Tuesday, August 28, 2012

Pertemuan Pertama dengan Maharishi


Saat itu adalah tahun 1985, dua tahun setelah perjalanan saya ke Rishikesh, dimana saya mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Maharishi. Ketika kesempatan itu datang saya tiba-tiba menjadi ragu. Seorang psikolog muda Harvard, yang sedang melakukan studi tentang manfaat Transendental Meditasi untuk orang tua, menceritakan pada saya tentang kunjungan Maharishi ke Amerika untuk konferensi setelah beberapa tahun. Apakah saya mau pergi ke Washington DC dan memperkenalkan diri? Bagi kami para dokter, kami bukanlah pengikut yang baik, dan saya sudah lama memutuskan untuk tidak memiliki guru. Saya tidak akan memulai Transendental Meditasi/TM jika tidak memungkinkan bagi saya untuk mempelajarinya sendiri. Teman saya bersikeras saat menelepon saya dan bertanya-tanya tentang keengganan saya. Setelah membahas undangan tersebut dengan istri saya, Rita dan saya memutuskan bahwa rasa ingin tahu kami lebih kuat daripada keengganan kami. Lalu kami memutuskan untuk pergi.

Saya berada di sebuah auditorium dengan lebih dari lima ratus orang, dan dengan susah payah, kami berhasil sekilas melihat Maharishi. Dia berada di panggung, berpakaian sutra putih dan duduk di posisi lotus di dipan. Dia nyaris tidak bergerak, dan bahkan dari kejauhan, keheningan sempurnanya terlihat jelas.

Ketika ia bicara, ia memberi isyarat dengan bunga di tangannya. Suaranya luar biasa bervariasi, naik dan turun, sering diseliingi dengan tawa. Dia menghabiskan waktu beberapa jam membahas kebangkitan Ayurveda yang digunakan berbagai dokter dan pakar di India. Kedengarannya menarik, tapi kami harus mengejar pesawat. Dengan diam-diam Rita dan saya berjalan keluar.

Kami merasakan sesuatu antara lega dan kekecewaan. Di jalan menuju ke luar, kami berhenti untuk minum segelas air, kemudian mulai berjalan melalui lobi. Pada saat itu, pintu lorong terbuka dan keluarlah Maharishi. Dia berjalan cepat untuk tinggi badannya. Sekelompok orang mengikuti di belakangnya, tapi tanpa peringatan ia menyimpang jauh dari mana mereka akan pergi, menuju lift dan berjalan menuju Rita dan saya. Dia mengambil mawar merah panjang yang berasal dari bunga-bunga yang dia pegang dan menyerahkannya kepada Rita, kemudian mengambil yang lain dan menyerahkannya pada saya.

“Bisakah Anda datang?” ia meminta kami. Merasa sedikit bingung, Saya memandang Rita. Kami berdua masih berpikir tentang pesawat kami yang akan berangkat setengah jam kemudian. Saya tidak tahu harus berkata apa, dan saya menyadari bahwa jantung saya sudah mulai berdebar kencang di dada saya. “Kami harus mengejar pesawat kami, Maharishi,” kataku. Dia tertawa. “Oh, Anda tidak bisa datang?” ulangnya. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi mengikutinya dan di lantai atas kami berada di ruang konferensi yang dihiasi warna pink lembut dari lantai sampai ke langit-langit.

Kami duduk di kursi empuk warna pink; sementara Maharishi duduk di posisi lotus di atas dipan putih. Rita dan saya telah melihat fotonya berkali-kali, jadi dia sepertinya sudah akrab dengan kami. Saya lebih pendek dari rata-rata orang Amerika, tapi ia lebih kecil dari saya. Maharishi Mahesh Yogi adalah nama yang menunjukkan sebuah cerita. Maharishi adalah kata yang menggabungkan maha atau “besar” dan Resi atau “bijak.” Bagian dari nama yang kita sebut nama yang diberikan adalah Mahesh. Dan yogi berarti “dalam persatuan.” Seorang pria bernama Mahesh telah mencapai penyatuan spiritual dengan kosmos dan menjadi manusia bijak dan besar.

