Wednesday, April 25, 2012

Merancang Model Dunia yang Baru

Oleh : Kim Michaels

Teori Einstein menyatakan bahwa segala sesuatu adalah energi, tapi apa sebenarnya itu energi? Faktanya adalah bahwa para ilmuwan tidak mengetahuinya. Ilmu pengetahuan saat ini sangat baik menggambarkan bagaimana materi berperilaku, tetapi tidak begitu baik di memberitahu kita apakah materi itu. Apakah ilmu pengetahuan dapat menjelaskan kepada kita bahwa energi adalah sebentuk getaran atau gelombang. Para ilmuwan menjelaskan gelombang energi ini dalam hal frekuensi, amplitudo dan panjang gelombang. Untuk membuatnya sederhana, mari kita berbicara tentang getaran.

Materi bukanlah substansi padat yang tidak berubah. Ia hanyalah energi yang telah mengambil bentuk yang membuatnya tampak padat bagi indera kita. Mata Anda melihat sinar cahaya yang tampak dan gelombang-gelombang energinya tidak dapat menembus benda padat. Sinar cahaya yang tampak dicerminkan oleh materi tersebut, dan itulah sebabnya mata kita tidak dapat melihat menembus materi. Namun, beberapa gelombang energi dapat menembus materi “solid” . Kamera X-ray dapat “melihat” dengan menggunakan sinar-X yang bisa menembus materi. Itu sebabnya kamera tersebut bisa melihat ke dalam tubuh manusia dan banyak objek “solid” lainnya.

Ketika Anda melampaui tampilan permukaan dari benda, Anda akan menemukan partikel yang lebih kecil, yaitu molekul. Pada tingkat yang lebih dalam, Anda menemukan atom dan  dibalik atom Anda menemukan partikel elementer. Ketika Anda mulai mencermati partikel elementer tersebut Anda mengalami dualitas gelombang/partikel. Dengan kata lain, pada tingkat partikel subatomik, penghalang antara materi (partikel) dan energi (gelombang) mulai memecah, menjadi kabur.

Ada lebih banyak lagi antara langit dan bumi

Fisikawan kuantum telah mengamati bahwa partikel subatomik bisa muncul dari “ketiadaan,” membagi dirinya menjadi beberapa partikel kemudian bertabrakan dan menghilang kembali ke tempat dari mana mereka datang. Beberapa ilmuwan telah menggunakan fakta ini untuk berspekulasi bahwa harus ada sesuatu yang melampaui apa yang kita dapat deteksi dengan instrumen ilmiah saat ini. Beberapa Fisikawan berspekulasi bahwa baik materi dan energi adalah manifestasi dari realitas yang lebih mendasar. Para ilmuwan telah menyebutnya dengan nama-nama seperti “medan kuantum,” “kondisi vakum,” atau “alam semesta paralel.”

Keberadaan seperti tingkat yang lebih dalam dari realitas lebih mudah untuk menjelaskan dengan mempertimbangkan bahwa segala sesuatu adalah energi dan energi merupakan bentuk getaran. Mata manusia adalah instrumen yang dirancang untuk mendeteksi bentuk-bentuk energi yang kita sebut cahaya. Biasanya, mata manusia hanya dapat mendeteksi rentang tertentu dari cahaya, yaitu yang disebut cahaya tampak. Kita melihat cahaya ini sebagai warna yang berbeda. Sinar ungu jelas sangat berbeda dari cahaya merah, namun satunya perbedaan adalah getaran dari cahaya tersebut.

Mata manusia dapat mendeteksi cahaya yang bergetar dalam spektrum tertentu. Ia tidak dapat mendeteksi cahaya dari getaran yang lebih tinggi atau lebih rendah dari cahaya tampak. Dari sebuah kondisi dualistik (berbasis sensorik) dari kesadaran, bisa dikatakan bahwa cahaya pada getaran tersebut sama sekali tidak ada. Ketika kita memperoleh pemahaman yang lebih tinggi, kita akan menyadari bahwa ada banyak bentuk cahaya (dan jenis lain dari getaran) yang mata kita tidak bisa mendeteksi. Namun, bentuk-bentuk energi ini sepenuhnya nyata seperti cahaya tampak.

