwa kita dapat mengubah masa lalu, bahwa waktu adalah ilusi, dan bahwa ada kehidupan setelah kematian. Mekanika kuantum pada dasarnya adalah ilmu tentang kesadaran dan spiritualitas, ia membuktikan betapa terhubung kita akan segala sesuatu dalam keberadaan, yang semua adalah ilusi.

“Atom-atom dari tubuh kita bisa dilacak ke bintang-bintang yang diproduksi di inti mereka dan bahan-bahan ini kemudian meledak di seluruh galaksi kita, miliaran tahun yang lalu. Untuk alasan ini, kita secara biologis terhubung ke setiap materi hidup di dunia. Kita secara kimiawi terhubung ke semua molekul di bumi. Dan kita atomically terhubung ke semua atom di alam semesta. Kita tidak secara kiasan, tetapi secara harfiah adalah debu bintang/ stardust.”

 Neil deGrasse Tyson

No comments:

Post a Comment