Sikapnya sangat sederhana, tapi pada saat yang sama, saat ia mengobrol dengan kami, saya tidak bisa membayangkan memperhatikan orang lain. Pada titik yang sangat awal pertemuan kami, saya melihat bahwa perhatian saya sendiri, terhadap dia, telah menjadi sangat terkonsentrasi. Tanpa upaya apapun, pikiran saya menjadi terdiam. Tidak ada pikiran bergerak melaluinya, dan tidak ada yang mondar mandir dalam pikiran – hanya terdiam. Ini tampaknya sebuah kondisi yang luar biasa menyenangkan berada dalam, karena aku merasa benar-benar sadar. Tidak terlintas dalam pikiran saya bahwa saya membawa beban kesadaran diri saya-sampai saat itu. Saya merasa tidak ada keinginan saya untuk terlihat penting atau memberi kesan pada Maharishi. Saya tidak merasa perlu untuk menjadi apa pun pada waktu itu. Itu cukup hanya untuk hadir saat itu.

Maharishi bertanya pada kami tentang apa yang kami lakukan dan saya berkata bahwa saya adalah seorang dokter dan saya telah berlatih TM selama empat tahun.”Dan apa spesialisai Anda?” tanyanya. Saya mengatakan bahwa itu adalah endokrinologi. “Itu bagus,” kata Maharishi.“ ”Ilmu ini menghubungkan segala sesuatu di dalam tubuh, bukan? Seperti jaringan.” Dia membuat gerakan saling mengunci dengan tangannya. Saya terkesan dia tahu itu, tapi ia benar.

Dia kemudian bertanya, “Apakah Anda tahu banyak tentang Ayurveda?” Saya menggeleng. “Anda harus belajar,” katanya, “karena itu adalah suatu cara yang sederhana untuk mendekati ilmu kedokteran. Segala sesuatu di sekitar kita adalah perubahan, tapi semua berlangsung dengan latar belakang yang tidak berubah. Melawan segala sesuatu di dunia relatif adalah dasar dari yang mutlak. Ayurveda mengatakan bahwa dibalik mortality adalah aspek keabadian. Tujuan dari Ayurveda adalah untuk mengembalikan multiplisitas ini menuju absolut, kesatuan. Kesadaran adalah yang menghubungkan kita kembali ke yang tidak berubah, ia menjelaskan, karena kesadaran kita berkembang dari yang absolut dengan cara yang sama seperti tumbuh-tumbuhan, batu, dan semua hal-hal fisik yang timbul. Bahan baku untuk segala sesuatu di alam semesta adalah kesadaran.

“Alam berpikir seperti yang kita lakukan,” Aku ingat Maharishi mengatakan. Dan itulah kuncinya. Jika Alam berpikir segalanya dengan cara yang sama, maka eksistensi fisik adalah satu tema yang bekerja melalui satu miliar variasi. Rahasianya adalah tidak terganggu oleh variasi tersebut sehingga Anda melewatkan tema dasarnya.

“Anda lihat?” Maharishi berkata, “Semuanya teratur  karena semuanya adalah kecerdasan, Makanan adalah kecerdasan dan tanaman adalah kecerdasan. Apa kita makan sebagai makanan kita mengubahnya dengan kecerdasan kita sendiri. Penyakit adalah kecerdasan yang terganggu, Tapi kita bisa membawanya kembali ke dalam garisnya. Itulah yang kita lakukan dari sisi kita. Alam akan mengurus hal itu.“

Mendengarkan Maharishi adalah pengalaman yang luar biasa. Dia menjalin bersama, sangat sederhana dan cekatan, sebuah dunia baru yang muncul dari kesadaran. Sebuah penciptaan di mana segala sesuatu terjadi, bintang, galaksi, rumput yang tumbuh, makan makanan – berasal dari sebuah transformasi tanpa akhir dari satu kecerdasan.

