Friday, April 27, 2012

Tentang Nostradamus

Oleh : Sylvia Browne

Michel de Nostredame, alias Nostradamus, lahir di St Remy de Provence, Perancis, di tahun 1503. Lebih dari lima ratus tahun kemudian ramalan-ramalannya masih dipelajari, diperdebatkan, dipuji, dan dicela, secara mendalam dan ia sendiri adalah subjek dari kekaguman banyak orang dan dianggap sebagai seorang nabi dan juga dianggap oleh sebagian orang sebagai penipu.

Saya tidak pernah mengklaim menjadi seorang ahli pada subjek Nostradamus, tapi saya tahu bahwa pada tahun-tahun awal, ia adalah seorang dokter yang brilian dan alkemis. Dia bekerja tanpa kenal lelah untuk menyembuhkan korban tak terhitung banyaknya akibat dari malapetaka penyakit yang melanda Perancis tidak lama setelah ia menerima gelar dalam kedokteran dari University of Montpellier, dan obat herbal yang ia ciptakan sangat efektif dalam menyembuhkan orang-orang yang tak tersembuhkan sampai kemudian ia dituduh sebagai bidaah – tuduhan yang mematikan pada saat itu. Tidak kurang dari Paus sendiri menyatakan bahwa tuduhan tidak berdasar setelah mendengar keberhasilan Nostradamus dalam mengatasi wabah saat itu. Nostradamus dikenal karena kemurahan hatinya kepada orang-orang miskin.

Nostradamus menghabiskan waktu empat tahun menulis buku nubuat pertamanya, yang berjudul Centuries, namun ia enggan untuk mempublikasikannya karena takut pada penganiayaan kejam yang lazim dilakukan kelompok agama terhadap “cenayang dan peramal” pada masa itu. Akhirnya, walaupun, ia merasakan adanya dorongan kuat bahwa bukunya mungkin berguna bagi masyarakat buku ini tetap disembunyikan, dan saat ia menerbitkannya pada tahun 1555, ia masih dibayangi oleh ketakutan akan bahaya yang sangat nyata pada saat itu. Pada akhirnya, Nostradamus tidak menulis secara personal untuk nubuatnya, tapi mengakui Tuhan sebagai penulisnya dan dariNya dia menerima karunia tersebut. Sebagaimana yang ditulisnya dalam kata pengantar dari buku ramalan pertamanya, yang didedikasikan kepada anaknya:

Kedatangan ini, anakku, telah membuat saya memberikan banyak waktu, melalui malam yang sunyi, meninggalkan padamu beberapa peringatan tertulis yang merujuk kepada perkiraan yang mungkin melayani bagi keuntungan umum dari umat manusia, dari apa yang Tuhan telah mengizinkan saya untuk belajar dari revolusi bintang-bintang.

Jadi apakah prediksi-prediksinya dianggap akurat atau tidak, sulit untuk membayangkan bahwa seorang pria dengan kebaikan, iman, kerendahan hati, dan tidak egois seperti dia dengan sengaja akan melakukan penipuan
.
Tragisnya, wabah yang sama yang Nostradamus berusaha untuk melawannya ternyata membunuh istri dan dua anaknya, dan dia menghabiskan beberapa tahun berikutnya sebagai peramal pengembara. Pada saat itu, tahun-tahun kesepian yang panjang ia mulai aktif belajar dan bereksperimen dengan hal gaib, yang menghasilkan karya yang dikagumi sepanjang masa. Juga di salah satu perjalanan rutinnya di antara Prancis dan Italia ia memiliki apa yang dianggap sebagai pengalaman spiritualnya yang pertama .

Ia sedang berada di jalan setapak sempit di Italia ketika berpapasan dengan sebuah kelompok kecil biarawan Fransiskan. Nostradamus adalah keturunan Yahudi, tetapi keluarganya telah menjadi Kristen, dan ia dibesarkan dalam iman Katolik. Jadi, seperti umat Katolik yang lain, ia mulai menyingkir ke samping untuk membiarkan para pendeta lewat. Tapi tiba-tiba ia terfokus pada salah satu dari mereka dan, melihat dengan kagum, kemudian ia jatuh berlutut di kaki Bapa Felice Peretti, yang adalah seorang penggembala babi sebelum ia memasuki monetary.

Ketika biarawan yang keheranan tersebut bertanya pada Nostradamus apa yang dilakukannya, dia menjawab, “aku harus taat dan tunduk pada Bapa Suci.”

