Saturday, June 2, 2018

CAHAYA FAJAR - CAHAYA TANPA SUMBER : CAHAYA BATIN

Deva berarti ilahi, dan aruna berarti pagi dini, fajar ... matahari baru akan terbit tepat sebelum matahari terbit. Ufuk timur menjadi merah tapi matahari belum berada di cakrawala - matahari akan datang; ia sangat dekat, hanya dalam hitungan detik akan muncul tapi belum tiba. Itulah momen paling berharga dalam dua puluh empat jam. Malam sudah tidak ada lagi, sudah berlalu, dan matahari belum terbit.

Antara keduanya ada kualitas cahaya yang berbeda di semesta. Kegelapan tidak ada, dan karena matahari tidak ada disana cahaya tidak berasal dari matahari; Itu adalah cahaya yang sangat menyebar, cahaya yang sangat dingin. Bersama matahari hal-hal akan menjadi panas; Lebih banyak energi, lebih banyak panas akan ada di sana.

Jadi cahaya sejuk ini sangat simbolik dari pengalaman akan cahaya batin. Cepat atau lambat engkau akan mengerti arti namamu. itu adalah cahaya tanpa panas di dalamnya, tidak bisa terbakar. Itu hanya bisa mencerahkan; tidak bisa terbakar. Hal ini hampir seperti cahaya bulan tapi masih dengan sebuah perbedaan: cahaya bulan adalah cahaya yang dipantulkan; cahaya itu tidak asli.

Bulan tidak memiliki cahaya tersendiri: ia hanya mencerminkan sinar matahari. Matahari memiliki cahaya sendiri, itu asli. Cahaya batin ini juga asli: itu bukan cahaya yang dipantulkan; Itu bukan kemuliaan yang tercermin dari hal lain atau orang lain. Itu milikmu sendiri, otentik milikmu sendiri, tapi tidak memerlukan bahan bakar. Matahari membutuhkan bahan bakar, jadi setiap hari sinar matahari menjadi kecapaian dan lelah, setiap hari hartanya dihabiskan. Cepat atau lambat, suatu hari - ilmuwan mengatakan di suatu tempat sekitar empat ribu juta tahun - matahari akan kehabisan tenaga dan akan menjadi lubang gelap.

Tidak ada lagi cahaya yang akan datang: Matahari akan memberi semua panasnya bagi dunia dan akan mati. Bintang-bintang lahir dan bintang-bintang mati. Ketika ada beberapa sumber hal itu tidak bisa tak-terbatas. Cahaya batin ini tidak memiliki sumber, maka itu tidak terbatas; Hal itu tidak tergantung pada jenis bahan bakar apapun sehingga tidak ada habis-habisnya. Hal itu telah ada selamanya dan akan tetap di sana untuk selama-lamanya. Kita mungkin melihatnya, kita mungkin tidak melihatnya, tapi selalu ada di sana. Ketika seseorang mulai beralih ke dalam, seseorang mulai merasakannya.

Karena pengalaman batin ini, di timur sang fajar menyingsing menjadi sangat penting, saat yang paling menakjubkan... berupa simbolis dari batin. Malam tidak ada lagi dan matahari belum datang: ia adalah interval, gap, di mana roda gigi berubah, di mana hari lahir dan malam menghilang.

Karena gap ini, momen ini adalah untuk berdoa, untuk meditasi. Hal yang sama terjadi di dalam batin, sebuah gap muncul, dan gap yang ada di luar dapat membantu gap di batin, karena bagian luar dan dalam tidak benar-benar dua; Mereka bergabung bersama Jadi kapanpun dimungkinkan, bangun pagi-pagi dan bermeditasilah di awal fajar. Begitu matahari terbit, hal itu tidak ada gunanya, tapi sesaat sebelum matahari terbit lihatlah ke timur dan dipenuhilah olehnya, dikuasai olehnya, larut ke dalamnya. Minumlah dan jadilah akan ia.

Osho -Far Beyond the Stars

Deva means divine, and aruna means early morning, dawn… the sun is just going to rise, just before sunrise. Mm? the East becomes red but the sun is not yet on the horizon – it is coming; it is very imminent, just within a second it will be there but it is not there yet. That is the most precious moment in twenty-four hours. The night is no more, it has gone, and the sun has not yet appeared.

Between the two there is a different quality of light in existence. Darkness is not there, and because the sun is not there the light is not coming from the sun; it is a very diffused light, a very cool light. With the sun things will become hot; more energy, more heat will be there.
So this cool light is very symbolic of the inner experience of light. Sooner or later you will understand the meaning of your name. It is light with no heat in it, it cannot burn. It can only enlighten; it cannot burn. It is almost like moonlight but still with a difference: the moonlight is a reflected light; it is not original.

The moon has no light of its own: it simply reflects the sunrays. The sun has its own light, it is original. This inner light is also original: it is not a reflected light; it is not the reflected glory of anything else or anybody else. It is your own, authentically your own, but it needs no fuel. The sun needs fuel, so every day the sun is becoming exhausted and tired, every day its treasure is being spent. Sooner or later, one day – scientists say in somewhere around four thousand million years time – the sun will be spent and will become a dark hole.

No more light will be coming: it will have given all its heat to the world and it will die. Stars are born and stars die. Whenever there is some source it cannot be infinite. This inner light has no source, hence it is infinite; it does not depend on any kind of fuel so it is inexhaustible. It has been there for eternity and it will remain there for eternity. We may look at it, we may not look at it, but it is always there. When one starts turning inwards one starts feeling it.

Because of this inner experience, in the east the early dawn became of tremendous importance, the most auspicious moment… very symbolic of the inner. The night is no more and the sun has not come yet: it is an interval, a gap, where gears change, where day is born and night disappears.

Because of this gap, this moment is for prayer, for meditation. The same happens inside, a gap arises, and the outer gap can be of help for the inner gap, because outer and inner are not really two; they are joined together. So whenever it is possible, get up early in the morning and meditate on the early dawn. Once the sun has come up there is no need, but just before the sun is coming up look to the east and be filled by it, be possessed by it, dissolve into it. Drink it and become it.

Osho -Far Beyond the Stars

Sumber: OSHO FB

No comments:

Post a Comment