Berdasarkan fakta ini, kita dapat membuat model alam semesta sebagai sebuah kontinum dari getaran. Mata kita hanya dapat mendeteksi hanya bagian kecilnya (mungkin kita menyebutnya “oktaf” seperti dalam skala tonal) dari kontinum tersebut. Dengan menggunakan instrumen ilmiah, kita dapat mendeteksi lingkup yang lebih besar dari kontinum energi ini. Namun, kita tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa bahkan instrumen ilmiah saat ini hanya dapat mendeteksi hanya sebagian kecil dari seluruh kontinum. Dengan kata lain, dunia tampaknya menjadi sebuah kontinum getaran, dan mungkin ada sebagian besar dari kontinum ini yang indera fisik kita dan instrumen ilmiah (saat ini) tidak bisa mengungkapkan.

Kontinum energi

Kita mungkin mengatakan bahwa alam semesta material hanyalah salah satu bagian dari keseluruhan yang lebih besar, dan kita mungkin menyebutnya “materi-energi kontinum.” Kontinum tersebut mungkin adalah alam lain, alam semesta lain, dimensi lain atau oktaf lain. Alam semesta kita ini tidak lepas dari kontinum lain, dan tidak ada penghalang antara oktaf material dan oktaf lainnya. Satu-satunya perbedaan adalah perbedaan dalam getaran
.
Jika Anda menurunkan getaran dari cahaya ungu, itu berubah menjadi cahaya merah. Sebagian Fisikawan mungkin berpikir bahwa seluruh alam semesta materi mungkin diciptakan dari vibrasi energi yang lebih tinggi. Energi ini hanya menurunkan getaran hingga mereka bergetar dalam spektrum dari jagad material.

Ide-ide ini membuka pandangan baru untuk dipikirkan. Sebagai contoh, mungkin ada pertukaran energi konstan antara alam semesta material dan oktaf lainnya. Oleh karena itu, banyak dari fenomena yang kita amati di alam semesta material merupakan efek yang disebabkan dari oktaf yang lebih tinggi. Ini akan menjelaskan mengapa ada begitu banyak hal yang ilmu pengetahuan tidak dapat menjelaskan dengan melihat penyebab yang bersifat materi.

Sebagai contoh, astrofisikawan telah menemukan bahwa tidak ada massa yang cukup di alam semesta yang bisa menjelaskan gaya gravitasi yang mengikat galaksi secara bersama-sama. Beberapa ilmuwan berteori tentang keberadaan suatu zat yang disebut “materi gelap” yang tidak dapat dideteksi oleh instrumen ilmiah, namun masih dapat membuat gaya tarik gravitasi pada materi yang terlihat. Mungkinkah materi gelap/dark matter hanyalah energi yang bergetar pada tingkat lebih tinggi dari alam materi? Oleh karena itu, ia “berada” dalam oktaf lebih tinggi yang mempengaruhi alam semesta material. Dengan kata lain, kita tidak dapat menjelaskan semua fenomena materi dengan mencari penyebabnya di alam materi (atau oktaf).

Dibalik dunia materi

Sebagai gambaran, bayangkan bahwa Anda menjalani sepanjang kehidupan Anda dalam pesawat yang tidak dapat menembus permukaan laut. Oleh karena itu, Anda percaya bahwa tidak ada sesuatu di bawah permukaan. Anda sekarang terbang ke Utara di sepanjang pantai timur Amerika Serikat, dan Anda mengamati gunung es sedang mengambang yang bergerak ke arah Selatan. Menurut pandangan dunia Anda, gunung es hanya mengambang di atas air, karena tidak ada di bawah permukaan. Yang mengherankan, Anda mengamati bahwa gunung es tersebut bergerak melawan angin selatan yang sangat kuat. Anda mengukur kecepatan angin, luas permukaan gunung es dan menghitung kekuatan yang diberikannya pada angin gunung es. Berdasarkan pengukuran ini, Anda menyimpulkan bahwa gunung es harusnya bergerak Utara. Anda hanya tidak dapat menjelaskan bagaimana gunung es bisa bergerak Selatan.

