Tuesday, August 28, 2012

Melihat Dibalik Kehidupan


Penemuan bahwa segala sesuatu terbuat dari energi memiliki implikasi yang besar terhadap bagaimana kita melihat diri kita sendiri, Tuhan dan dunia. Sudah saatnya bagi kita untuk mulai mengerti dan mengakui implikasi ini.

Kita telah mengetahui bahwa segala sesuatu terbuat dari energi. Energi merupakan bentuk getaran, dan bergerak sebagai gelombang. Sebuah gelombang dapat digambarkan melalui beberapa karakteristik, dan salah satunya adalah frekuensi. Sebagai contoh, mari kita lihat pada cahaya yang tampak.

Bila Anda melihat warna merah, mata Anda melihat gelombang cahaya yang bergetar pada frekuensi tertentu. Cahaya merah memiliki frekuensi terendah yang dapat dideteksi oleh mata Anda. Cahaya Ungu memiliki frekuensi tertinggi yang mata Anda dapat melihat, dan warna lainnya memiliki frekuensi di antara dua ekstrem tersebut. Dengan kata lain, mata manusia hanya dapat mendeteksi frekuensi yang jatuh dalam spektrum tertentu.

Berdasarkan persepsi indrawi kita, kita mungkin berpikir bahwa tidak ada yang melampaui cahaya yang tampak. Namun ilmu pengetahuan memberitahu kita sebaliknya. Ada jenis gelombang cahaya yang bergetar pada frekuensi yang lebih rendah dari cahaya merah, misalnya infra-merah. Dan ada cahaya, seperti sinar ultraviolet, yang memiliki frekuensi yang lebih tinggi daripada cahaya ungu. Singkatnya, ada banyak jenis energi yang tidak dapat dideteksi oleh indera manusia. Namun energi ini adalah sama nyatanya sebagaimana cahaya yang tampak.

Sebuah getaran yang kontinum 

Berapa banyak energi frekuensi yang ada? Kita belum mengetahuinya karena ada batas untuk jenis frekuensi yang dapat dideteksi oleh instrumen ilmiah saat ini. Kita bagaimanapun telah mendeteksi berbagai frekuensi, dan kita mungkin bisa berbicara tentang kontinum dari getaran ini. Kita tidak dapat mengesampingkan bahwa mungkin ada energi yang tidak dapat dideteksi oleh ilmu pengetahuan, sehingga tidak ada cara untuk mengatakan di mana kontinum ini mungkin berakhir.

Arti penting dari fakta-fakta ilmiah ini adalah bahwa kita perlu membangun sebuah pandangan dunia baru. Ilmu materialistis mengklaim bahwa tidak ada yang berada di luar alam semesta material. Namun, kita sekarang melihat bahwa ilmu pengetahuan itu sendiri telah membawa pandangan ini untuk dipertanyakan. Jika ada sebuah kontinum dari frekuensi energi, maka sangat masuk akal bahwa ketika kita pergi ke frekuensi yang lebih tinggi dan lebih tinggi, kita akhirnya bisa mencapai ujung dunia material.

Apa yang ada di balik tepi ini adalah frekuensi yang dimiliki dunia lain, atau alam lain. Dapatkah kita mungkin mengatakan bahwa ada dunia spiritual di balik dunia materi ini?

Ketika kita melihat lebih dekat pada teori relativitas Einstein, kita melihat bahwa ia telah membawa ilmu pengetahuan untuk mengenali apa yang orang spiritual telah katakan selama ribuan tahun, yaitu bahwa ada dunia spiritual di luar dunia material. Jelas, kita tidak (belum) punya bukti ilmiah bahwa dunia semacam itu ada. Namun, kita dapat mengatakan bahwa keberadaan spiritual, atau frekuensi tinggi dari energi adalah sesuai dengan pengetahuan ilmiah saat ini.

Melampaui pandangan dunia dualistik 

Ketika kita memahami implikasi dari pengetahuan ilmiah, kita juga harus mempertimbangkan kembali pandangan dunia yang diyakini oleh banyak umat beragama. Ini adalah kenyataan bahwa banyak umat beragama memiliki pandangan dunia yang dipengaruhi oleh indra fisik dan oleh karena itu didasarkan pada dualitas. Sebagaimana ilmuwan dulu percaya bahwa materi dan energi adalah dua unsur yang terpisah, banyak umat beragama percaya bahwa Surga dan Bumi pada dasarnya terpisah. Kita sekarang bisa melihat bahwa ini mungkin tidak seperti itu.

