Thursday, April 26, 2012

Cahaya dan Kematian


Dimulai pada tahun 1994, Penelitian Atalanta adalah penelitian komprehensif pertama tentang pengalaman mendekati kematian(NDE). Penelitian ini dengan susah payah mencoba mencakup apa yang ada di baliknya: drama kehidupan dan kematian yang dimainkan di ruang operasi dan rumah sakit, dan peristiwa-peristiwa yang tidak terlihat oleh personel medis tetapi dilaporkan dengan sangat jelas dan penuh keyakinan oleh hampir 50 individu yang kembali dari pintu kematian.

Pendiri penelitian Atalanta ini, Dr. Michael Sabom menceritakan hasil penemuannya ini. Sebagai seorang ahli terkemuka dengan pengalaman lebih dari dua puluh tahun di bidang NDE, Dr, Sabom mengungkapkan pengaruh NDE pada orang-orang yang mengalaminya. Dari sudut pandang medis dan pribadi, ia mengungkapkan kisah yang mengejutkan tentang pria dan wanita dari semua jalan kehidupan dan religius. Ia menggali pengaruh klinis dari NDE terhadap penyembuhan dan mengungkapkan penemuan yang mengejutkan. Ia juga mempertanyakan beberapa kesimpulan umum tentang NDE. Dan ia mempelajari dengan teliti pengalaman mendekati kematian dari sudut pandang yang dikatakan oleh kitab suci tentang kematian, realita terang dan gelap.

Dalam salah satu dari penelitiannya, ia melakukan analisis medis dan ilmiah rinci tentang pengalaman mati suri yang menakjubkan dari seorang wanita bernama Pam Reynolds. Dia menjalani operasi langka untuk menghilangkan aneurisma arteri basilar yang besar di otaknya yang mengancam hidupnya. Suatu kelemahan di dinding arteri besar yang letaknya di dasar otak yang menyebabkan arteri itu menggelembung seperti bola. Ukuran dan lokasi aneurisma, bagaimanapun, menghalangi pembedahan aman menggunakan teknik bedah neuro standar. Dia dirujuk ke dokter yang telah dikenal berani sebagai perintis prosedur pembedahan serangan jantung hipotermia. Hal ini memungkinkan aneurismanya untuk dipotong dengan peluang keberhasilan yang wajar. Operasi ini, dijuluki “standstill” oleh dokter yang melakukan itu, suhu tubuh Pam harus diturunkan sampai 60 derajat farenheit, detak jantung dan pernapasan berhenti, gelombang otaknya diratakan, dan darah dikuras dari kepalanya. Dalam istilah sehari-hari, ia seperti dihukum mati. Setelah menghilangkan aneurismanya, ia dikembalikan ke kehidupan. Selama standstill tersebut, dia mengalami NDE  yang sangat rinci dan tulus, pengalaman keluar dari tubuh dan mengamati dari atas selama operasi yang kemudian diverifikasi sangat akurat. Kasus ini dianggap sebagai salah satu kasus dengan bukti kuat dalam penelitian NDE karena kemampuannya untuk menggambarkan instrumen bedah yang unik dan prosedur yang digunakan dan kemampuannya untuk menjelaskan secara rinci peristiwa-peristiwa saat dia klinis dan mati otak.

Ketika semua tanda-tanda vital Pam dihentikan, dokter menyalakan gergaji bedah dan mulai memotongnya melalui tengkorak Pam. Sementara prosedur ini sedang terjadi, Pam melaporkan bahwa dia merasa dirinya “pop” ke luar tubuhnya dan melayang di atas meja operasi. Kemudian dia melihat dokter yang sedang bekerja pada tubuh tak bernyawa untuk sementara. Dari posisi  luar tubuh, ia mengamati dokter menggergaji ke dalam tengkoraknya dengan apa yang tampak baginya seperti sikat gigi listrik. Pam mendengar dan kemudian melaporkan apa yang dikatakan perawat di ruang operasi dan apa yang persis terjadi selama operasi. Pada saat ini, setiap monitor yang terpasang ke tubuh Pam menyebutkan bahwa ia “tidak hidup” apapun. Pada titik tertentu, kesadaran Pam melayang keluar dari ruang operasi dan melakukan perjalanan ke sebuah terowongan yang memiliki cahaya di ujungnya di mana kerabat yang telah almarhum dan teman-temannya yang telah meninggal sebelumnya termasuk neneknya menunggu. NDE Pam berakhir ketika pamannya yang telah meninggal menuntunnya kembali ke tubuhnya untuk masuk kembali itu. Pam menggambarkan saat memasuki kembali tubuh fisik seperti “terjun ke dalam kolam es.”

