Sunday, October 17, 2021

Bagaimana Pandangan Zen terhadap Kematian?

Tertawa. Ya, tertawa adalah sikap Zen terhadap kematian dan terhadap kehidupan juga, karena kehidupan dan kematian tidak terpisahkan. Apapun sikap Anda terhadap kehidupan adalah sikap Anda terhadap kematian, karena kematian datang seperti mekarnya bunga di akhir kehidupan. Kehidupan hadir untuk kematian. Kehidupan hadir melalui kematian. Tanpa kematian tidak akan ada kehidupan sama sekali. Kematian bukanlah akhir tetapi puncak. Kematian bukanlah musuh, ia adalah teman. Ia membuat kehidupan menjadi mungkin.
 
Jadi sikap Zen tentang kematian adalah persis sama seperti sikap Zen terhadap kehidupan-yaitu dengan tertawa, sukacita, perayaan. Dan jika Anda sudah bisa tertawa pada kematian, saat kematian, Anda terbebas dari semua. Maka Anda adalah kebebasan. Jika Anda tidak bisa menertawakan kematian Anda tidak akan bisa tertawa terhadap kehidupan karena kematian akan selalu datang. Setiap tindakan dalam kehidupan, setiap pengalaman dalam kehidupan, membawa kematian lebih dekat. Setiap momen yang Anda jalani, membawa lebih dekat dengan kematian. Jika Anda tidak bisa tertawa dengan kematian, bagaimana Anda bisa tertawa pada kehidupan dan di dalam kehidupan?
 
Tetapi ada perbedaan antara umat Buddha Zen dan agama-agama lain. Agama lain tidak sedalam itu: agama lain juga mengatakan bahwa Anda tidak perlu takut terhadap kematian karena jiwa adalah abadi. Tapi dalam gagasan tentang kekekalan jiwa, pikiran Anda akan mencari keabadian dan tidak ada yang lain. Dengan gagasan tentang keabadian, Anda menolak kematian, Anda mengatakan bahwa kematian tidak ada. Anda berkata, “Jadi, mengapa harus takut"? Tidak ada kematian. Aku akan terus hidup-jika tidak sebagai tubuh ini, saya akan terus hidup sebagai jiwa. Esensi saya akan terus hidup. Jadi mengapa takut akan kematian? Kematian tidak akan menghancurkan saya. Aku akan tetap hidup, saya akan bertahan, saya akan melanjutkan hidup.”Agama-agama lain berkompromi dengan keinginan Anda untuk tetap ada selamanya, mereka memberikan penghiburan". Mereka berkata, “Jangan khawatir. Anda akan berada di beberapa tubuh lainnya, dalam bentuk lain, tetapi Anda terus hidup.” Hal ini tampaknya menjadi melekat.
 
Tapi pendekatan Zen terhadap kematian benar-benar berbeda, sangat mendalam. Agama-agama lain mengatakan untuk tidak mengkhawatirkan tentang kematian, untuk tidak takut, karena jiwa adalah abadi. Zen mengatakan: tidak ada kematian karena tidak ada yang mati. Lihat perbedaan-tidak ada yang mati. Diri tidak ada, sehingga kematian tidak dapat mengambil apa pun dari Anda. Hidup tidak bisa memberikan apa-apa dan kematian tidak dapat mengambil apa pun. Tidak ada tujuan dalam kehidupan dan tidak ada tujuan dalam kematian. Tidak ada kematian. Agama-agama lain mengatakan kamu tidak akan mati jadi jangan khawatir tentang kematian. Zen mengatakan: Anda tidak eksis - pada apakah Anda khawatir? Tidak ada yang nyata dalam kehidupan dan tidak ada yang nyata dalam kematian; Anda adalah murni kekosongan. Tidak ada apa-apa.
Kematian adalah bagian organik, bagian integral dari kehidupan, dan itu sangat erat terkait dengan kehidupan. Tanpa itu tidak bisa ada kehidupan. Kehidupan ada karena kematian; kematian memberikan latar belakang. Kematian adalah, pada realitasnya, proses pembaharuan. Dan kematian juga terjadi setiap saat, seperti halnya kehidupan, karena pembaruan diperlukan setiap saat. Saat Anda menghembuskan napas dan saat Anda menarik napas, keduanya terjadi. Menarik napas, kehidupan terjadi; mengeluarkan napas, kematian terjadi. Itulah sebabnya ketika seorang anak dilahirkan yang pertama yang dilakukannya adalah menghirup udara, kemudian ia mulai hidup. Dan ketika orang tua sedang sekarat, hal terakhir yang dilakukannya adalah bernapas, maka kehidupan berangkat. Napas keluar adalah kematian, menarik napas adalah kehidupan- dan keduanya seperti dua roda gerobak. Anda hidup dengan menarik napas sebanyak Anda butuhkan untuk hidup. Mengeluarkan napas adalah bagian dari pengambilan napas. Anda tidak dapat menarik napas jika Anda berhenti mengeluarkan napas. Anda tidak bisa hidup jika Anda berhenti mati. Orang yang telah memahami tentang kehidupan akan memungkinkan kematian terjadi; Dia menyambut itu. Ia meninggal setiap saat dan setiap saat Dia dibangkitkan. Penyaliban dan kebangkitan-Nya terus-menerus terjadi sebagai suatu proses. Ia mati terhadap masa lalu setiap saat dan dia lahir lagi dan lagi di masa depan.
 