Ketika kita menyadari bahwa segala sesuatu terbuat dari energi dan energi yang berbeda tersebut dipisahkan hanya oleh getaran mereka, kita akan menyadari bahwa baik dunia material dan dunia spiritual adalah terbuat dari energi. Jadi satu-satunya perbedaan antara dunia material dan dunia spiritual adalah perbedaan dalam getaran energi yang membentuk dua dunia tersebut. Dengan kata lain, kedua dunia tersebut dibuat dari  “bahan” yang sama, yaitu energi.

Hal ini telah tertulis di kitab-kitab suci agama. Sebagai contoh, Alkitab menyatakan, “Tanpa Dia tidak ada sesuatu yang diciptakan tercipta.” Namun kebanyakan agama masih berpegang teguh pada pandangan dualistik Surga dan Bumi sebagai terpisahkan oleh beberapa penghalang yang tak bisa ditembus. Ini adalah pandangan dunia dualistik yang kita mungkin perlu pertanyakan.

Kesatuan dibalik keanekaragaman 

Daripada berpegang teguh pada pandangan dunia dualistik, kita perlu mulai mencari adanya kesatuan yang mendasarinya. Sains telah menunjukkan kepada kita prinsip dari dunia materi. Bagi indera kita, begitu banyak bentuk-bentuk dalam dunia material yang tampak sangat berbeda. Tidak tampak ada hubungan antara amuba dan sebuah gunung yang tinggi. Namun, ilmu pengetahuan mengatakan kepada kita bahwa keduanya terbuat dari sejumlah blok bangunan yang lebih kecil, yang disebut molekul. Dan meskipun ada banyak jenis molekul, molekul sesungguhnya dibuat dari sejumlah terbatas (108 jenis saat ini) atom.

Untuk sementara waktu, para ilmuwan percaya bahwa semua atom dibuat hanya dari tiga partikel dasar. Hari ini, ilmu fisika mengatakan bahwa partikel dasar bukanlah berbentuk bola bilyar yang kecil tetapi suatu bentuk energi. Dengan kata lain, ketika kita pergi ke balik penampilan permukaan, tidak ada perbedaan. Semuanya dibuat dari bahan yang sama, yaitu energi, dan energi yang terlihat hanyalah sebuah spektrum kecil dari sebuah kontinum yang lebih besar. Keseluruhan yang lebih besar ini terbuat dari sejumlah frekuensi yang secara potensial tak terbatas.

Ketika kita mentransfer topik ini ke Surga dan Bumi, kita melihat bahwa mungkin tidak ada pembatas di antara keduanya. Banyak agama mengatakan bahwa segala sesuatu terbuat dari zat Tuhan. Sebagai contoh, Alkitab mengatakan bahwa tindakan pertama penciptaan adalah pernyataan, “Jadilah terang!” Kita bisa menganggap bahwa Tuhan pertama menciptakan dari suatu zat dasar(cahaya) yang dapat dicetak menjadi bentuk apapun yang mungkin.

Tuhan kemudian membentuk zat ini dengan menyebabkan cahaya itu bergetar, dan getaranlah yang menentukan bentuk apa yang akan diambil oleh substansi dasar tersebut. Tuhan mungkin telah menciptakan dunia spiritual dari energi yang bergetar pada frekuensi di atas ambang tertentu. Dunia materi diciptakan dari substansi dasar yang sama seperti dunia spiritual, hanya bergetar pada frekuensi yang lebih lambat.

Mencari dasar untuk kesatuan agama 

Mengapa hal ini penting? Karena jika kita ingin mengatasi konflik agama, kita perlu menemukan beberapa jenis kesatuan yang mendasari yang dapat menghubungkan orang-orang dari berbagai agama.

