Wednesday, April 25, 2012

The Pattern


Lynnclaire Dennis memiliki pengalaman menjelang kematian pada tahun 1987, ketika sebuah balon udara yang sedang dinaikinya terjatuh di Pegunungan Alpen Swiss. Selama pengalamannya tersebut, dia bertemu dengan apa yang dia sebut “ The Pattern/Pola “, sebuah mandala yang ia gambarkan sebagai “matriks utama penyembuhan pribadi dan global. “Melihat Pola tersebut, ia kemudian mengetahui bahwa ia sedang memandang kehidupan itu sendiri. Itu adalah cahaya, itu adalah waktu dan ruang. Itu adalah energi dari semua materi, jantung dari semua keberadaan. Berikut ini adalah kutipan pengalaman dari bukunya, The Pattern.

Saya ingat persis saat itu saya memutuskan ikatan dengan dunia ini dan tenggelam dalam kehangatan cahaya. Tiba-tiba saya merasa aman, hangat, dan seolah diterangi oleh sinar matahari bercahaya tinggi di  atas padang rumput pegunungan Rainier. Saya tidak lagi di atas Pegunungan Alpen – saya berada di Washington State. Entah bagaimana hal ini bisa masuk akal.

Di sini, di tempat yang penuh dengan kenangan masa kecil yang hidup dan menyenangkan, saya mendapatkan kenyamanan luar biasa dalam ketegasan dari tanah yang ada di bawah kaki saya. Dengan rasa syukur dan ketakjuban, saya berjalan melalui lembah, diliputi dengan pengetahuan tertentu bahwa saya telah menyeberangi perbatasan kosmik.  Apakah ini surga, atau barangkali suatu tempat di luar surgawi dunia lain yang saya selalu berharap untuk layak  bisa memasukinya? Yang saya tahu – dan tahu dengan pasti – adalah bahwa ruang dan waktu tidak lebih dari persepi ciptaan manusia. Keduanya  adalah jaring cahaya yang diciptakan dalam kesadaran saya.

Ketika kesadaran saya meluas saya melihat tali yang bertahun-tahun mengikat saya dengan planet ini. Ikatan, yang dirajut dari  helai hari hari, tenunan bulan, dan pita tahunan, yang menghubungkan antara masa lalu, masa depan dan masa kini. Tidak diragukan lagi ini adalah gunung masa kecilku, tapi esensinya berbeda. Itu nyata, namun tidak sinkron dengan abstraksi dari waktu linier. Saat saya berdiri di sana saya menyadari bahwa jika waktu itu semua ada di sini saat ini, maka waktu bukanlah sebuah garis lurus. Ini berarti bahwa tidak ada hal seperti awal, tengah, atau akhir. Selain itu, di sini saya juga menyadari bahwa saya berada di luar waktu juga.

Belum pernah saya menganggap bahwa mungkin ada realitas yang sepertinya saling tumpang tindih. Belum pernah saya membayangkan bahwa mungkin ada alam-alam lain yang ada secara bersamaan. Tidak pernah dalam mimpi terliar saya dimana saya berpikir mungkin ada cara untuk mengingat dan merasakan waktu dan peristiwa yang berbeda seolah-olah semua terjadi sekarang. Saya menyadari bahwa dalam kehidupan, kematian hanyalah sisi lain dari ambang batas atas yang saya tidak bisa lihat secara “normal”. Demikian juga, dalam kematian, kehidupan dan tempat dari “kehidupan” bumi hanya berada di sisi lain dari tabir yang sangat tipis.

Saya tersadar bahwa mungkin baik surga atau bumi adalah bukan tempat seperti  hitam atau putih seperti yang saya telah percaya sebelumnya.

Saat itulah saya menatap tubuh saya dan dengan takjub bertanya-tanya, “dari mana gaun ini berasal?” Saya tidak lagi terikat gravitasi, dan memerlukan lapisan wol penahan musim dingin, tetapi saya sedang mengenakan gaun putih yang indah yang tampaknya kuno dari kain buatan beberapa master designer yang telah diciptakan oleh percikan debu bintang. Saya melihat gaun ini seperti melayang di atas kulit saya. Seolah-olah satu juta sayap kecil terus terbang diatas tubuh saya.  Rasa ringan seolah meresapi setiap sel-sel saya- memang ini adalah tingkat “soulular”.

