Thursday, April 26, 2012

Arti Cinta

Oleh : Scott Rabalais

Selama ribuan tahun, ide tentang cinta telah menjadi kekuatan yang paling kuat dan berpengaruh dalam diri manusia. Cinta menembus inti dalam hubungan-hubungan kita dan keluarga dan mengalir melalui, buku seni dan film. Kita menyatakan cinta kita dengan cara yang tak terhitung banyaknya, kita mencintai anjing dan kucing, rumah dan mobil, dan kita mencintai untuk dicintai. Jelas, cinta adalah aspek sentral dari keberadaan, namun bagaimana pandangan cinta dalam kesadaran transenden dibandingkan dengan persepsi cinta dalam tiga dimensi?

Dari pandangan yang lebih tinggi, cinta dipandang sebagai perekat yang mengikat semua eksistensi. Dimana ada cahaya, disitu ada cinta. Ini adalah kekuatan penghubung utama di dalam kosmos. Ini adalah ikatan yang memungkinkan untuk persatuan dalam keberadaan. Ini adalah kekuatan tarik-menarik antara dan di antara semua aspek ciptaan.

Sebagai cahaya, kita hidup di dalam lautan cinta yang tak terbatas. Kita mengenali cinta pada semua di sekitar kita dalam bentuk yang tak-terbatas. Seperti halnya cahaya, cinta adalah esensi dasar siapa dan apa kita. Ini lebih dekat dari nafas kita, dan ada cinta yang mendalam bahkan didalam atom terkecil atau setiap komponen energi kita.

Cinta adalah suatu kekuatan yang lazim di sekitar kita, begitu banyak sehingga tidak bisa dihindari. Jadi, bagaimana kita bisa seolah begitu sering mencarinya atau kekurangan hal itu? Mengapa Cinta tampak begitu sulit dipahami? Mengapa cinta begitu sering berada di garis depan perhatian kita? Mengapa ada begitu banyak episode dramatis yang terjadi dalam kehidupan atas nama cinta?

Dalam pengalaman tiga dimensi kita, kita biasa melihat diri kita sebagai terpisah dari eksistensi lainnya. Dengan fokus pada pemisahan tersebut, kita memisahkan diri dari cahaya dan cinta yang adalah merupakan sifat alami kita. Cahaya dan cinta yang adalah siapa kita sesungguhnya; persepsi kita tentang keterpisahan yang berasal dari pemikiran dan perasaan kita adalah penyebab atas kurangnya rasa cinta dalam hidup kita.

Hasil dari kesadaran yang terbatas ini adalah bahwa kita sering merasa bahwa kita harus memiliki cinta, atau memiliki objek kasih sayang kita. Karena kita melihat diri kita sebagai terpisah dari keberadaan yang lain, kita terdorong untuk mencari apa yang dapat kita miliki untuk dicintai, baik itu orang, hewan, bahan objek atau tim olahraga. Kita merasa aman ketika berada dekat atau merasa memiliki yang kita cintai dan sering merasakan sakit dan rasa penolakan jika hal itu menjauh dari kita.

Dalam kesadaran yang lebih tinggi, kita melihat bahwa cinta tidak perlu memiliki atau dimiliki. Tidak ada satupun adalah milik kita. Cinta hadir dimana-mana/omnipresence, dan kita terhubung dengan semua eksistensi yang ada. Tidak hanya kita akan merasakan cinta dan dicintai dalam kesadaran tertentu, kita akan menyadari bahwa kita adalah cinta. Ide tentang mencari cinta atau tanpa cinta adalah hanya diperuntukkan bagi pemikiran tiga-dimensi yang terbatas.

Ketika kita menyatakan bahwa kita mengasihi seseorang atau sesuatu, kita sebenarnya membawa kesadaran kita pada koneksi yang sudah ada antara diri kita dan apa yang kita cintai. Dalam melihat aspek lain dari cahaya, maka kita akan melihat diri kita, karena kita adalah cahaya. Kita semua adalah semua yang ada. Yang “lainnya” adalah cahaya dan cinta hanya ada ketika kita adalah cahaya dan cinta, dan melayani sebagai refleksi dari siapa dan apa kita.