Kita sekarang melihat potensi untuk membangun kesatuan dan koneksi ini. Jika Tuhan menciptakan segalanya dari substansi dasar yang sama, maka kita semua harus diciptakan dari zat yang sama. Dengan kata lain, kita semua berasal dari sumber yang sama. Jadi walaupun adanya perbedaan tampilan luar kita, ada yang mendasari, koneksi yang mendasari antara kita. Banyak pemimpin spiritual telah menunjukan kesatuan ini. Sebagai contoh, Yesus pernah berkata, “Karena apa yang Kamu telah lakukan kepada sebagian kecil dari anak-anak saya, kamu telah melakukannya kepada-Ku.”

Kita sekarang melihat potensi untuk membangun tipe baru kesatuan yang melampaui apa yang dunia telah lihat hingga saat ini. Sepanjang sejarah, banyak orang telah melihat kebutuhan untuk membentuk sebuah kesatuan yang lebih besar di Bumi. Namun banyak orang-orang yang percaya bahwa satu-satunya cara untuk menciptakan kesatuan adalah untuk menghapus perbedaan. Akibatnya, mereka berusaha untuk membuat agama mereka sebagai satu satunya agama yang benar dengan memberantas semua agama lain. Atau mereka berusaha untuk memurnikan ras mereka sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Hitler.

Orang-orang ini mencoba untuk membuat sebuah kesatuan horisontal. Mereka berpikir bahwa kunci untuk persatuan adalah untuk menghapus konflik dan menciptakan “kesamaan.” Mereka berpikir bahwa konflik tersebut adalah diciptakan oleh perbedaan(luar).

Penyebab sebenarnya dari konflik 

Kita sekarang melihat potensi untuk mengambil pendekatan yang berbeda. Konflik tidak diciptakan oleh perbedaan luar atau bahkan perbedaan keyakinan. Konflik itu muncul dari sikap tertentu, suatu pendekatan tertentu terhadap kehidupan. Dasar dari sikap ini adalah bahwa seseorang melihat dirinya sebagai terpisahkan dari sumbernya. Dengan demikian ia tidak melihat hubungan antara dirinya dan saudara-saudaranya.

Alternatifnya adalah membantu setiap manusia membuat hubungan sadar pada sumbernya. Langkah pertama adalah mengakui bahwa Anda adalah makhluk spiritual yang terhubung dengan dunia spiritual. Langkah selanjutnya adalah menyadari bahwa semua umat manusia datang dari sumber yang sama. Perbedaan luar kita hanyalah ilusi penampilan yang merupakan produk dari dunia material ini. Di balik penampilan permukaan, ada kesatuan fundamental yang mengarah ke pengakuan bahwa kita semua berasal dari sumber yang sama.

Sebuah kesatuan yang vertikal

Sekarang kita dapat membuat satu kesatuan yang bukan horisontal, tapi vertikal. Alih-alih ingin menghapus/memusnahkan perbedaan, kita dapat melampaui perbedaan-perbedaan kita.

Salah satu contoh dari pendekatan ini adalah dalam keluarga. Kakak Anda mungkin memiliki karakteristik tertentu yang Anda sulit mentolerir. Namun karena Anda merasa ada hubungan yang lebih dalam dengan saudara Anda, Anda tidak hanya mentolerir keunikan dia, tapi Anda benar-benar mampu untuk menghargai mereka sebagai bagian dari individualitas yang unik. Sikap ini kemudian dapat ditransfer ke keluarga Anda yang lebih besar, yakni keluarga spiritual Anda.

Jika kita ingin menciptakan dan persatuan abadi sejati antara umat beragama, kita harus membentuk kesatuan vertikal yang didasarkan pada pengakuan bahwa kita semua berasal dari sumber yang sama.

Hubungan energi pikiran 

Bagaimana kita bisa membangun pengakuan terhadap sumber kita? Dengan melihat kita percaya! Kita harus menemukan cara untuk secara sadar mengalami hubungan dengan dunia spiritual. Jawabannya adalah menyelaraskan frekuensi dari pikiran.

Dengan memutar tombol pada radio, Anda dapat menyetel ke stasiun radio yang berbeda. Bagi radio, mereka hanyalah energi gelombang dengan frekuensi yang berbeda. Sejak awal waktu, banyak orang yang telah memiliki pengalaman mistik atau spiritual. Kita bisa melihat bahwa pikiran manusia memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai penerima gelombang radio. Bagi kebanyakan orang, radio ini hanya disetel untuk satu stasiun saja, yaitu apa yang kita sebut “dunia nyata.” Namun kenyataannya adalah bahwa pikiran memang memiliki kemampuan untuk menyetel ke frekuensi yang berbeda, bahkan pada frekuensi yang lebih tinggi dari alam spiritual.