Alasan mengapa Anda tidak bisa menjelaskan fenomena ini adalah keterbatasan pandangan dunia Anda. Dengan memperluas pandangan dunia Anda, Anda akan menemukan bahwa memang ada sesuatu di bawah permukaan air. Bagian yang terlihat dari gunung es tersebut hanyalah satu bagian dari keseluruhan yang lebih besar. Gunung es memiliki 90% dari massanya bawah air, dan itulah sebabnya arus laut dapat dengan mudah memindahkan gunung es melawan angin yang kuat.

Demikian pula, ilmu pengetahuan materialistik telah berusaha untuk menjelaskan semua aspek dari alam semesta kita dengan mencari penyebabnya yang bersifat materi. Akibatnya, ada banyak fenomena yang diamati mana ilmu pengetahuan tidak bisa menjelaskan. Kesimpulan logis adalah bahwa jika kita menginginkan jawaban untuk banyak pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu melihat melampaui materialisme yang menyatakan bahwa tidak ada yang berada di luar alam materi.

Einstein telah membuktikan bahwa segala sesuatu adalah energi. Energi adalah getaran, dan mungkin ada suatu kontinum getaran yang tak terbatas, beberapa di antaranya tidak dapat dideteksi oleh indra kita atau instrumen ilmiah. Oleh karena itu, fisika Einstein, fisika kuantum dan cabang ilmu lainnya memaksa kita untuk melihat melampaui pandangan dunia materialistik. Kita bahkan dapat mengatakan bahwa ilmu pengetahuan itu sendiri telah membuat materialisme menjadi usang!

Energi dan kesadaran

Jika semuanya adalah energi, maka kesadaran juga merupakan bentuk energi. Apa yang kemudian dikatakan tentang pikiran manusia? Kita telah melihat bahwa mata adalah instrumen yang mendeteksi jenis energi yang kita sebut cahaya tampak. Mata hanya melihat cahaya yang tampak, sehingga ruang lingkup mereka relatif terbatas. Namun, pikiran manusia tidak memiliki keterbatasan seperti itu. Bahkan, pikiran manusia memiliki kemampuan yang unik untuk berpikir tentang dan “melihat” hal-hal yang melampaui indera dan bahkan di luar alam materi.

Oleh karena itu, orang dapat berspekulasi bahwa pikiran merupakan instrumen yang dapat mendeteksi semua jenis energi, bahkan energi yang bergetar pada frekuensi di luar alam materi. Orang mungkin membandingkan pikiran manusia dengan penerima radio. Radio dapat menyetel ke stasiun yang berbeda (gelombang radio frekuensi yang berbeda). Pikiran manusia juga dapat menyetel ke spektrum frekuensi (atau oktaf) yang berbeda.

Kita telah melihat bahwa fisika modern telah membuka kemungkinan bahwa mungkin ada dunia, dimensi atau oktaf lain di luar alam materi. Pikiran manusia mungkin mampu memahami dunia lain tersebut dengan menyelaraskan dengan getaran dari frekuensi yang lebih tinggi atau lebih rendah daripada yang dirasakan oleh indra atau instrumen ilmiah.

Dengan kata lain, kita hanya perlu mempertimbangkan bahwa pikiran manusia adalah instrumen ilmiah yang dapat digunakan untuk melihat getaran yang instrumen ilmiah saat ini tidak dapat mengukurnya. Sains tradisional telah menentang ide ini, terutama karena pencarian objektivitas. Ilmu pengetahuan telah beranggapan bahwa pikiran manusia tidak dapat digunakan untuk membuat pengamatan objektif apa pun.
Namun, karena fisika kuantum telah membuktikan bahwa kita tidak pernah bisa membuat pengamatan yang TIDAK dipengaruhi oleh kesadaran pengamat, pendirian tersebut tidak lagi berlaku.

Bagaimana kita memandang dunia

Apakah kita suka atau tidak, apakah kita menerima atau tidak, kesadaran kita semua mempengaruhi pengamatan kita tentang dunia. Karena itu, ilmu pengetahuan tidak bisa lagi mengabaikan kesadaran dan sekaligus mengklaim obyektivitas.