Dan kemudian saya mendengar musik. Itu adalah alunan nada sempurna yang begitu luhur yang mengingatnya kembali masih membuat saya menangis. Saya tahu, dan paham sekarang, bahwa saya sedang mendengar simfoni dari malaikat, lagu alam semesta, apa yang disebut sebagai ” Music of the Spheres “. Semua pikiran melebur dalam melodi ini dan segala sesuatu yang lain tidak lagi menjadi penting. Saya memejamkan mata dan mulai menari, berpindah ke resonansi getaran yang menjalar ke dalam  jiwa saya. Melodi ini sepertinya muncul dari satu titik tunggal dan terdiri dari satu versi,  melodi ini membawa nada mistis ke seluruh pengetahuan diri saya. Saya bermandikan dalam melodi ini saat sukacita mengisi keberadaan saya, dan ketika suara ini membasahi jiwa saya,  saya  merasa semua kebingungan dibersihkan dari kesadaran saya.

Berdiri di bawah naungan rahmat dari kemerduann ini,  saya tahu bahwa cinta sedang terbangun di kedalaman jiwa saya. Dengan bergerak didalam  suasana diberkati yang elegan ini, saya mulai kembali ke fajar totalitas saat rasa Keesaan dalam hati, pikiran, dan jiwa saya meluas.
Sukacita yang tak terkatakan memenuhi hati saya ketika saya melihat nenek saya sedang berjalan menuruni gunung. Dia mendekati saya dan menyelimuti saya dengan tangan terbuka. Terakhir kali saya melihatnya adalah musim panas tahun 1963.

Selama lebih dari dua puluh tahun saya membawa kesedihan dalam hati saya karena saya tidak sempat mengucapkan selamat tinggal padanya.

Sekarang kami bersama-sama lagi di tempat magis ini di mana waktu seolah tidak ada artinya. Ketika kami berbicara tentang cinta, saya menyadari bahwa cinta itu sendiri adalah nyata. Kami berjalan bergandengan tangan dalam ruang di luar batas yang kita sebut waktu. Kesedihan saya menghilang ketika cinta kami dibalas dari apa yang saya sebelumnya yakin telah dilupakan. Kami berjalan di ruang sakral di mana gambar-gambar memori duniawi digantung tanpa bingkai fisik. Kami melintasi sebuah dunia yang bagi banyak orang di sini dan sekarang melawan penjelasan atau alasan logis. Namun, saya tahu bahwa itu adalah sebuah dunia yang sangat nyata. Ini adalah ruang di mana kasih karunia tidak mengenal batas dan hanya cinta berlimpah yang tak terbatas. Kita hanya harus mengingat untuk membuatnya “nyata.”

Dalam kehangatan kami berpindah, ditarik lebih tinggi ke atas lembah, bergerak menuju Sumber cahaya. Saya menoleh sejenak ke belakang, dan padang rumput tiba-tiba menjadi sebuah amfiteater. Pada tingkatan yang tampaknya disajikan di depan saya, saya menyaksikan, dengan nenek saya, apa yang tampaknya menjadi kilas balik dalam hidup saya.

Sembilan puluh derajat ke kanan saya adalah apa yang saya anggap seperti sebuah pintu, hanya dalam kisaran pandangan saya. Dari pintu ini muncul setiap karakter yang telah bermain dalam drama kehidupan saya. ada gilirannya mereka berjalan ke tengah panggung, di mana mereka menemui saya. Ketika mereka menyapa saya, entah bagaimana tampaknya saya memahami tujuan tertinggi dari koneksi duniawi kami. Itu adalah cinta. Saya melihat setiap orang untuk siapa dia menjauh dari uraian yang saya gunakan sebelumnya untuk mendefinisikan masing-masing. Ketika mereka mengajarkan saya tentang cinta, saya menyadari apa peran penting yang kami mainkan dalam perkembangan kepribadian satu sama lain. Saya melihat bagaimana penilaian, menyalahkan, dan rasa malu mendistorsi atau merusak rasa diri seseorang. Untuk pertama kalinya saya melihat kedalaman kesan yang kami buat pada kehidupan satu sama lain.