Bagi banyak orang mungkin frekuensinya hanya menempel pada satu tempat saja, yaitu dunia material. Namun, jika kita mau berusaha, kita bisa belajar untuk mengubah tombol dari pikiran dan mendapatkan pengalaman langsung hubungan kita dengan sumber spiritual kita.

Kehilangan memori manusia 

Apa yang terjadi saat kita kehilangan kontak sadar dengan sumber spiritual kita? Hampir setiap agama didasarkan pada gagasan bahwa di masa lalu kita manusia tinggal di lingkungan yang lebih tinggi. Kemudian sesuatu terjadi yang menyebabkan kita jatuh atau turun ke alam yang lebih rendah, dan kita kemudian terperangkap di sini sejak itu. Karena kejatuhan ini, kita memiliki kebutuhan untuk memperoleh bantuan dari luar sehingga kita dapat naik kembali ke keadaan yang pernah kita ketahui tersebut.

Bagaimana jika kita mengasumsikan bahwa Kejatuhan manusia tersebut adalah penurunan tingkat kesadaran kita? Kita turun ke dalam keadaan kesadaran yang lebih rendah, di mana lebih sulit bagi kita untuk secara sadar mengalami sambungan ke sumber kita. Sebagian besar dari kita telah kehilangan persepsi sadar kita terhadap dunia spiritual, dan beberapa bahkan melupakan semua tentang dunia spiritual dan hubungan mereka dengan sumbernya.

Dengan kata lain, satu-satunya masalah yang nyata di planet ini adalah bahwa kita semua menderita karena beberapa tingkat kehilangan memori. Oleh karena itu, kita membutuhkan bantuan untuk mengatasi kehilangan memori ini dan memanjat kembali ke keadaan kesadaran yang lebih tinggi di mana kita berada, dan sekali lagi, terhubung ke sumber spiritual kita.

Menghubungkan kembali ke sumber kita

Mengapa penting untuk terhubung kembali ke sumber kita? Manusia selalu memiliki kerinduan yang mendalam untuk sesuatu. Bagaimana jika kita sebenarnya rindu pada sumber kita? Jika sumber kita berada di dalam dunia spiritual, adalah masuk akal bahwa tidak ada di dunia materi ini yang akan memuaskan kerinduan batin kita. Oleh karena itu, kita tidak akan merasa damai sampai kita terhubung kembali ke sumber kita.

Sebagai ilustrasi, mari kita pertimbangkan sebuah gunung es. Kita mengetahui bahwa pada sebuah gunung es hanya sepuluh persen dari total massanya yang berada di atas permukaan air. Bagaimana jika dunia material itu hanyalah puncak gunung es di dalam energi kontinum dari Tuhan? Dunia material terbuat dari substansi yang sama seperti halnya dunia spiritual. Ia hanya bergetar di tingkat yang lebih rendah, sehingga bisa terlihat oleh indra kita, sedangkan sembilan puluh persen lainnya tidak terlihat oleh indra luar kita.

Kita manusia selalu mencari penjelasan dan penyebab. Bagaimana jika kita tidak dapat menemukan penjelasan hanya dengan melihat secara eksklusif pada dunia material? Bagaimana jika kita dapat menemukan gambaran yang lengkap hanya dengan memperhatikan dunia spiritual? Bagaimana jika dunia material ini hanyalah efek dari penyebab yang terjadi di dunia spiritual?

Bagaimana jika pikiran sadar Anda hanyalah puncak gunung es dari keseluruhan? Ada lebih banyak lagi daripada yang terlihat oleh mata. Anda adalah makhluk spiritual, dan hanya sebagian kecil dari kesadaran total Anda yang terperangkap dalam tubuh fisik. Kita mungkin bisa mengatakan bahwa Anda memiliki bagian yang lebih tinggi dari keberadaan Anda, diri yang lebih tinggi. Ini adalah kunci menuju kebahagiaan dan ketenangan pikiran yang menghubungkan Anda kembali dengan diri yang lebih tinggi.






No comments:

Post a Comment