Sembilan belas tahun setelah kematian Nostradamus, biarawan itu, Fater Peretti, menjadi Paus Siktus V.

Ketika perjalanan Nostradamus berakhir, ia menikah lagi, kali ini dengan seorang janda kaya dimana ia memiliki enam orang anak. Mereka menetap di Salon, Perancis, dan di sanalah ia memulai tulisan-tulisan kenabiannya.

Karya-karyanya memiliki struktur yang sangat khas. Dia menulis dalam syair empat-baris, atau quatrains. Lalu ia mengatur quatrains tersebut ke dalam apa yang disebut abad – seratus quatrains per Abad, walaupun sejak itu dia menulis total 942 quatrains di masa hidupnya, ada satu abad yang berisi hanya empat puluh dua quatrains.

Adapun gayanya, hanya dapat digambarkan sebagai tidak jelas. Tulisannya penuh dengan lambang Yunani dan Latin dan anagram dan aneh, rumit dalam memainkan kata-kata. Salah satu peneliti berpendapat bahwa tulisan-tulisannya sengaja dibuat kabur sehingga akan terlalu sulit untuk menafsirkan bagi siapapun yang mengklaim ramalan dia tidak akurat. Kebenaran sebenarnya relatif jauh dari teori tersebut bahwa: Nostradamus tahu bahwa ia mungkin bisa menghadapi penganiayaan, termasuk penyiksaan atau kematian, jika ia jelas menyatakan diri sebagai nabi. Tapi dengan karyanya dibuat tidak jelas dan cukup membingungkan, tidak ada yang bisa menuduh terhadap dirinya menjadi seorang peramal sesat yang bersekutu dengan setan. Jadi fakta bahwa ada perdebatan terus hari ini tentang penafsiran “sebenarnya” dari quatrains Nostradamus merupakan bukti kemampuannya untuk melindungi dirinya dan integritas dari nubuatnya.

Ini adalah salah satu quatrains Nostradamus yang kurang jelas yang memberikan bantuan besar pada keluarga kerajaan Perancis dan kemudian mengangkat statusnya selama hidupnya. Syair tersebut berbunyi:

Singa muda akan mengatasi yang lebih tua
Di medan tempur dalam pertempuran tunggal.
Dia akan menembus matanya melalui sangkar emas
Dua luka membuat satu, lalu ia mati dengan tragis.

Beberapa tahun kemudian setelah Nostradamus menulis kata-kata tersebut, Raja Perancis Henry II terbunuh dalam turnamen jousting ketika tombak lawannya masuk melewati topeng “emas” pelindung wajah raja, dan menusuk matanya. Istri Raja Henry, Catherine d’Medici, mengetahui tentang ramalan Nostradamus tentang suaminya, dan setelah kematiannya ia sering menggunakan Nostradamus sebagai konsultan pribadinya.

Nostradamus menghitung bahwa sejarah manusia dimulai pada 3203 SM. Tambahkan tujuh ribu tahun setelah tanggal tersebut dan Anda akan tiba pada kesimpulan bahwa Nostradamus memperkirakan planet ini akan berakhir pada tahun 3797 Masehi.

Ramalan terakhir Nostradamus ditemukan dalam syair berikut:

Saat kembali dari kedutaan besar, hadiah untuk Raja dengan aman disimpan
Tidak ada lagi yang akan saya kerjakan untuk itu Aku akan pergi kepada Tuhan
Ditemani keluarga dekat saya, teman dan saudara sedarah,
Aku akan ditemukan tewas, di dekat tempat tidur dan bangku saya.

Pada malam sebelum kematiannya, Nostradamus, yang baru saja kembali dari perjalanan ke kedutaan besar, meminta seorang imam untuk memberikan upacara terakhir. Imam itu berkomentar bahwa Nostradamus tampaknya sehat baginya. Tapi Nostradamus meyakinkannya, “Anda tidak akan melihat saya hidup saat matahari terbit.”

Keesokan paginya, pada 2 Juli 1566, keluarga Nostradamus menemukan dia meninggal dunia, terbaring antara tempat tidur dan bangku samping tempat tidurnya.

Sylvia Browne adalah psikis dan medium yang dikenal di USA dan internasional.

Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

1 comment:

  1. nostradamus selalu menarik untuk ditelaah.
    terimakasih untuk artikel ini.
    salam sehat selalu,
    ruanguji

    ReplyDelete