Riwayat NDE dari Pam Reynolds

Hal selanjutnya yang saya ingat adalah suara: Itu adalah suara: Dasar. Saat saya mendengarkan suara itu, saya merasa suara itu menarik saya keluar dari atas kepala saya. Semakin jauh keluar dari tubuh, semakin lebih jelas suara itu. Saya merasa suara itu seperti jalanan, frekuensi yang Anda lewati … Saya ingat melihat beberapa hal di ruang operasi ketika saya melihat ke bawah. Saya merasa seperti sedang berpikir secara  paling jelas sepanjang hidup saya … Saya seakan duduk di bahu dokter Spezler. Ini tidak seperti penglihatan biasa. Ini lebih cerah dan lebih terfokus dan lebih jelas daripada penglihatan normal … Ada begitu banyak barang di ruang operasi yang tidak saya kenal, dan begitu banyak orang.

Saya rasa cara mereka mencukur kepala saya sangat aneh. Saya berharap mereka untuk mencukur semua rambut, tetapi mereka tidak …

Alat yang mengeluarkan suara yang aku benci itu tampaknya seperti sikat gigi listrik dan memiliki lekuk di ujungnya dimana gergaji tampak masuk ke pegangannya, tetapi tidak … Dan gergaji itu memiliki mata yang dapat dipertukarkan, dan mata itu berada dalam apa yang tampak seperti kotak kunci ring … Saya mendengar gergaji mengengkol. Saya tidak melihatnya mereka menggunakannya di kepala saya, tapi saya pikir saya mendengarnya sedang digunakan pada sesuatu. Suaranya berdengung tinggi dan tiba-tiba menjadi Brrrrrrrrr! seperti itu.

Seseorang mengatakan sesuatu tentang vena dan arteri saya yang katanya sangat kecil. Saya yakin suara tu adalah suara perempuan dan suara itu milik Dr Murray, tapi saya tidak yakin. Dia adalah seorang kardiolog. Saya ingat berpikir tentang hal itu yang harus saya sampaikan padanya … Saya mengingat mesin jantung-paruparu. Saya tidak menyenangi respirator … Saya mengingat banyak alat dan instrumen yang saya tidak kenal.

Saya merasa seperti ditarik, tetapi bukan berarti saya tidak bisa melawan. Saya pergi sesuai kemauan saya sendiri karena saya ingin pergi. Saya memiliki beberapa kiasan untuk mencoba menjelaskan hal ini. Rasanya seperti Wizard of Oz – yang terperangkap dalam pusaran tornado, hanya saja Anda tidak berputar seperti mengalami vertigo. Anda sangat terfokus dan Anda merasa harus pergi ke suatu tempat. Perasaan seperti naik elevator yang sangat cepat. Dan ada sensasi, tetapi itu bukan sensasi tubuh secara fisik. Rasanya seperti berada di terowongan, tapi itu bukan terowongan.

Di depan terowongan pusaran itu saya mendengar suara nenekku memanggilku. Tapi aku tidak mendengar melalui telinga saya … Ini lebih jelas daripada mendengarkan dengan telinga. Saya lebih mempercayai pendengaran itu dari pada telinga saya sendiri.

Perasaan bahwa dia ingin saya mendatanginya, jadi tanpa ragu melewati terowongan itu. Terowongan yang gelap, dan pada ujungnya seakan titik cahaya yang sangat kecil yang semakin besar dan besar dan lebih besar.

Cahaya itu sangat terang, seperti duduk di tengah-tengah bola lampu. Sangat terang sampai saya melindungi wajah dengan tangan saya berharap untuk melihat mereka namun tidak dapat. Tapi saya tahu mereka ada di sana. Bukan karena merasakan sentuhan. Sekali lagi, ini sangat sulit untuk menjelaskan, tapi saya tahu mereka ada di sana …

Saya menyadari bahwa saya mulai melihat beberapa sosok dalam cahaya itu – dan mereka semua memancarkan cahaya, mereka adalah cahaya, dan cahaya bersinar di sekitar mereka – mereka mulai membentuk sosok yang saya bisa mengenali dan memahami. Saya bisa melihat bahwa salah satu dari mereka adalah nenekku. Saya tidak tahu apakah itu realitas atau proyeksi, tapi saya mengenal nenekku, suara-nya, kapan saja, di mana saja.

Setiap orang yang saya lihat sangat cocok dengan kenangan saya akan orang tersebut semasa hidupnya.

Saya mengenali banyak dari mereka. Paman Gene berdiri di sana. Begitu pula Bibi saya Maggie, yang sesungguhnya sepupu. Kakek saya juga ada di sana … Mereka secara khusus merawat dan menjaga saya.

Mereka tidak mengizinkan saya untuk melangkah lebih jauh … Hal itu disampaikan kepada saya – itulah penjelasan terbaik yang dapat saya katakan, karena mereka tidak berbicara seperti saya berbicara sekarang – jika saya terus maju sesuatu akan terjadi pada saya secara fisik. Mereka tidak akan mampu mengembalikan saya kembali ke tubuh saya, seakan saya sudah terlalu jauh melangkah dan mereka tidak bisa mengembalikannya. Jadi mereka tidak akan membiarkan saya pergi ke mana pun atau melakukan sesuatu.

Saya ingin masuk ke dalam cahaya itu, tapi saya juga ingin kembali. Saya memiliki anak-anak yang harus dibesarkan. Saya seperti menonton film cepat pada VCR: Anda menangkap idenya, tapi film itu berjalan cepat sehingga tidak cukup untuk mendapatkan detailnya.

Kemudian mereka [kerabat yang telah meninggal] memberi saya “makanan”. Bukan melalui mulut, seperti dengan makanan biasa, tetapi mereka mengisi tubuh saya dengan sesuatu. Seperti percikan listrik. Percikan itulah yang saya tangkap. Saya dengan gamblang dan ingat sensasi mendapatkan “makanan” itu dan menjadi kuat. Saya tahu kedengarannya menggelikan, karena jelas ini bukan hal fisik, tapi di dalam pengalaman saya merasa benar-benar kuat, dan siap untuk melakukan apa saja.

Nenek tidak membawa saya kembali melalui terowongan, atau bahkan mengirim saya kembali atau meminta saya untuk pergi. Dia hanya menatapku. Saya berharap untuk pergi bersamanya, tapi ia mengkomunikasikan kepada saya bahwa dia tidak berharap hal seperti itu. Paman saya juga mengkomunikasikan hal yang sama. Dialah yang membawa saya kembali melalui ujung terowongan. Semuanya tampak baik. Saya tidak ingin pergi.

Tapi kemudian saya sampai ke mulut terowongan dan melihat tubuh saya. Saya tidak ingin kembali di dalamnya … tubuh itu tampak mengerikan, seperti rongsokan kereta api. Tampak seperti adanya : mati. Saya percaya tubuh itu telah ditutupi. Saya menjadi takut dan tidak ingin melihatnya.

Mereka menyampaikan kepada saya bahwa itu seperti melompat ke kolam renang. Tidak masalah, loncat saja ke kolam renang. Saya tidak mau, tapi saya rasa saya sudah terlambat atau sesuatu karena dia [paman] mendorong saya. Saya merasakan dorongan dan pada saat yang sama tarikan dari tubuh saya. Tubuh saya menarik dan terowongan itu mendorong … Rasanya seperti menyelam ke dalam kolam air es … Menyakitkan!

Ketika saya kembali, mereka memainkan “Hotel California” dan baris lagunya “Anda dapat keluar kapan saja Anda suka, tetapi Anda tidak pernah bisa pergi.” Saya mengatakan pada Dr Brown bahwa itu sangat tidak sensitif dan dia mengatakan kepada saya bahwa saya perlu lebih banyak tidur. [Tertawa] Ketika saya sadar, saya masih menggunakan mesin respirator.

Untuk tujuan praktis di luar perdebatan akademis, tiga tes klinis biasanya menentukan kematian otak. Pertama, dari sebuah electroencephalogram standar, atau EEG, yang memonitor aktivitas gelombang otak. EEG yang “datar”menunjukkan tidak-berfungsinya korteks serebral – kulit terluar dari otak besar. Kedua, auditory evoked potentials, mirip dengan yang dibangkitkan oleh speaker di telinga Pam selama operasi, yang menilai keadaan batang otak. Tidak adanya potensi ini menunjukkan batang otak yang tidak berfungsi. Dan ketiga, pembuktian tidak adanya aliran darah ke otak adalah penanda umum fungsi otak yang tidak berfungsi .

Tapi selama “standstill” itu, otak Pam ditemukan “mati” dari ketiga tes klinis di atas- electroencephalogram nya diam, respon batang otak menghilang, dan tidak ada darah mengalir melalui otaknya. Menariknya, sementara dalam keadaan ini, dia mengalami NDE “terdalam”dari semua partisipan dalam Penelitian Atlanta.

Beberapa ilmuwan berteori bahwa NDE dihasilkan oleh kimia otak. Tapi, Dr Peter Fenwick, seorang ahli saraf dan otoritas terkemuka di Inggris tentang NDE, percaya bahwa teori ini menyimpang jauh dari fakta-fakta. Dalam makalahnya ” Into the Unknown: Strange but True” Dr Fenwick menggambarkan keadaan otak selama NDE :
"Otak tidak berfungsi. Ia tidak berada disana, otak dihentikan. Ini abnormal. Tapi, ia dapat menghasilkan pengalaman-pengalaman ini dengan sangat jelas … keadaan tidak sadar adalah ketika otak berhenti berfungsi. Sebagai contoh, jika Anda pingsan, Anda jatuh ke lantai, Anda tidak tahu apa yang terjadi dan otak tidak bekerja sistem memori sangat sensitif terhadap ketidaksadaran. Jadi, Anda tidak akan mengingat apa-apa. Tapi, namun, setelah salah satu pengalaman ini [NDE], Anda memiliki kenangan yang jelas dan jernih. Ini adalah teka-teki yang nyata bagi ilmu pengetahuan. Saya belum melihat ada penjelasan ilmiah yang baik yang dapat menjelaskan kenyataan itu".
Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

No comments:

Post a Comment