Pandangan tiga dimensi ini sangat tertanam dalam struktur budaya kita. Atas nama cinta, kita menandatangani kontrak dan membuat janji untuk “jatuh cinta” dengan yang lain. Ini hanyalah merupakan refleksi dari kesadaran tiga dimensi kita di mana kita memiliki cinta dan memberikan cinta kita kepada orang lain dan bersumpah untuk berada dalam keadaan ini “hingga kematian memisahkan kita.”

Hubungan seksual sering disebut sebagai “bercinta”. Kita adalah cinta, dan cinta ada di mana-mana, dan ide bercinta atau melakukan cinta adalah ide tiga-dimensi. Dari pandangan yang lebih tinggi, kita membawa kesadaran kita ke dalam cinta yang adalah kita dan cinta adalah semua yang ada. Hal ini sering terjadi pada puncak tindakan seksual, ketika pikiran kita menjadi idle, kita membuka pintu untuk merasakan kebesaran cinta tersebut.

Cinta adalah tidak terbatas. Cinta ada di mana saja, kapan saja dan dimana saja. Adalah bodoh untuk mencoba membatasi cinta terhadap orang atau situasi tertentu. Ketika kita melepaskan personifikasi dan kategorisasi cinta, kita akan bisa melepaskan diri dari perangkap tiga-dimensi dan hidup dalam kesadaran akan kasih yang tak terbatas. Kita juga akan melepaskan setiap harapan terhadap yang lain dan membolehkan semua hadir dan bergerak dengan cara mereka sendiri. Kita tidak membelenggu siapapun atau ide manapun, atau setiap orang atau ide yang diikatkan kepada kita. Kita mengijinkan aliran alami cinta ini terus memelihara kehidupan kita.

Bagi kebanyakan manusia, pengalaman cinta melalui pandangan dimensi yang lebih tinggi ini biasanya mulai disadari setelah perjalanan panjang berkelok-kelok melalui kesadaran tiga-dimensi. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan dan konstruksi budaya kita yang ditanamkan kepada kita, bahkan sejak kita lahir. Kita terikat – dan ini cukup alami – pada seorang ibu, keluarga, teman dan kelompok. Dalam kesadaran yang lebih tinggi kita sesungguhnya hidup dengan orang lain berdasarkan kebebasan dan perjanjian jiwa, bukan oleh sebuah kontrak atau janji tiga dimensi.

Bagaimana ide tentang hubungan yang sesuai dengan gambaran cinta? Apakah hubungan tidak penting untuk keberadaan kita? Apakah kita perlu hubungan untuk bertahan hidup? Konsep hubungan menyiratkan adanya pemisahan dan adanya hubungan dari dua entitas yang terpisah. Kita mungkin memiliki hubungan dengan pasangan atau saudara, atau bahkan hewan peliharaan atau kota. Tapi pertimbangkan ini – apakah kita memiliki hubungan dengan tangan kanan kita? Kita tidak memiliki hubungan dengan tangan kanan kita karena lengan kanan kita dianggap sebagai bagian dari diri kita sendiri dan dengan demikian tidak terpisah dari siapa kita. Dalam kesatuan cinta, tidak ada yang namanya hubungan karena sesungguhnya tidak ada pemisahan.

Dari pengalaman dimensi yang lebih tinggi, tidak ada jiwa “lain”. Hanya ada cahaya yang mengalami dirinya sendiri dalam kekekalannya. Dari pandangan tiga-dimensi kita, kita melihat puluhan jiwa-jiwa lain/orang, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Tetapi pandangan yang lebih tinggi kita melihat tidak ada hubungan dan hanya melihat semua keberadaan sebagai Satu cahaya.

Kita akan menemukan diri kita adalah cahaya dan cinta, siapapun kita dan kemanapun kita pergi. Ada pengalaman cinta dalam semua yang mengelilingi kita, apakah itu dengan orang lain, tanaman, batu atau planet lain. Cinta itu ada di mana-mana, termasuk diri kita sendiri, dan secara singkat bisa dikatakan bahwa kita ini sedang berenang di lautan cinta.

Scott Rabalais adalah seorang penulis, pembicara dan visioner yang unik dalam kemampuannya untuk mengartikulasikan pengalaman dari kesadaran yang lebih tinggi.

Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

2 comments:

  1. cinta menurut saya adalah sebuah rasa yang tak hanya pada lawan jenis. definisi cinta itu sebenarnya universal

    ReplyDelete