Thursday, April 26, 2012

The Power of Your Subconscious Mind


Dr, Joseph Murphy menghabiskan sebagian hidupnya untuk mempelajari agama-agama Timur dan adalah seorang penganut I-ching, buku China tentang ramalan yang tidak diketahui asal-usulnya. Ia juga, selama 28 tahun, menjabat sebagai pendeta di Church of Divine Science cabang Los Angeles, sebuah gereja Pikiran Baru yang mempromosikan sebuah spiritualitas praktis, bebas dari ritual dan dogma.

Perjalanan jauh ke Timur kuno, Murphy merasa telah menemukan rahasia-rahasia tentang pikiran bawah sadar yang tidak dibatasi oleh waktu dan budaya, dan sebaiknya juga lebih dikenal luas oleh orang-orang.

Cara kerja bawah sadar dan akibatnya

Murphy memandang pikiran bawah sadar sebagai sebuah ruang gelap dimana di dalamnya kita mengembangkan gambaran untuk diwujudkan dalam kehidupan nyata. Pikiran sadar melihat peristiwa, mengambil gambarannya, dan mengingatnya. Sedangkan pikiran bawah sadar bekerja kebalikannya, “melihat” sesuatu belum terjadi (itu lah sebabnya mengapa intuisi merupakan hal yang mutlak).

Pikiran bawah sadar merespon pada kebiasaan dan pikiran habitual. Netral dalam pengertian moral, memang menyenangkan bila mengadopsi kebiasaan apa pun sebagai sesuatu yang “normal”, tak perduli kebiasaan baik atau buruk . Kita gembira membiarkan pikiran negatif masuk ke dalam pikiran bawah sadar setiap menitnya dalam kehidupan kita, tetapi kemudian terkejut ketika mereka keluar dalam pengalaman sehari-hari dan relasi.

Ada beberapa hal yang akan menimpa kita bila kita tidak ikut berperan dalam penciptaan, tetapi sesungguhnya hal ini jarang terjadi. Umumnya sebagian besar hal-hal buruk yang terjadi sudah ada di dalam diri kita, menunggu waktu yang tepat untuk muncul.

Ini kenyataan yang keras, tetapi memahami pikiran bawah sadar juga akan menghasilkan sebuah terobosan: artinya kita bisa membentuk kembali diri kita dengan mengendalikan pikiran dan gambaran yang kita masukkan dalam pikiran kita. Hal ini membuat buku ini, dengan instruksi dan afirmasinya yang akan menghasilkan efek pikiran bawah sadar terbesar, menjadi sebuah alat pembebasan. Memahami pikiran bawah sadar kita seperti sebuah mekanisme fotografi yang menyingkirkan emosi dan perjuangan dalam mengubah diri kita, karena ketika kita mengganti gambaran mental yang ada sekarang dengan gambaran mental baru, kita mulai melihat hal hal yang bisa kita ubah dengan penuh ketentraman.

Keyakinan rileks = hasil

Pikiran bawah sadar berbeda dengan pikiran sadar. Pikiran bawah sadar tidak bisa dipaksa, paling baik merespons terhadap keyakinan yang rileks karena dengan demikian bisa melakukan perubahan dengan tenang. Berusaha dengan keras, yang mungkin berlaku untuk tugas yang diberikan kepada pikiran sadar, adalah penyebab kegagalan sebagian pikiran bawah sadar bahwa di dalam apa yang ingin kita kerjakan terdapat banyak perlawanan.

Bersama dengan keyakinan yang rileks, kemudahan yang menyertai pikiran bawah sadar dalam mencapai sesuatu, akan meningkatkan emosi. Gagasan atau pikiran saja mungkin sudah bisa menyenangkan pikiran sadar yang rasional, tetapi pikiran bawah sadar senang meng-emosikan segala sesuatu. Ketika sebuah pikiran menjadi sebuah perasaan, dan imajinasi menjadi sebuah hasrat, pikiran bawah sadar akan mengirimkan apa yang kita inginkan dengan cepat dan berkelimpahan.

Tetapi buku ini mengatakan bahwa, tidak terlalu penting mengetahui bagaimana pikiran bawah sadar kita bekerja dibandingkan dengan mengembangkan keyakinan bahwa pikiran bawah sadar bisa melakukannya. William James, bapak psikologi Amerika, percaya bahwa penemuan terbesar abad ke-19 adalah kekuatan pikiran bawah sadar yang disertai keyakinan. Pikiran bahwa kita bisa mengubah hidup kita dengan mengubah lanskap pikiran kita mungkin tidak muncul dalam buku sejarah bersama dengan penemuan benua-benua baru atau listrik atau uap, tetapi semua pikiran yang hebat telah mengetahuinya.

Meyakini akan terjadi

“Hukum pikiran kita juga merupakan hukum keyakinan,” tulis Murphy. Apa yang kita yakini membentuk siapa diri kita. William James mengamati bahwa apa yang diharapkan orang untuk terjadi akan benar benar terjadi, terlepas dari apakah objek keyakinan mereka eksis atau tidak. Di Barat, kita menjadikan “kebenaran” sebagai nilai tertinggi kita; motivasi ini, meski penting, lemah dibandingkan dengan kekuatan aktual keyakinan dalam membentuk hidup kita. Apapun yang kita berikan pada pikiran bawah sadar, benar atau salah, baik atau buruk, akan didaftar sebagai kenyataan. Hati-hatilah untuk tidak bergurau tentang kesialan, karena pikiran bawah sadar tidak mempunyai rasa humor.

Manusia yang secara mental terganggu dan manusia sehat memiliki kekuatan keyakinan yang sama; yang membedakan orang waras dengan yang tidak waras adalah bahwa orang waras memiliki objektivitas tentang keyakinan mereka. Ketika seseorang  di rumah sakit jiwa mengatakan bahwa ia adalah Elvis Presley, ia tidak “membual”, ia tahu bahwa dirinya adalah Elvis. Kita harus menggunakan kekuatan yang sama untuk mendapatkan hasil yang konstruktif, tidak hanya berharap tetapi tahu bahwa kita adalah pasangan yang sempurna atau seorang pebisnis yang jenius. Triknya adalah memilih untuk mengetahui sesuatu yang tampaknya gila tetapi tidak, sesuatu yang setahun yang lalu rasanya mustahil bagi kita, tetapi di saat yang sama akan menjadi perwujudan hasrat hati kita.

Kesehatan dan kekayaan

Dalam ritual kuno, dengan ramuan aneh dan mantranya, adalah kekuatan sugesti dan penerimaan dalam pikiran bawah sadar yang membawa kesembuhan. Bahkan sekarang ini, dokter melaporkan kekuatan placebo untuk memproduksi penemuan ajaib, yaitu bila placebo ini disertai dengan instruksi tegas: “ini akan berhasil”. Keajaiban penyembuhan adalah kepatuhan tubuh pada pengetahuan pikiran bawah sadar tentang “kesehatan yang sempurna” saat sifat bertanya pikiran sadar normal dibungkam.

Aspek lain dari penyembuhan mental adalah premis bahwa pikiran individual kita merupakan bagian dari pikiran manusia yang lebih besar lagi yang terhubung dengan “kecerdasan tak terbatas”. Itu lah sebabnya Murphy menyatakan, bukan sesuatu yang gila bila meyakini bahwa kita bisa menyembuhkan orang-orang yang bahkan secara fisik tidak berdekatan dengan kita, yaitu dengan memvisualisasi kesehatan, energi dan cinta di alam semesta diaplikasikan kepada orang itu. Kekuatan hidup bergerak mengalir melalui setiap sel tubuh sambil membersihkan dan menyegarkan.

Ada prinsip kesehatan dan harmoni di alam semesta, ada juga prinsip berlimpah. “Kesulitan sebagian besar orang tidak mengetahui bahwa mereka memiliki kekayaan yang tidak terlihat,” Murphy berkomentar. Yang lain, sadar akan hukum berlimpah, tidak akan menderita sakit saraf bila rekening mereka masuk dalam daftar merah atau bisnis mereka merugi. Mereka memahami hal ini sebagai sebuah pesan untuk kembali menyesuaikan diri dan kembali berkenalan dengan alam semesta yang kaya raya.

“Merasa kaya” kata Murphy, akan memproduksi kekayaan dalam realitas. Pikiran bawah sadar memahami dan mengikuti gagasan melipatgandakan bunga. Yaitu, deposit pikiran kecil secara reguler membuat persenyawaan untuk menghasilkan prinsip berkelimpahan mental yang besar. Ia menunjukkan dengan tepat pada pembaca bagaimana cara mengirimkan sinyal ke pikiran bawah sadar mereka untuk memastikan bahwa gambar berkelimpahan ini akan memanifestasikan dirinya di dunia nyata.

Mengapa doa sering kali gagal

Alam semesta kita penuh dengan hukum dan keteraturan, karenanya tidak ada hal-hal yang berbau mistik bila doa kita terjawab. Prosesnya tidak lebih misterius daripada berdirinya sebuah bangunan. Mereka yang tahu cara kerja pikiran bawah sadar akan mengetahui bagaimana caranya berdoa “secara ilmiah”.

Apa maksudnya? Doa tradisional berisi ungkapan sepenuh hati kepada Tuhan diikuti dengan “mengharapkan yang terbaik”. Secara logika, doa seperti itu hanya mempunyai sedikit kekuatan karena dibingkai dengan keraguan. Ini lah ironi besar dalam doa tradisional (permohonan, keinginan, beraneka ragam harapan) yaitu tidak adanya keyakinan (iman) dalam doa itu. Iman yang sesungguhnya sederhana saja: mengetahui bahwa sesuatu sedang terjadi, sedang disediakan, pada saat ini. Bila doa dijadikan ajang untuk mengucapkan terima kasih atas fakta pertolongan (meski belum terjadi), doa tidak lagi menjadi ritual mistis dimana kita berharap Tuhan akan memperhatikannya, melainkan menjadi sebuah proses penciptaan bersama dengan hasil yang pasti.

Kata Penutup

The Power of Your Subconscious Mind ditulis dan berusaha untuk terbebas dari budaya dan agama. Ada sedikit pengulangan dalam buku ini, tetapi justru mencerminkan gagasan pemrograman pikiran bawah sadar yang dibahas dalam buku ini. Setengah bagian pertama adalah bagian yang terbaik karena menjelaskan cara kerja pikiran bawah sadar. Setengah bagian berikutnya membahas tentang peran  dan kekuatan pikiran bawah sadar untuk melakukan transformasi di bidang pernikahan, relasi manusia , penemuan ilmiah, tidur, rasa takut, dan  pengampunan.

Bagi sebagian orang buku ini ibarat sebuah “jalan keluar”, tetapi banyak orang yang mengatakan bahwa hidup mereka tidak lagi sama setelah membaca buku ini. Pikiran bawah sadar adalah sesuatu yang penuh kekuatan, dan yang kita dapatkan dari buku ini adalah kesadaran bila kita menolak untuk mencoba memahami pikiran nonrasional, hasrat dan rencana rasional kita akan selamanya disabotase.

Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

2 comments:

  1. "15 Minutes a Day to Manifest the Life of Your Dreams."
    Auto-pilot. No boring or long ebooks to read. What else to ask for? :)

    Personal Development / Self-Help (audio) program that is designed to automatically reprogram a person's subconscious mind, to dissolve their limiting beliefs and scarcity mindset, and allow them to manifest the life of their dreams.

    Follow the link for you’re free presentation. How to Activate Subconscious Mind









    .

    ReplyDelete
  2. terimakasih aos.
    salam sehat selalu,
    BRG

    ReplyDelete