Friday, November 2, 2018

Apakah Ilmu Pengetahuan dan Spiritualitas saling Bertentangan Satu sama Lain?

Oleh: Neale Donald Walsch
 
Mari saya mulai dengan mengatakan bahwa pemahaman saya tentang Tuhan “bisa dianggap sesuai dengan paradigma ilmiah” Saya tidak pernah berpikir bahwa sains dan spiritualitas adalah saling eksklusif, atau saling bertentangan satu sama lain.

Apa yang diberitahukan CWG kepada saya adalah menambahkan “sedikit informasi” yang sebelumnya tidak saya miliki dalam pemikiran saya … dan dialog itu tidak membatasi informasinya pada apa yang sepenuhnya dipahami oleh umat manusia, tetapi mengajak saya untuk meluaskan imajinasi saya untuk melihat kemungkinan bahwa mungkin ada sesuatu tentang Tuhan dan tentang Kehidupan yang belum sepenuhnya dipahami oleh manusia … pemahaman yang dapat mengubah segalanya.

Saya pikir satu-satunya perbedaan antara apa yang dikatakan dalam CWG kepada saya tentang Tuhan dan apa yang ilmu pengetahuan katakan kepada kita tentang alam semesta adalah bahwa CWG ( secara lebih luas lagi, Spiritualitas Baru) mengatakan bahwa proses kehidupan telah (dan terus berlanjut) yang secara sadar diciptakan oleh kekuatan dan sumber kebijaksanaan, kesadaran diri, dan niat menuju yang saya gambarkan dalam satu kata sebagai Cinta.

Saya telah sampai pada kesimpulan bahwa energi yang saya rasakan sebagai cinta adalah Esensi utama, atau Energi Murni, yang Tidak Terpisahkan yang bagi beberapa orang (termasuk saya sendiri,) menyebutnya sebagai Tuhan. Saya percaya bahwa Esensi Inti atau Energi Murni ini bertindak dengan maksud dan tujuan – tujuan dan maksud dari setiap elemen yang mampu dipilih oleh kesadaran … dan bahwa tujuan atau tujuan gabungan atau kolaboratif dari Keseluruhan adalah apa yang kita sebut sebagai Tuhan dalam Tindakan.

Saya percaya bahwa Energi Murni ini ada di, sebagai, dan melalui segala sesuatu – dan, lebih jauh lagi, itu dapat dipengaruhi dan dimanipulasi dengan sendirinya. Yaitu, dengan aspek atau partikel itu sendiri. Saya sudah lama (menggemakan apa yang diberitahu saya di dalam CWG) menyatakan bahwa energy ini akan mempengaruhi energi lain melalui proses energi itu sendiri. Ini, orang lain mungkin menyebutnya sebagai fisika kuantum pada tingkat yang paling mendasar.

Saya telah berbicara selama 20 tahun tentang “bidang energy kontekstual” … dan fisika telah berbicara selama bertahun-tahun tentang “medan kuantum.”

CWG mengatakan kepada saya dua dekade lalu bahwa “tidak ada garis lurus di alam semesta,” dan teori kuantum menegaskan bahwa “bentuk” dasar kosmos adalah melengkung.

CWG mengatakan kepada saya dua dekade lalu, bahwa waktu, seperti yang kita pahami, adalah tidak ada, dan fisika kuantum menjelaskan bahwa tidak ada pemisahan antara apa yang kita sebut Ruang dan Waktu, dan bahwa kita sebenarnya hidup dalam apa yang orang awam (atau penulis spiritual) mungkin menyebut Momen Abadi Saat Ini.

Saya tidak menggambarkan diri saya sebagai seorang religius yang taat, tetapi saya akan mengatakan bahwa saya adalah “seorang yang sangat spiritual.” Dengan ini saya bermaksud untuk mengkomunikasikan bahwa saya percaya ada basis spiritual, kehadiran, identitas, dan esensi di balik semua kehidupan yang tidak dapat belum dijelaskan oleh logika ilmiah linier manusia saat ini yang terbatas atau model yang digerakkan oleh bukti.

Atau, seperti yang dikatakan Shakespeare dengan jauh lebih fasih: “Ada lebih banyak hal di Surga dan Bumi, Horatio, daripada yang diimpikan dalam filsafat Anda.”

