Friday, April 27, 2012

New Age Movement


Arti Gerakan Zaman Baru adalah berbeda untuk setiap orang. Namun hampir semua topik New Age memiliki satu tema dasar dasar: Pengembangan spiritual pribadi. Setiap hari ada ribuan orang di seluruh dunia yang sadar akan pengetahuan, pemahaman dan realisasi siapa mereka sebenarnya, dari mana mereka berasal, dan mengapa mereka di sini. Transformasi kolektif individu  ini dapat digambarkan sebagai gerakan New Age. Secara keseluruhan, gerakan Zaman Baru ini adalah dinamis, yang tumbuh dengan cepat, dan memperoleh momentum. Gerakan Zaman Baru ini memberikan kerangka dan alat untuk membantu orang lain dengan pertumbuhan pribadi dan perkembangan rohani mereka.

Istilah Gerakan Zaman Baru itu sendiri adalah sedikit paradoks, karena dengan menyebut ke semacam “gerakan” bisa dianggap bertentangan dengan dasar-dasar perkembangan spiritual individu. Itu sebabnya ada beberapa ambiguitas makna dari New Age ini, karena dapat berarti berbeda bagi setiap orang. Yang penting adalah bahwa setiap individu memulai perjalanan mereka sendiri melalui pembelajaran, petualangan, dan penemuan.

New Age dan Metafisika
New Age sangat terkait dengan beberapa konsep yang didefinisikan dalam cabang filsafat yang sering disebut sebagai metafisika. Meskipun cabang akademik dari metafisika lebih memfokuskan tentang sifat alami dari realitas utama, topik metafisik yang populer sering dimasukkan kedalamnya diskusi-diskusi dan analisa terhadap subjek dibalik tiga dimensi fisik. Beberapa contoh topik metafisik meliputi: energi bebas, pengalaman luar tubuh, UFO, fenomena psikis, penyembuhan alternatif, dan topik lain yang ilmu konvensional kita sulit untuk menjelaskan.

New Age dan Agama
Meskipun mungkin spiritual, New Age jauh berbeda dari agama formal. Bahkan, banyak New agers cenderung menjauhkan diri dari struktur dan batas-batas praktik keagamaan tradisional. Namun pada saat yang sama New Agers dapat sangat spiritual. Orang-orang New Age sering lebih menyukai pengalaman spiritual langsung, daripada sekedar perintah dari agama yang terorganisasi.

Semua agama pada dasarnya adalah lembaga budaya, mencerminkan budaya yang membentuk mereka. Jadi bersamaan dengan pertumbuhan jumlah orang yang mengeksplorasi Topik New Age akan menunjukkan bahwa sebagai individu dan sebagai masyarakat, kita telah mulai bersedia untuk mencari penjelasan alternatif tentang siapa kita. New Age hanyalah satu jalur untuk dipilih di jalan pertumbuhan spiritual. Tidak penting label yang kita pasang di jalan kita, karena pada akhirnya semua jalan akhirnya bertemu di tempat yang sama. Setiap orang mencari kebenaran abadi melalui beberapa pertanyaan paling menantang kehidupan, tapi itu hanya cara orang memilih jalan pencarian mereka sendiri yang berbeda. Salah satu alasan jalan New Age menjadi populer adalah bahwa mereka lebih peduli dengan kebenaran akhir itu sendiri, bukan proses bagaimana mereka sampai disana. 

Keyakinan Umum New Age
Berikut ini adalah daftar tidak resmi dari keyakinan beberapa individu di New Age yang mungkin memiliki kesamaan:

  1. Anda menciptakan realitas dan takdir Anda sendiri. Ini adalah planet pilihan bebas, dan Anda memiliki kehendak bebas.
  2. Anda memiliki tantangan tertentu yang harus dihadapi dan diatasi dalam kehidupan ini. Jika Anda tidak mempelajari pelajaran Anda kali ini, Anda akan mendapatkan lagi.
  3. Tidak ada yang namanya kebetulan.
  4. Ada lebih dalam hidup daripada yang terlihat oleh mata, banyak lagi.
  5. Tidak ada yang benar-benar penting dalam hidup ini kecuali hal itu dilakukan untuk kepentingan orang lain.
  6. Kita tidak sendirian.
  7. Kita adalah makhluk multidimensi yang sedang memiliki pengalaman manusia.
  8. Kita semua menerima bimbingan lebih dari yang kita tahu, dari malaikat, roh pemandu, master dan lain-lain.
  9. Kita dapat menyembuhkan diri kita, masyarakat kita, dan dunia kita.
  10. Transformasi utama bagi manusia adalah kebangkitan dan pencerahan.  
 New Age Tools
Sebuah studi tentang sarana dari New Ager bisa membantu menentukan tugas di tangannya. Seseorang mungkin melibatkan kristal, lilin, dupa, tarot, rune, pendulum, bodywork, meditasi, toning dan nyanyian, drum, dan banyak lagi. Alat-alat ini dapat membantu orang yang melampaui ke berbagai kondisi kesadaran, dan dengan demikian akhirnya pada gilirannya dapat membantu seseorang untuk melihat ke dalam diri untuk pemahaman dan kesadaran. Salah satu alasan bahwa ada banyak alat yang berbeda untuk membantu para New Age adalah bahwa pada orang yang berbeda akan menemukan nilai-nilai yang berbeda dalam setiap alat. Bagi banyak orang, mungkin Tarot bekerja dengan baik. Lainnya menyukai bola kristal. Yang lainnya bermeditasi atau melakukan medium penyaluran. Tidak penting bagaimana seseorang mencapai pemahaman yang lebih tinggi dan kebijaksanaan. Apa yang paling penting adalah bahwa ini upaya yang sedang dilakukan untuk mengatasi keterbatasan kita dan mencari kebijaksanaan yang lebih tinggi.

    Kehendak bebas melawan Takdir
    Pertanyaan filosofis ini adalah salah satu yang paling kontradiksi dalam studi metafisika dan kehendak bebas:

    Beberapa ahli metafisika berpendapat bahwa alam semesta rasional selalu berdasarkan sebab dan akibat. Artinya, setiap efek didahului oleh sebab, semuanya kembali ke Penyebab Pertama, menjadi Tuhan atau Ilahi.

    Di sisi lain, tindakan murni, asli, kehendak bebas tidak bersebab yang dianggap entah bagaimana untuk meniadakan tatanan rasional ilahi dan membuat alam semesta menjadi tampaknya tidak rasional.

    Interpretasi saya: Meskipun hal-hal tertentu dapat terjadi dalam hidup seseorang yang mungkin dianggap sebagai takdir, kita tetap memiliki kehendak bebas. Ini penting. Dan dengan berjalannya waktu, kemampuan kita untuk mewujudkan hal-hal dan situasi yang nyata akan semakin cepat sehingga kita akan melihat bahwa kita dapat menciptakan dan mewujudkan hasil dengan cepat dan mudah. Bagi saya, jika kita dapat membawa perubahan tersebut, ini berarti bahwa kita justru memiliki kehendak bebas.

    New Age dan Ilmu Pengetahuan
    Banyak orang merasa bahwa aliran New Age berpikir tidak cukup rasional. Model-model ilmiah tradisional biasanya meliputi pengamatan, analisis, pengujian dan pengukuran. Seringkali hal ini tidak dapat dengan mudah dilakukan pada fenomena metafisika paranormal. Jadi bagaimana bisa seseorang percaya pada sesuatu yang bahkan tidak bisa dilihat, diukur, diuji atau dianalisis?

    Semuanya kembali kepada keyakinan, dan sering kali dari pengetahuan batin yang mendalam. Ini melibatkan intuisi dan keyakinan. Ini melibatkan mendengarkan. Ini melibatkan banyak hal-hal yang saat ini berada di luar cakupan pemikiran ilmiah yang dapat diterima.

    Hal penting untuk diingat adalah bahwa keyakinan New age tidak menolak sains. Ilmu pengetahuan modern telah membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat kita dalam banyak hal. Keyakinan New age berkembang berdasarkan pemikiran yang dapat diterima dalam eksplorasinya dan pencarian kebenaran hidup yang kekal.

    Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

    1 comment: