“Seolah-olah Anda sedang melewati sebuah terowongan, kemudian terowongan itu akan lebih gelap dan lebih gelap, kemudian di kejauhan ada cahaya dan Anda pergi ke dalamnya. Sulit untuk menjelaskan cahaya itu seperti apa, itu seperti berada di tengah-tengah matahari - cahaya yang terang luar biasa, namun tidak menyilaukan. Anda hanya berada di dalamnya dan ini seolah-olah Anda menyatu dengan cahaya ini. Ini bukan hanya cahaya, ada sesuatu yang lebih, cahaya ini seolah memahami Anda seperti siapa Anda. Anda merasa diterima. Apa yang benar-benar membuat terkesan pada diri saya adalah adanya rasa cinta dan kehangatan luar biasa yang membayangi segala sesuatu; cahaya itu begitu menyelimuti Anda.“
Ini adalah kisah ahli kimia Belanda berusia 58 tahun dalam sebuah wawancara di radio. Dia berbicara tentang pengalaman mendalam yang ia miliki, pada apa yang dianggap sebagai pengalaman menjelang kematiannya, setelah mengalami pendarahan otak. Dia adalah salah satu dari banyak orang, yang dalam beberapa tahun terakhir, telah berani berbicara secara terbuka tentang sebuah kenyataan baru: bahwa kematian bukanlah akhir.
Keyakinan mereka tidak lagi teoritis, yang berasal dari keyakinan agama, tetapi kepastian yang didasarkan pada pengalaman yang dimiliki sekilas singkat dari ‘sisi lain.
Ketakutan
Ribuan, bahkan puluhan ribu orang dipastikan telah mengalami sesuatu yang sangat mirip. Mereka tetap diam tentang hal itu karena takut diejek oleh masyarakat yang materialistis dimana ketakutan akan kematian adalah sangat dominan sehingga untuk berbicara tentang hal ini adalah hampir dianggap tabu. Rasa takut terhadap kematian, sesuai dengan bukti-bukti yang diberikan oleh ‘saksi mata’ yang telah berani berbicara, benar-benar tidak diperlukan. Banyak dari mereka yang telah berada sebentar pada batas antara ‘hidup dan mati’ merasa jauh lebih sulit untuk kembali daripada tinggal ‘di sisi lain’. Dalam kata-kata dari ahli kimia Belanda yang sama: “Pada titik tertentu saya tahu bahwa saya harus memilih: untuk pergi (untuk Anda ketahui bahwa di balik cahaya itu adalah sesuatu yang lebih) atau untuk kembali. Itu adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, karena rasa ‘kematian’ tersebut begitu menyenangkan hingga diperlukan banyak kemauan untuk kembali. Saya telah membuat keputusan itu, tapi saya bisa membayangkan bahwa ada orang yang merasa begitu menyenangkan sehingga ingin tinggal di sana dan pergi. “
Hal yang menarik tentang kesaksian langsung tersebut adalah kesamaan
mencolok di antara pengalaman ini. Hal ini dapat dilihat dari hasil
beberapa upaya ilmiah yang telah dibuat untuk memetakan
tentang pengalaman-pengalaman ini. Psikolog Amerika Dr Karlis Osis dan
rekannya dari Islandia, Dr Erlendur Haraldsson, telah melakukan survei
tentang apa yang mereka istilahkan sebagai ’visi kematian’. Dengan
mewawancarai ratusan dokter dan perawat, mereka mengumpulkan informasi
tentang 442 pengalaman mati suri di Amerika Serikat dan 435 di India
(dimana 163 orang mampu mengingat pengalaman tersebut). Dalam tidak
kurang dari 91 kasus, bukti yang diberikan dari ‘halusinasi’
ini memiliki kesamaan yaitu munculnya wujud yang mengatakan mereka ada
di sana untuk memudahkan transisi. Kadang-kadang itu adalah ‘sebuah’
figur cahaya tetapi lebih sering itu adalah anggota keluarga yang
telah meninggal sebelumnya dan datang untuk membantu si pasien.
Kesaksian berikut ini diberikan oleh seorang dokter: “Seorang pasien penyakit jantung saya, seorang wanita berusia lima puluhan tahu bahwa dia sedang sekarat dan sedang dalam suasana hati depresi. Tiba-tiba, ia dia mengangkat lengannya dan matanya terbuka lebar; wajahnya berbinar seolah-olah sedang melihat seseorang yang dia lama tidak melihat. Dia berkata, ‘Oh, Katie, Katie’. Pasien tersebut tiba-tiba terbangun dari keadaan koma, ia tampak bahagia, dan dia meninggal segera setelah halusinasi tersebut. Ternyat memang ada beberapa nama Katie dalam keluarga wanita ini. Dan semuanya telah meninggal dunia. “
Pengalaman lain yang serupa adalah seorang ibu rumah tangga berusia 68 tahun dari Polandia yang menderita kanker. Pikirannya begitu jernih saat itu. Dia sedang menyelesaikan beberapa masalah keuangan dan meminta untuk diambilkan tasnya. Dia belum memikirkan tentang kematian. Lalu ia melihat suaminya yang telah meninggal dua puluh tahun sebelumnya. Dia bahagia dengan munculnya semacam perasaan religius dan, menurut dokter, ia kehilangan semua ketakutan atas kematian, sebaliknya ia merasa itu menjadi hal yang benar benar logis. Dia meninggal dalam waktu 5 atau 10 menit kemudian. “
Bukan-patologis
Menurut survei dari Osis dan Haraldsson, salah satu ciri penting dari pengalaman ini adalah beberapa tingkat kesamaan. Variabel pribadi seperti usia, jenis kelamin, kondisian, status sosial atau latar belakang agama tampaknya tidak memiliki pengaruh pada sifat dari ‘halusinasi’ tersebut. Konten mereka, bagaimanapun, berbeda secara signifikan dari halusinasi lain, misalnya mereka yang mengalami sakit mental dan yang sebagian besar bersifat auditory. Dalam kasus pengalaman sekarat terlihat gambaran yang jelas terlihat. Perbedaan lain adalah, dari munculnya sosok yang disaksikan oleh pasien sekarat tersebut, sekitar 90 persen adalah keluarga dekat. Ini tidak terjadi pada orang yang menderita sakit mental.
Masih ada lebih banyak lagi perbedaan mencolok yang membuktikan bahwa penampakan-penampakan yang hadir di hadapan pasien yang sekarat tidak bisa dianggap sebagai akibat demam dari orang yang sakit yang menyebabkan kebingungan. Halusinasi akibat demam dan orang-orang yang sakit mental biasanya menimbulkan kecemasan, mengancam dan bingung. Dalam kasus pasien sekarat ada bukti yang luar biasa dari pengalaman yang memberikan ketenangan dan sukacita. Seperti dibahas di atas, sangat sering terjadi pada pasien yang mengalami sekarat itu kemudian keluar dari depresi mental, terhibur dan terbebaskan dari semua ketakutan, dan berani menghadapi kematian. Dalam lebih dari seratus kasus yang didokumentasikan dari pengalaman itu banyak digambarkan seperti berada di ‘tempat surgawi’ dengan pemandangan indah dan taman yang indah. Dalam banyak kasus di mana tidak ada gambar yang terlihat ada perasaan nyaman, ketenangan dan kedamaian, kadang-kadang perasaan religius, telah dialami. Hal ini juga mengesankan bahwa ‘halusinasi’ ini juga dialami oleh banyak pasien yang fungsi mentalnya sama sekali tidak terganggu. Menurut survei ini hampir setengah dari pasien berada dalam keadaan pikiran normal, mereka benar-benar sadar lingkungan dan bereaksi rasional saat melihat ‘penampakan’.
Agama – tidak memiliki pengaruh
Harapan pasien tidak mengkondisikan jenis visi yang dialami. Baik di Amerika Serikat maupun di India tidak ada tujuan atau identitas penampakan yang sesuai dengan harapan atau sebaliknya terhadap mereka yang sekarat atau orang yang sakit parah yang sedang memusatkan perhatian pada pemulihan mereka. Dengan kata lain, pasien yang mengira mereka akan pulih tidak memiliki lebih sedikit visi sekarat dari mereka yang tahu bahwa mereka sedang sekarat. Apakah mereka memiliki keyakinan agama atau tidak tampaknya tidak membuat perbedaan yang signifikan : baik orang percaya dan tidak-percaya memiliki pengalaman sekarat pada tingkat yang sama.
Osis dan Haraldsson juga memiliki keberanian untuk menyatakan keyakinan pribadi mereka sendiri: Ketika Osis memulai survei ini, ia cukup kritis. “Namun, setelah bertemu seorang dokter yang banyak memberi laporan yang konsisten yang mendukung teori bertahan hidup setelah kematian, ia perlahan-lahan berubah sikap ke arah yang positif juga. Haraldsson memulai dengan sikap hati hati tapi terus mencari. Secara bertahap ia menjadi terkesan dengan data dari banyak wawancara yang dilakukan. Hasil panjang dari evaluasi statistik membuat ia menerima hipotesis terhadap akhirat sebagai penjelasan yang paling masuk akal terahap data kami. Osis sependapat dengan penafsiran ini.“
Bahkan seorang humanis yang memiliki keyakinan bahwa kematian adalah akhir, dan bahwa satu hidup hanya sekali, tidak dapat dengan mudah mengabaikan kesaksian berdasarkan pengalaman pribadi dari ‘kehidupan setelah kematian’. Buku Life after Life yang ditulis oleh Dokter dan filsuf Amerika Dr Raymond Moody, misalnya, menyebabkan dokter Belanda dan sosiolog Albert Nieuwland untuk mempertimbangkan kembali pandangan dunianya. Dalam sebuah wawancara di surat kabar, Nieuwland, yang mengajar di Lembaga Pendidikan Humanistik, mengakui bahwa rencana awal nya adalah ‘melempar buku itu ke dalam api’ di majalah yang diterbitkan oleh organisasi humanistik. “Tapi ketika saya membaca buku tersebut saya menjadi sangat terkesan”, kata Nieuwland, dan itu menyebabkan dia untuk membaca lebih lanjut pada subjek tersebut. Kesimpulannya: “Pengalaman-pengalaman ini harus ditanggapi dengan sangat serius. Pengalaman ini biasanya dianggap omong kosong dan diberhentikan sebagai cerita atau pengalaman yang disebabkan oleh anestesi atau akibat dari obat. Namun, investigasi yang kebanyakan dilakukan di Amerika ini telah menunjukkan bahwa penalaran tersebut adalah salah. Sekitar 40 persen dari orang sekarat yang memiliki pengalaman-pengalaman NDE ini, dan akan jauh lebih masuk akal untuk bertanya kepada diri sendiri apakah kita bisa belajar sesuatu dari mereka.“
Peter Liefhebber adalah editor kepala Share International Belanda dan seorang wartawan veteran surat kabar harian terbesar di Belanda.
Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog
Kesaksian berikut ini diberikan oleh seorang dokter: “Seorang pasien penyakit jantung saya, seorang wanita berusia lima puluhan tahu bahwa dia sedang sekarat dan sedang dalam suasana hati depresi. Tiba-tiba, ia dia mengangkat lengannya dan matanya terbuka lebar; wajahnya berbinar seolah-olah sedang melihat seseorang yang dia lama tidak melihat. Dia berkata, ‘Oh, Katie, Katie’. Pasien tersebut tiba-tiba terbangun dari keadaan koma, ia tampak bahagia, dan dia meninggal segera setelah halusinasi tersebut. Ternyat memang ada beberapa nama Katie dalam keluarga wanita ini. Dan semuanya telah meninggal dunia. “
Pengalaman lain yang serupa adalah seorang ibu rumah tangga berusia 68 tahun dari Polandia yang menderita kanker. Pikirannya begitu jernih saat itu. Dia sedang menyelesaikan beberapa masalah keuangan dan meminta untuk diambilkan tasnya. Dia belum memikirkan tentang kematian. Lalu ia melihat suaminya yang telah meninggal dua puluh tahun sebelumnya. Dia bahagia dengan munculnya semacam perasaan religius dan, menurut dokter, ia kehilangan semua ketakutan atas kematian, sebaliknya ia merasa itu menjadi hal yang benar benar logis. Dia meninggal dalam waktu 5 atau 10 menit kemudian. “
Bukan-patologis
Menurut survei dari Osis dan Haraldsson, salah satu ciri penting dari pengalaman ini adalah beberapa tingkat kesamaan. Variabel pribadi seperti usia, jenis kelamin, kondisian, status sosial atau latar belakang agama tampaknya tidak memiliki pengaruh pada sifat dari ‘halusinasi’ tersebut. Konten mereka, bagaimanapun, berbeda secara signifikan dari halusinasi lain, misalnya mereka yang mengalami sakit mental dan yang sebagian besar bersifat auditory. Dalam kasus pengalaman sekarat terlihat gambaran yang jelas terlihat. Perbedaan lain adalah, dari munculnya sosok yang disaksikan oleh pasien sekarat tersebut, sekitar 90 persen adalah keluarga dekat. Ini tidak terjadi pada orang yang menderita sakit mental.
Masih ada lebih banyak lagi perbedaan mencolok yang membuktikan bahwa penampakan-penampakan yang hadir di hadapan pasien yang sekarat tidak bisa dianggap sebagai akibat demam dari orang yang sakit yang menyebabkan kebingungan. Halusinasi akibat demam dan orang-orang yang sakit mental biasanya menimbulkan kecemasan, mengancam dan bingung. Dalam kasus pasien sekarat ada bukti yang luar biasa dari pengalaman yang memberikan ketenangan dan sukacita. Seperti dibahas di atas, sangat sering terjadi pada pasien yang mengalami sekarat itu kemudian keluar dari depresi mental, terhibur dan terbebaskan dari semua ketakutan, dan berani menghadapi kematian. Dalam lebih dari seratus kasus yang didokumentasikan dari pengalaman itu banyak digambarkan seperti berada di ‘tempat surgawi’ dengan pemandangan indah dan taman yang indah. Dalam banyak kasus di mana tidak ada gambar yang terlihat ada perasaan nyaman, ketenangan dan kedamaian, kadang-kadang perasaan religius, telah dialami. Hal ini juga mengesankan bahwa ‘halusinasi’ ini juga dialami oleh banyak pasien yang fungsi mentalnya sama sekali tidak terganggu. Menurut survei ini hampir setengah dari pasien berada dalam keadaan pikiran normal, mereka benar-benar sadar lingkungan dan bereaksi rasional saat melihat ‘penampakan’.
Agama – tidak memiliki pengaruh
Harapan pasien tidak mengkondisikan jenis visi yang dialami. Baik di Amerika Serikat maupun di India tidak ada tujuan atau identitas penampakan yang sesuai dengan harapan atau sebaliknya terhadap mereka yang sekarat atau orang yang sakit parah yang sedang memusatkan perhatian pada pemulihan mereka. Dengan kata lain, pasien yang mengira mereka akan pulih tidak memiliki lebih sedikit visi sekarat dari mereka yang tahu bahwa mereka sedang sekarat. Apakah mereka memiliki keyakinan agama atau tidak tampaknya tidak membuat perbedaan yang signifikan : baik orang percaya dan tidak-percaya memiliki pengalaman sekarat pada tingkat yang sama.
Osis dan Haraldsson juga memiliki keberanian untuk menyatakan keyakinan pribadi mereka sendiri: Ketika Osis memulai survei ini, ia cukup kritis. “Namun, setelah bertemu seorang dokter yang banyak memberi laporan yang konsisten yang mendukung teori bertahan hidup setelah kematian, ia perlahan-lahan berubah sikap ke arah yang positif juga. Haraldsson memulai dengan sikap hati hati tapi terus mencari. Secara bertahap ia menjadi terkesan dengan data dari banyak wawancara yang dilakukan. Hasil panjang dari evaluasi statistik membuat ia menerima hipotesis terhadap akhirat sebagai penjelasan yang paling masuk akal terahap data kami. Osis sependapat dengan penafsiran ini.“
Bahkan seorang humanis yang memiliki keyakinan bahwa kematian adalah akhir, dan bahwa satu hidup hanya sekali, tidak dapat dengan mudah mengabaikan kesaksian berdasarkan pengalaman pribadi dari ‘kehidupan setelah kematian’. Buku Life after Life yang ditulis oleh Dokter dan filsuf Amerika Dr Raymond Moody, misalnya, menyebabkan dokter Belanda dan sosiolog Albert Nieuwland untuk mempertimbangkan kembali pandangan dunianya. Dalam sebuah wawancara di surat kabar, Nieuwland, yang mengajar di Lembaga Pendidikan Humanistik, mengakui bahwa rencana awal nya adalah ‘melempar buku itu ke dalam api’ di majalah yang diterbitkan oleh organisasi humanistik. “Tapi ketika saya membaca buku tersebut saya menjadi sangat terkesan”, kata Nieuwland, dan itu menyebabkan dia untuk membaca lebih lanjut pada subjek tersebut. Kesimpulannya: “Pengalaman-pengalaman ini harus ditanggapi dengan sangat serius. Pengalaman ini biasanya dianggap omong kosong dan diberhentikan sebagai cerita atau pengalaman yang disebabkan oleh anestesi atau akibat dari obat. Namun, investigasi yang kebanyakan dilakukan di Amerika ini telah menunjukkan bahwa penalaran tersebut adalah salah. Sekitar 40 persen dari orang sekarat yang memiliki pengalaman-pengalaman NDE ini, dan akan jauh lebih masuk akal untuk bertanya kepada diri sendiri apakah kita bisa belajar sesuatu dari mereka.“
Peter Liefhebber adalah editor kepala Share International Belanda dan seorang wartawan veteran surat kabar harian terbesar di Belanda.
Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog
No comments:
Post a Comment