Sekitar dua jam kemudian pertemuan kami berakhir. Sebagai isyarat perpisahan dia dengan sangat hati-hati memilih dua mawar lagi. Dia memilih dengan teliti dari sekumpulan bunga sebelum ia menemukan satu yang tepat. Dia meminta kami untuk memberikannya kepada anak-anak kami. Kami saling memandang sekilas terakhir di ruang merah jambu, dan menit berikutnya kami hanya berdua di dalam lift.

Rita dan saya merasa gembira, pikiran kami beralih ke pesawat yang seharusnya kami naiki dari dua jam sebelumnya. Atas dorongan hati, kami pergi ke bandara. Tidak ada penerbangan kemudian, kami diberitahu, tapi secara kebetulan, semua penerbangan sebelumnya telah tertunda pada koridor timur, dan pesawat kami masih berada di bandara. Agen tiket bilang bahwa itu adalah salah satu penundaan terpanjang tahun ini – kami sangat beruntung. Saya tidak tahu pada saat itu bahwa ini akan menjadi awal banyaknya keberuntungan yang kebetulan disekitar interaksi saya dengan Maharishi.

Saat kami pulang ke rumah, aku memikirkan tentang Ayurveda dan keinginan Maharishi agar saya terlibat di dalamnya. Sekarang saya berada jauh dari beliau, keheningan batin saya menguap, dan dengungan pikiran dimulai lagi. Beberapa keheningan tetap, tapi sekarang dimanjakan oleh kecemasan. Berulang-ulang, sebuah pikiran terulang: “Jangan menjadi outsider.” Saya sedang diminta untuk mencari ilmu pengetahuan di luar. Mungkin Ayurveda akan menjadi ilmu masa depan, tapi bagaimana dengan saat ini? Saya memikirkan posisi saya sebagai dokter. Ayurveda adalah pengobatan tidak berlisensi di Amerika. Saya tidak diminta untuk sekedar mempraktekan Ayurveda, tetapi untuk melihat ke dalamnya. Sebagian diriku mengatakan bahwa saya akan banyak kehilangan. Bagian lain, bagian dalam keheningan, yang netral. Tidak melihat masalah sama sekali.

Saya berbaring di tempat tidur berpikir tentang Maharishi sendiri. Tradisi kebijaksanaan di India telah diwariskan dari satu orang ke orang lain, dari guru ke murid. Ini mungkin cara yang lebih rapuh dari catatan tertulis, tetapi dalam kenyataannya telah jauh lebih bertahan lama. Guru, atau Acharya, menyatu dengan kebenaran ketika berbicara tentang hal tersebut. Jika ia dapat secara efektif mengajarkannya, muridnya bisa menjadi perwujudan berikutnya, dan dengan cara seperti itu, dari generasi ke generasi ilmu ini tersambung dengan baik. Kebenarannya mungkin tenggelam dari cahaya publik, tetapi di suatu tempat hal itu mengalir melalui kebijaksanaan. Sebuah pikiran yang benar-benar tercerahkan tidak berpikir tentang kebenaran, tetapi menciptakan itu. Itulah sebabnya Acharya sejati sangat jarang.

Saya tidak ragu, setelah berlatih meditasi, bahwa Maharishi mencerminkan sesuatu yang dari tersirat dari namanya. Dia adalah seorang bijak besar, yang mengetahui dan guru dari realitas. Tidak perlu bagi saya untuk mencari dan menemuinya sebagai seorang guru, karena, oleh kejeniusannya, Maharishi telah dikompresi menjadi guru spiritual dan menempatkan dia di dalam setiap meditator. Maharishi mengajarkan bahwa jika kita ingin mencari orang yang akan menerangi kita, kita tidak harus melampaui ambang pintu batin kita sendiri.

Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

No comments:

Post a Comment