Tidak banyak yang akan mengatakan dengan keras apa yang telah dikatakan oleh batin mereka. Orang-orang tampaknya merasa jauh lebih aman untuk menjaga pemahaman atau keyakinan metafisik terdalam mereka secara diam-diam tersembunyi, mengikuti peringatan Shakespeare, yang memasukkan suara Hamlet: “Bersumpah demi pedangku. Tidak pernah membicarakan hal yang telah Anda dengar ini.”

Jadi, apa yang sering kita “dengar” dalam batin kita biasanya kita simpan untuk kita sendiri.

Saya, tentu saja, tidak melakukannya. Dan saya merasakan kepastian batin yang tenang bahwa banyak pesan utama dari Percakapan dengan Tuhan akan segera terungkap dan tidak begitu jauh dari realitas sesungguhnya. Namun pesan itu seringkali disebut bidah oleh beberapa orang. Pada saat-saat ketika mereka melakukan itu, saya menemukan penghiburan dalam pengamatan George Bernard Shaw, yang mengatakan: “Semua kebenaran besar dimulai dengan hujatan.”

Saya telah menjadi sadar dalam hidup saya akan keberadaan apa yang saya sebut sebagai Esensi Mulia dan Energi yang Dapat Digunakan, dan Dapat Diarahkan. Ini adalah apa yang saya sebut Tuhan, dan saya berpikir bahwa Tuhan dapat digunakan untuk menghasilkan hasil yang konsisten dan dapat diprediksi dalam banyak bidang kehidupan kita. Tetapi kita harus percaya ini benar untuk mewujudkannya sebagai kebenaran dalam pengalaman sehari-hari kita. Percaya adalah melihat, dan ini adalah bagaimana energi berdampak pada dirinya sendiri.

Pendeta Dr. Norman Vincent Peale menyebut ini Kekuatan Pikiran Positif, dan telah menghasilkan hasil yang cukup diinginkan dalam kehidupan saya untuk membuat saya yakin akan keampuhan dan realitasnya. Apakah pengalaman pribadi saya ini telah sesuai dengan “tes ilmiah” yang dilakukan orang lain berikut bukti yang tanpa diragukan atau pertanyaan ini masih relevan bagi saya.

Kembali ke Tn. Einstein, saya sangat menyukai apa yang dia katakan dalam sebuah ceramah di Union Theological Seminary tentang hubungan antara agama dan sains: “situasinya dapat diekspresikan dengan sebuah gambar: sains tanpa agama adalah pincang, agama tanpa ilmu pengetahuan adalah buta.”

Saya kerap tidak merasa nyaman dengan kata “agama” dibanding dengan kata “spiritualitas,” karena saya mengalami “agama” sebagai kumpulan doktrin dan dogma yang harus diterima secara utuh dan tanpa pertanyaan oleh penganut agama. Percakapan dengan Tuhan, di sisi lain, mengatakan kepada semua pembacanya: Jangan percaya kata-kata saya. Cukup mencobanya dalam kehidupan Anda sendiri. Jika beresonansi dan berfungsi, gunakan itu. Jika tidak, segera buang. Dalam hal ini, dan dalam semua hal, jadilah otoritas Anda sendiri.

Sayangnya para penulis dan guru kontemporer dalam agama-agama saat ini jarang yang mengatakan: “Saya bisa salah tentang semua ini.” Ini akan menyegarkan jika mereka mau melakukannya. Akan menyegarkan jika mereka hanya berkata, “Inilah yang kami yakini. Putuskan sendiri apa yang benar untuk Anda. Dan ketahuilah bahwa Anda tidak akan dikecam atau ditolak oleh kami (dan tentu saja oleh Tuhan) seandainya Anda tidak menerima keyakinan ini.”

