Aku tidak bisa mengerti filosofi Zen. Apa yang harus aku lakukan untuk memahaminya?
Jawaban OSHO:
Zen sama sekali bukan filosofi. Untuk memahami Zen seolah-olah itu adalah filsafat adalah memulai dengan cara yang salah sejak awal. Filosofi adalah sesuatu dari pikiran; Zen benar-benar berada di luar jangkauan pikiran. Zen adalah proses berjalan melampaui pikiran, jauh dari pikiran; zen adalah proses transendensi, melampaui pikiran. Engkau tidak dapat memahami zen dengan pikiran, pikiran tidak memiliki kegunaan di dalam zen.
Zen adalah keadaan tanpa pikiran, itu sesuatu yang harus diingat. Zen bukan Vedanta. Vedanta adalah filsafat; engkau bisa memahaminya dengan baik. Zen bahkan bukan Buddhisme; Buddhisme juga merupakan filsafat.
Zen adalah pembungaan yang sangat langka - adalah salah satu hal aneh yang telah terjadi dalam sejarah kesadaran - zen adalah pertemuan pengalaman Buddha dan pengalaman Lao Tzu. Buddha, bagaimanapun juga, adalah bagian dari warisan India: dia berbicara bahasa filsafat; Dia sangat jelas, engkau bisa memahaminya. Sebenarnya, dia menghindari semua pertanyaan metafisik; Dia sangat sederhana, jelas, logis. Tapi pengalamannya bukan dari pikiran. Dia mencoba menghancurkan filosofimu dengan memberimu filsafat negatif. Sama seperti engkau bisa mengeluarkan duri dari kakimu dengan duri lain, Upaya Buddha adalah mengeluarkan filosofi dari pikiranmu dengan filsafat lain. Begitu duri pertama dibawa keluar, kedua duri itu bisa dibuang dan engkau akan berada di luar jangkauan pikiran.
Tapi ketika ajaran Buddha sampai ke China, hal yang sangat indah terjadi: persilangan terjadi. Di Cina, Lao Tzu telah memberikan pengalamannya tentang Tao dengan cara yang sama sekali tidak-filosofis, dengan cara yang sangat tidak masuk akal, dengan cara yang sangat tidak logis. Tapi ketika para meditator Buddhis, mistikus Budha, bertemu dengan mistikus Tao, mereka langsung bisa saling memahami satu sama lain hati ke hati, tidak pikiran ke pikiran. Mereka bisa merasakan getaran yang sama, mereka bisa melihat dunia batin yang sama telah terbuka, mereka bisa mencium aroma yang sama. Dan mereka mendekat, dan semakin mendekat, melalui pertemuan dan peleburan mereka, sesuatu yang baru mulai tumbuh; itu adalah Zen. Zen memiliki keindahan Buddha dan keindahan Lao Tzu; zen adalah anak keduanya. Pertemuan seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya atau sejak saat itu.
Zen bukan Tao atau Budha. Zen bukan keduanya. Oleh karena itu, umat Buddha tradisional menolak Zen dan Taois tradisional juga menolak Zen. Bagi umat Buddha tradisional zen itu tidak masuk akal, UntukTao tradisional zen itu terlalu filosofis, tapi bagi mereka yang benar-benar tertarik untuk bermeditasi, Zen adalah sebuah pengalaman. Zen tidak masuk akal atau filosofis karena keduanya adalah segi pikiran. Zen adalah sesuatu yang transendental.
Kata zen berasal dari dhyan. Buddha menggunakan bahasa tertentu, bahasa lokal pada zamannya, Pali. Di Pali dhyan diucapkan "jhan";dari jhan lah zen telah muncul. Kata itu berasal dari jhan; Jhan berasal dari bahasa Sanskerta dhyan.