Jika Anda melihat ke dalam kehidupan Anda akan dapat memahami apa itu kematian. Jika Anda memahami apa itu kematian, hanya dengan itu maka Anda dapat memahami apa itu kehidupan. Keduanya adalah organik. Biasanya, karena rasa takut, kita telah menciptakan sebuah pemisahan. Kita berpikir bahwa kehidupan adalah baik dan kematian adalah buruk. Kita berpikir bahwa kehidupan adalah sesuatu yang diinginkan dan kematian harus dihindari. Kita berpikir entah bagaimana kita harus melindungi diri terhadap kematian. Ide absurd ini menciptakan penderitaan yang tak berujung dalam kehidupan kita, karena orang akan melindungi dirinya sendiri terhadap kematian sehngga tidak mampu menjalani kehidupan. Ia adalah orang yang takut mengembuskan napas, maka ia tidak bisa menghirup napas; kemudian ia terjebak. Kemudian ia hanya menyumbat; hidupnya tidak lagi berupa aliran, kehidupannya adalah tidak lagi seperti sebuah sungai.
 
Jika Anda benar-benar ingin hidup Anda harus siap untuk mati. Siapa bagian diri Anda yang takut pada kematian? Apakah kehidupan yang takut akan kematian? Hal ini tidak mungkin. Bagaimana kehidupan dapat takut pada proses integral mereka sendiri? Ada sesuatu yang lain yang merasa takut. Itu adalah ego Anda. Kehidupan dan kematian bukan sesuatu yang berlawanan; ego dan kematian itu yang berlawanan. Kehidupan dan kematian tidak berlawanan; ego dan kehidupan itu yang berlawanan. Ego berlawanan terhadap kehidupan dan kematian. Ego takut pada kehidupan dan ego takut pada kematian. Ia sangat takut pada kehidupan karena setiap usaha, setiap langkah menuju kehidupan, membawa lebih dekat pada kematian.
Jika Anda semakin mendekati kematian. Ego akan takut pada kematian, karena itu ia juga takut pada kehidupan juga. Ego hanya menyeret keduanya.
 
Ada banyak orang yang tidak hidup maupun mati. Ini lebih buruk daripada apa pun. Seorang yang benar-benar menjalani kehidupan sepenuhnya sama halnya menjalani kematian sepenuhnya. Itulah maksud Yesus ketika berada di kayu salib. Ini tidak benar-benar difahami oleh banyak orang ketika Yesus membawa salibnya sendiri. Dan dia mengatakan kepada murid-muridnya, “Anda harus memikul salib sendiri.” Arti dari Yesus membawa salibnya sendiri sangat sederhana: setiap orang harus membawa kematiannya terus-menerus, semua orang harus mati setiap saat, setiap orang harus disalibkan karena itulah satu-satunya cara untuk hidup sepenuhnya, secara total.
 
Setiap kali Anda datang ke saat total gairah kehidupan, tiba-tiba Anda akan melihat kematian ada disana juga. Dalam Cinta itu juga terjadi. Dalam Cinta, kehidupan menjadi klimaks – kemudian orang tersebut takut terhadap cinta.
 
Saya telah dikejutkan oleh orang-orang yang datang kepada saya dan mengatakan mereka takut kepada cinta. Apa itu takut terhadap cinta? -karena ketika Anda benar-benar mencintai seseorang, ego Anda mulai ikut terlibat. Anda tidak bisa mengasihi dengan ego; ego menjadi penghalang. Dan ketika Anda ingin menjatuhkan penghalang itu, ego akan berkata, “ini akan menjadi kematian. Berhati-hatilah!”
 
Kematian ego bukanlah kematian Anda. Kematian ego sesungguhnya memungkinkan Anda untuk hidup. Ego adalah penghalang keras di sekitar Anda, itu harus dirusak dan dibuang. Itu akan terjadi secara alami hanya ketika seorang pejalan yang sepanjang perjalanan mengumpulkan debu pada pakaiannya, pada tubuh-nya, dan ia harus mandi untuk menyingkirkan debu tersebut.
 
Osho, The Art of Dying, talk #1

No comments:

Post a Comment