Banyak pesan Percakapan dengan Tuhan sulit bagi banyak orang untuk percaya. Dan orang-orang seharusnya tidak mempercayai jika mereka tidak mau mempercayainya. Tetapi hanya untuk referensi- untuk melihat apakah ada yang dapat Anda rangkul – di sini adalah daftar dari apa yang saya sebut Kesebelas Kepercayaan yang Tak Terbayangkan dalam Percakapan dengan Tuhan:
  1. Ada Esensi Esensial di alam semesta, yang oleh beberapa orang disebut Tuhan.
  2. Esensi ini adalah Murni, Energi Tak Terbeda, yang sadar akan Hakikat dan yang membedakan diri dalam bentuk fisik dan metafisis yang bervariasi.
  3. Tujuan dari diferensiasinya adalah untuk menyediakan Esensi Esensial dengan pengalaman Sendiri yang lengkap dan utuh.
  4. Anda adalah Individuasi dari Energi Esensial ini, satu entitas spiritual yang terdiri dari tiga bagian yang disebut, dalam bahasa manusia, Tubuh, Pikiran, dan Jiwa. Tidak ada pemisahan antara Anda dan Esensi ini yang telah disebut oleh beberapa orang sebagai Tuhan. Segalanya adalah Satu. Hanya ada Satu, dan segala sesuatu adalah bagian dari Yang Satu itu, yang timbul dan ada dalam Ekspresi Individual. Anda adalah Tuhan sebagaimana gelombang adalah samudra: Anda sama dengan Tuhan, Anda sama sekali tidak terpisah darinya. Tidak ada yang disebut sebagai Terpisah, dan tidak ada hal seperti bukan benda. Apa yang disebut “ruang kosong” sesungguhnya tidak ada “kosong” sama sekali, tetapi kumpulan partikel energi dan gelombang, fluktuasi dan getaran yang terlalu cepat untuk dilihat atau terlihat oleh pikiran manusia, tetapi dapat dideteksi dengan instrumen.
  5. Tidak ada keinginan, kebutuhan dan tuntutan dari Tuhan. Hukuman yang kekal tidak ada, tetapi kehidupan kekal pasti terjadi. Jiwa Anda selalu, sekarang, dan akan selalu ada. Keberadaan abadinya tidak bergantung pada kepatuhan terhadap seperangkat “aturan” atau “peraturan,” “persyaratan” atau “perintah.” Apa yang disebut Kerajaan Tuhan bukanlah meritokrasi. Ini hanyalah sebuah medan pengalaman, bidang energi yang mengekspresikan diriNYa, sebuah Bidang Kontekstual yang memberikan kesempatan bagi pengalaman tanpa akhir dari Diri Sendiri oleh Esensi Esensial. Bidang ini bermanifestasi dalam apa yang disebut bentuk metafisik dan fisik – atau apa yang telah diberi label dalam beberapa sistem kepercayaan manusia sebagai Surga dan Bumi.
  6. Tujuan Kehidupan adalah menciptakan kembali diri Anda sendiri di setiap Momen Emas Saat Ini di versi termegah berikutnya dari visi terbesar yang pernah Anda miliki tentang Siapa Anda.
  7. Dalam istilah manusia yang paling umum digunakan, kehidupan Anda bukanlah tentang Anda. Artinya, ini bukan tentang Local You, tetapi tentang Universal You. Ini tentang semua orang yang kehidupannya Anda sentuh, dan cara Anda menyentuhnya. Dengan cara ini, Anda menciptakan kembali diri Anda sendiri dalam versi termegah berikutnya dari visi terbesar yang pernah Anda miliki tentang Siapa Anda, yang memungkinkan Anda untuk merasakan diri Anda sendiri sebagai Diri Universal.
  8. Tidak ada yang namanya “benar” dan “salah,” dan setiap penunjukan atau definisi tersebut adalah konstruksi manusia, yang tunduk pada perubahan mendasar di sepanjang periode yang Anda sebut “waktu.”
  9. Waktu itu sendiri tidak ada dalam cara manusia mendefinisikannya, sama seperti ruang yang ada sebagaimana manusia telah mendefinisikannya, tetapi keduanya ada sebagai Realitas Tunggal yang dapat disebut ruangwaktu, menghasilkan Pengalaman Abadi Selalu Di Sini / Saat ini.
  10. Pengampunan adalah halangan terbesar bagi pertumbuhan spiritual, karena setiap tindakan sesungguhnya adalah tindakan Cinta, dan karena itu dapat dimengerti, jika tidak perlu mengampuni. Memahami bukanlah memaafkan.
  11. 98% orang di dunia menghabiskan 98% waktu mereka untuk hal-hal yang tidak penting. Artinya, kebanyakan orang tidak mengetahui apa yang mereka lakukan di sini, siapa mereka sebenarnya, atau apa tujuan kehidupan di seluruh alam semesta. Kebanyakan orang bahkan tidak yakin bahwa kehidupan memiliki tujuan – yang merupakan kesalahpahaman terbesar dan paling berdampak negatif terhadap spesies kita.

No comments:

Post a Comment