Untuk memahami Zen engkau tidak perlu melakukan usaha filosofis; engkau harus pergi jauh ke dalam meditasi. Dan apa itu meditasi? Meditasi adalah sebuah Lompatan dari pikiran menuju tanpa-pikiran, dari pemikiran ke tanpa-pemikiran. Pikiran berarti berpikir, tanpa-pikiran berarti kesadaran murni. Engkau hanya perlu sadar. Hanya dengan begitu engkau bisa memahami pengalaman Zen melalui pengalaman, bukan melalui upaya intelektual.
Yoka berkata :
Ada satu sifat alami, sempurna dan penetratif,
hadir dalam segala sifat alami;
satu realitas yang mencakup semua,
terdiri dari semua realitas dalam dirinya sendiri.
Satu bulan tercermin di mana ada air.
Dan semua bulan di air terdiri dari satu bulan.
Saat engkau bergerak melampaui pikiran, tiba-tiba engkau telah pindah dari banyak menuju kesatuan. Pikiran banyak, kesadaran adalah satu. Di keliling kita berbeda, di bagian pusat kita adalah satu. Kesatuan itu bisa disebut brahmana, bisa disebut Tuhan, Maha absolut, kebenaran, nirwana.
Zen menyebutnya tanpa-pikiran karena alasan tertentu. Jika engkau menyebutnya Tuhan, maka orang mulai berpikir dalam hal seseorang, mereka mulai membayangkan seseorang - tentu saja Orang yang paling hebat, tapi gagasan kepribadian mereka berasal dari kepribadian manusia; itu adalah proyeksi, itu bukan kebenaran.
Alkitab mengatakan bahwa Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya; itu tidak benar. Manusia telah menciptakan Tuhan menurut gambar-Nya; Itu jauh lebih benar. Tuhan yang kita buat adalah ide kita, itu antroposentris. Jika kuda adalah filsuf maka Tuhan tidak bisa menjadi manusia, maka Tuhan akan menjadi kuda tertinggi. Jika keledai itu Filsuf - dan siapa yang tahu? - mereka mungkin filsuf; Mereka terlihat sangat serius, selalu merenung, seolah dalam perenungan mendalam, memikirkan hal-hal hebat. Perhatikan seekor Keledai dan engkau pasti akan menyadari fakta sederhana bahwa keledai adalah pemikir besar. Mereka terus-menerus berada di tempat lain yang jauh, terlibat dalam hal-hal esoteris yang hebat; Itulah mengapa orang mengira mereka bodoh. Mereka bukan orang bodoh, mereka adalah filsuf. Jika keledai berpikir, jika mereka adalah seorang teolog,Teosof, filsuf, maka Tuhan akan menjadi keledai tertinggi. Tuhan tidak bisa menjadi manusia, itu tidak mungkin. Mereka tidak bisa membayangkan Tuhan menjadi manusia.
Oleh karena itu, Zen menghindari terminologi antroposentris, kata-kata yang bisa dikaitkan dengan sekeliling kita. Zen tidak menyebut Tuhan brahman karena itu adalah istilah filosofis; Mungkin istilah filosofis terbaik, tapi bahkan istilah filosofis terbaik pun masih filosofi, dan filosofi adalah sesuatu dari pikiran - engkau bisa berpikir tentang brahman.
OSHO-Walking in Zen, Sitting in Zen
Bab16 "Zen is an Experience"
===================================================
Osho,
I cannot understand the philosophy of Zen. What should I do to understand it?
Zen is not a philosophy at all. To approach Zen as if it is a philosophy is to begin in a wrong way from the very beginning. A philosophy is something of the mind; Zen is totally beyond the mind. Zen is the process of going above the mind, far away from the mind; it is the process of transcendence, of surpassing the mind. You cannot understand it by the mind, mind has no function in it.
Zen is a state of no-mind, that has to be remembered. It is not Vedanta. Vedanta is a philosophy; you can understand it perfectly well. Zen is not even Buddhism; Buddhism is also a philosophy.