Saya disambut oleh kenalan, teman, kakek saya, teman akrab ayah saya, serta sahabat sekolah dari kelas tujuh.

Salah satu pertemuan yang paling menakjubkan terjadi ketika nenek saya menemui saya  dengan membawa bayi. Saya tahu bahwa anak ini adalah anak saya saat mengalami keguguran pada bulan ketujuh kehamilan saya yang sulit pada tahun 1977. Melihatnya sungguh membawa kedamaian baru bagi jiwa saya ketika saya akhirnya menyadari bahwa anak ini telah memenuhi tujuannya untuk kesempurnaan mutlak. Baik sebelumnya maupun sekarang, dalam saat-saat menakjubkan ini, kehadirannya membangun sudut pandang baru tentang kehidupan dalam diri saya. Di atas gunung suci  ini akhirnya diri tertinggi saya diberi berkah dengan kedamaian yang diperlukan untuk mengakhiri kesedihan dan memberkati bayi tak berdosa ini dengan sayap kebebasan.

Saya segera menyadari bahwa waktu adalah tidak linear, melainkan terdiri dari pelajaran-pelajaran hidup, semua yang saya telah lewati. Panorama ini mengalir melalui saya seperti sebuah sungai  yang hidup. Ketika kesadaran saya tentang cinta dan kehidupan yang dangkal diperdalam, saya mengetahui bahwa tidak ada dalam hidup saya atau kematian saya yang kebetulan.

Setelah setiap orang berbagi pesan, arti cinta, masing-masing berbalik dan keluar melalui pintu lain yang terletak di sebelah kiri panggung. Saya mengetahui tanpa keraguan bahwa saya akan segera berjalan melalui pintu itu dan bergabung dengan mereka di sisi lain.

Orang terakhir yang berjalan di hadapan saya adalah orang yang asing bagi saya. Saat ia berjalan ke tengah panggung dan berbalik menghadap saya, saya melihat bahwa visi saya tidak lagi  begitu jelas. Meskipun saya yakin ini bukan seseorang yang kukenal, tapi saya bisa merasakan dia di kedalaman jiwa saya. Dia mulai berbicara, berkomunikasi langsung ke hati saya. Pesan yang ia beri saat  itu terukir pada pikiran dan jiwa saya:
Lynnclaire, Anda akan menjadi katalisator perubahan, untuk cinta. Anda akan membawa kedepan, memegang, dan menghargai setiap pengingatan kembali. Anda akan membawa kesadaran dari alam-alam lain ke dalam realitas agar jiwa bisa mengingat kembali siapa dirinya.”
Saya tahu bahwa ini adalah suatu Kebenaran. Saya juga tahu bahwa saya belum pernah merasa begitu diingat, diakui, dipahami, atau dicintai. Namun, ketika ia berbalik untuk pergi, bukannya mengikuti yang lain dan berjalan dari panggung melalui pintu ke sebelah kiri saya, dia berbalik ke arah kanan. Saat saya melihatnya kembali melalui pintu dari mana dia masuk, aku jelas ingat berpikir bahwa ini penting.

Sejak saat itu saya telah mengidentifikasi dia sebagai kehadiran. Tiba-tiba, semuanya sudah pergi dan saya sekali lagi keluar dari waktu. Saya menjadi saksi, mengamati diri saya sendiri sebagai seorang anak … Saya melihat kepolosan seorang anak … yang sedang menari di atas padang rumput.

Lalu, saat saya merenungkan perayaan kehidupan ini, saya melihat bahwa pada saat saya/anak itu berputar dalam tarian, aku/dia tidak lagi seorang anak, namun wanita paruh baya berusia tiga puluh lima tahun yang menari sendirian di Istana Hofburg … Saya sekali lagi menggenakan gaun magis saya, bergerak sendiri selaras dengan musik. Pada saat itu saya memilih untuk bergabung dengan diri sendiri tersebut dan mulai menari. Setiap langkah tarian itu menarik saya lebih dekat dengan cahaya.

Kemudian, di tempat suci di suatu tempat di hadapan cahaya, saya  menemukan diri saya sedang dipegang, dengan lembut, dipegang dan dipeluk dalam pelukan yang saya diyakini sebagai kehadiran.

Apakah ini adalah panduan,  penjaga, manusia yang memiliki kemampuan untuk berjalan di antara dunia, atau bahkan malaikat, tidak menjadi masalah. Memori ini masih ada hingga saat ini. Kehadiran tersebut bervibrasi ke dalam indera saya dan  menanamkan memori kehidupan saya dengan cinta setiap hari. Saya tahu itu, dan mengingat sekarang, tentang kehangatan, ketenangan, dan kenyamanan yang saya rasakan ketika dipeluk oleh tangan yang selalu dan selamanya mengingatkan saya pada cinta. Saat saya terbuai dalam pelukan ini, saya bermandikan cahaya. Jiwa saya dipenuhi dengan rasa damai, dan jiwa saya terukir dengan kenangan tentang cinta abadi.

Ketika pengalaman itu dilarutkan ke dalam cahaya, saya menemukan diri saya bergerak lagi lebih tinggi ke atas gunung. Ketika saya berhenti untuk melihat kembali ke lembah aku melihat diriku sebagai seorang anak lagi, kali ini sedang memetik bunga-bunga liar di pegunungan. Saat saya/dia berdansa melewati padang rumput, aku mendengar diriku sendiri-nya bernyanyi, berteriak ke gunung, “Aku mencintaimu aku mencintaimu. Aku sudah pulang.”

Saya memejamkan mata dan bertanya-tanya, “Apakah saya sudah pulang Atau apakah saya akan pulang?”

Dengan mata terpejam, seolah-olah visi dalam visi, saya melihat ibu saya. Saya tidak bisa mengerti mengapa dia ada di sana. Sejauh yang saya tahu, ibu saya masih hidup.  Bukankah ini “sisi lain”? Aku tahu bahwa aku tidak lagi hidup dan merasa bahwa aku berada di dalam ruang antara dunia …

Saat itulah aku melihat terowongan dan mengetahui dengan pasti bahwa saya sedang dalam perjalanan pulang, yakin bahwa  saya menuju rumah yang saya sudah lama rindukan  ketika berada di cahaya di ujung lain lorong ini.

Saat saya berdiri sendirian dengan nenek saya, dia mengatakan kepada saya bahwa saya harus melakukan perjalanan berikutnya sendirian. Dipenuhi dengan rasa damai, saya tahu bahwa saya nanti akan bertemu lagi dengannya di sisi lain.

Saya sudah siap, dan tanpa ragu-ragu saya bergerak ke koridor yang menuju ke arah cahaya, melintasi persimpangan yang menghubungkan antara saat ini dengan keabadian … Setelah saya berada di dalam terowongan itu sepertinya ada seseorang di ujung lain yang memanggil nama saya, mengajak saya untuk maju. Aku tahu bahwa jalan ini yang membawaku ke puncak gunung, membawaku pulang ke dalam cahaya. Saya sangat bahagia pergi ke puncak, karena sepanjang hidup saya ingin mendaki ke puncak Gunung Rainier.  Saya tidak pernah melakukan hal itu, saya percaya bahwa jika saya mencoba ,  pasti akan gagal, atau mati jika mencobanya.

Saya bergerak ke pintu itu dengan mudah. Segera saya  menyadari bahwa saya bisa terbang. Terbang?
Cahaya itu semakin terang dan hangat saat saya bergerak melalui terowongan. Musik itu, simfoni langit, terus mengisi ruang dengan satu simponi Keesaan, yang dimainkan oleh instrumen penuh kedamaian yang tidak terlihat.

Saya tiba di puncak dan, berdiri di depan pintu masuk cahaya, lalu mengambil satu langkah, meninggalkan jejak kaki kanan saya tertanam di Keabadian. Saya pergi memasuki ruang suci – tempat di mana saya tahu saya harus kembali ke inti diri saya sesungguhnya, di mana saya merasa sepenuhnya dan secara sadar bersatu dengan segala sesuatu dan sang Sumber, di mana kedamaian yang menenangkan dimasukkan pada jiwa saya oleh tangan yang tak terlihat, sebuah rasa cinta luar biasa yang sampai hari ini saya tidak bisa sepenuhnya menyerap atau memahaminya.

Dan kemudian, secara sekilas,  saya melihat Pola itu, untai tunggal dari permadani saya tahu itu adalah esensi yang ditenun oleh materi dalam setiap realitas. Desainnya begitu kompleks dan saya tahu bahwa  itu hanya bisa dibentuk dalam kerumitan yang tak terhingga.

Melihat Pola tersebut, saya mengetahui bahwa saya sedang memandang kehidupan itu sendiri. Itu adalah cahaya, itu adalah waktu dan ruang. Itu adalah energi dari semua materi, jantung dari semua yang ada. Itu adalah esensi dari semua keberadaan. Ini berasal dari Sumber, menerangi pikiran saya dengan “Sumber di balik matahari” saat saya bergerak dalam keselarasan sempurna dengan seluruh semesta. Saat saya bersiap untuk berbaur ke dalam Sumber cahaya dan cinta absolut ini, saya mengetahui dengan jelas bahwa Pola itu adalah inti dari semua substansi. Saya tahu bahwa alunan musik yang berasal dari Pola tersebut adalah nyanyian hati saya, bukti cinta tanpa syarat. Langkah tunggal yang saya telah ambil adalah yang pertama dalam tarian yang akan membawa saya ke titik tunggal cahaya Tak Terbatas, yang berisi kekuatan cinta yang selamanya akan menerangi pikiran dan hati saya. Saya mengambil napas dan siap untuk mengambil langkah berikutnya sebagai perwujudan cinta, Kekuatan Kehidupan alam semesta, yang membawa saya pulang. Tiba-tiba, tanpa peringatan, melodi ini tiba-tiba memekik.  Sebelum saya bisa bergerak, suara hiruk-pikuk ini menyerang saya.

Sebuah Angin dingin dengan cepat melewati saya, dan saya ingat menangis ketika itu “Tidak!”

Saya tahu bahwa saya sedang berada dalam perjuangan hidup atau mati, kali ini dengan kekuatan tak dikenal yang telah mencengkeram kaki kiri saya. Saya sedang berjuang dengan musuh yang mencoba untuk merenggut saya mundur, menarik saya menjauh dari cahaya. Saya begitu marah. Saya tidak ingin pergi. Namun, bahkan ketika saya sedang ditarik, saya tahu saya harus mengingat sesuatu. Saya menoleh ke kanan untuk melihat Pola itu kembali, dan mengetahui bahwa saya tidak boleh lupa pada Pola itu.

Musuh itu ternyata adalah pasangan tercinta saya, Steve. Saat  itu ia panik ketika memberikan CPR, ia menekan dada saya, memaksa oksigen beredar di tubuh saya. Kemudian ia melihat bahwa ketika saya masuk kembali ke tubuh saya, ada emosi seperti kemarahan terlihat dari tangan saya.

Lama waktu yang tepat saat saya  “meninggal”, dalam apa yang sering disebut sebagai pengalaman menjelang kematian, masih belum jelas. Namun, melakukan pendakian setinggi dua belas ribu kaki, di mana saya mengingat keluar dari tubuh saya, dan pergi lebih dari tujuh belas ribu kaki mungkin akan membutuhkan lebih dari lima belas menit.

Meskipun Steve berhasil menghidupkan kembali diri saya, satu hal yang pasti – wanita yang telah membawa saya kembali bukan orang yang sama yang telah meninggalkan saya. Setelah mengetahui bahwa saya pada dasarnya merupakan makhluk Cahaya, saya harus kembali ke dunia ini dan kembali memasuki tubuh, padat fisik. Selanjutnya, hampir setiap keyakinan yang telah saya miliki sebelumnya – bahwa saya adalah makhluk fisik, bahwa cinta itu berada di luar diri saya, bahwa Tuhan adalah seperti raja yang duduk di singgasana marmer di suatu tempat di langit, bahwa kematian adalah sesuatu yang harus ditakuti, yang diajarkan oleh masa lalu saya, bahwa agama dan spiritualitas adalah sama, bahwa spiritualitas dan ilmu pengetahuan adalah berbeda – tidak lagi benar berdasarkan pengalaman saya. Hampir setiap gambaran “realitas” yang saya selalu gunakan untuk menentukan keberadaan saya telah dikubur dalam-dalam. Dan keyakinan sebelumnya dari wanita yang  saya pikir adalah saya telah hilang berserakan terbawa oleh angin.

Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

No comments:

Post a Comment