Zen is a very rare flowering – it is one of the strangest things that has happened in the history of consciousness – it is the meeting of Buddha’s experience and Lao Tzu’s experience. Buddha, after all, was part of the Indian heritage: he spoke the language of philosophy; he is perfectly clear, you can understand him. In fact, he avoided all metaphysical questions; he was very simple, clear, logical. But his experience was not of the mind. He was trying to destroy your philosophy by providing you with a negative philosophy. Just as you can take out a thorn from your foot with another thorn, Buddha’s effort was to take out the philosophy from your mind with another philosophy. Once the first thorn has been taken out, both thorns can be thrown away and you will be beyond mind.
But when Buddha’s teachings reached China a tremendously beautiful thing happened: a crossbreeding happened. In China, Lao Tzu has given his experience of Tao in a totally non-philosophical way, in a very absurd way, in a very illogical way. But when the Buddhist meditators, Buddhist mystics, met the Taoist mystics they immediately could understand each other heart to heart, not mind to mind. They could feel the same vibe, they could see that the same inner world had opened, they could smell the same fragrance. And they came closer, and by their coming closer, by their meetings and merging with each other, something new started growing up; that is Zen. It has both the beauty of Buddha and the beauty of Lao Tzu; it is the child of both. Such a meeting has never happened before or since.
Zen is neither Taoist nor Buddhist. It is both and neither. Hence the traditional Buddhists reject Zen and the traditional Taoists also reject Zen. For the traditional Buddhist it is absurd, for the traditional Taoist it is too philosophical, but to those who are really interested in meditation, Zen is an experience. It is neither absurd nor philosophical because both are terms of the mind. It is something transcendental.
The word zen comes from dhyan. Buddha used a certain language, a local language of his times, Pali. In Pali dhyan is pronounced “jhan”; it is from jhan that zen has arisen. The word comes from jhan; jhan comes from the Sanskrit dhyan.
To understand Zen you need not make a philosophical effort; you have to go deep into meditation. And what is meditation all about? Meditation is a jump from the mind into no-mind, from thoughts to no-thought. Mind means thinking, no-mind means pure awareness. One simply is aware. Only then will you be able to understand Zen - through experience, not through any intellectual effort.
Yoka says:
There is one nature, perfect and penetrative, present in all natures;
one reality which includes all, comprising all realities in itself.
The one moon is reflected wherever there is water.
And all moons in water are comprised in the one moon.
The moment you move beyond the mind, suddenly you have moved from the many to the one. Minds are many, consciousness is one. On the circumference we are different, at the center we are one. That one can be called brahman, can be called God, the absolute, the truth, nirvana.
Zen calls it no-mind for a particular reason. If you call it God, then people start thinking in terms of a person, they start imagining a person - of course the suprememost person, but their idea of personality is derived from human personality; it is a projection, it is not truth.
The Bible says God created man in his own image; that is not true. Man has created God in his own image; that is far more true. The god that we have created is our idea, it is anthropocentric. If horses were philosophers then God could not be a man, then God would be a supreme horse. If donkeys were philosophers - and who knows? - they may be; they look very serious, always brooding, as if in deep contemplation, thinking of great things. Watch a donkey and you will be certainly aware of this simple fact that donkeys are great thinkers. They are constantly somewhere else far away, involved in great esoteric things; that’s why people think they are fools. They are not fools, they are philosophers. If donkeys are thinking, if they are theologians, theosophists, philosophers, then God will be a supreme donkey. God cannot be a man, that’s impossible. They cannot imagine God to be a man.
Hence Zen avoids any anthropocentric terminologies, any words that can become associated with our circumference. It does not call God brahman because that is a philosophical term; maybe the best philosophical term, but even the best philosophical term is still philosophy, and philosophy is something of the mind - you can think about brahman.
OSHO-Walking in Zen, Sitting in Zen
Bab16 "Zen is an Experience"
No comments:
Post a Comment