Objektivitas tidak dapat dicapai dengan mengabaikan kesadaran, dan hanya dapat dicapai dengan memahami bagaimana kesadaran mempengaruhi pengamatan kita. Ini adalah tepat seperti apa yang tersirat oleh Einstein pada tahun 1905.

Teori Relativitas menyatakan bahwa setiap pengamatan adalah relatif terhadap “kerangka acuan” kita. Einstein memberikan beberapa contoh bagaimana pergerakan seseorang yang relatif terhadap fenomena yang diamati akan mempengaruhi pengamatan dan kesimpulan orang tersebut.

Sayangnya, para ilmuwan tampaknya tidak melihat hubungan hal ini dengan penemuan-penemuan fisika kuantum. Jika semua pengamatan dipengaruhi oleh kerangka acuan kita, dan jika semua pengamatan dipengaruhi oleh kesadaran pengamat, maka kesadaran kita merupakan bagian dari kerangka acuan kita. Oleh karena itu, cara kita melihat dunia ini pasti dipengaruhi oleh kondisi dari kesadaran kita. Kecuali kita menerima kenyataan ini dan mulai meneliti bagaimana kesadaran kita mempengaruhi pengamatan kita, kita tidak bisa melepaskan diri dari dualisme dan relativitas dari kesadaran manusia yang lebih rendah. Oleh karena itu, kita perlu memiliki pandangan baru tentang persepsi manusia.

Dua keadaan kesadaran

Dengan melihat sejarah, mudah untuk melihat dua “kekuatan” yang bekerja dalam psikologi manusia. Salah satu kekuatan membuat kita tertarik pada aspek-aspek yang lebih rendah dari sifat manusia (keegoisan, keserakahan, konflik, takut, dll), sedangkan kekuatan lain menarik kita terhadap aspek-aspek yang lebih tinggi dari sifat manusia (keinginan untuk mengetahui, altruisme, cinta, dll). Kita mungkin bisa menjelaskan ini dengan mengatakan bahwa ada dua keadaan kesadaran yang tersedia untuk manusia. Pikiran manusia memiliki kemampuan untuk menyetel ke salah satu dari kondisi-kondisi kesadaran ini, seperti sebuah pesawat radio yang dapat menyetel ke stasiun yang berbeda. Kita hanya perlu membuat pilihan tentang bagaimana kita memutar tombol kesadaran kita.

Dua kondisi kesadaran tersebut adalah:
  • Kesadaran yang lebih rendah. Ini adalah keadaan kesadaran yang didominasi oleh indera dan dunia material. Kesadaran ini selaras dengan getaran yang dapat dideteksi oleh indera. Seseorang dalam keadaan pikiran ini mungkin percaya bahwa ia tidak bisa melampaui dunia materi. Atau ia mungkin percaya bahwa ia tidak pernah bisa memiliki pengalaman langsung dari sesuatu diluar itu, dan karena itu harus mengikuti doktrin agama tertentu tanpa perlu mempertanyakan. Kesadaran rendah melihat segala sesuatu dalam dualisme yang berarti bahwa mereka difokuskan pada perbedaan.Semuanya dapat diletakkan pada skala relatif. Dimana pada salah satu ujung skala adalah hitam, dan pada skala yang lainnya adalah putih. Kesadaran rendah ingin memberi label segalanya sebagai hitam atau putih, benar atau salah, baik atau jahat. Namun, skala ini dibentuk oleh kesadaran yang lebih rendah bukan merupakan skala mutlak atau obyektif. Ini adalah skala yang didefinisikan secara jangka pendek, kepentingan individu yang egosentris. Apa yang baik bagi saya adalah otomatis benar, dan itulah sebabnya sejarah telah banyak memiliki contoh tentang bagaimana orang telah mampu “membenarkan” kekejaman yang paling menakjubkan. Perbedaan antara orang-orang pasti menyebabkan konflik, dan satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik adalah melalui perebutan kekuasaan. Seseorang harus menang dan harus ada yang kalah. Dia atau saya.Orang-orang di bawah kesadaran ini telah menutup pikiran mereka terhadap ide-ide yang melampaui keyakinan yang mereka pilih. Orang-orang yang kurang agresif  akan mengabaikan ide-ide baru hingga ke kondisi penyangkalan. Orang-orang lebih agresif akan berusaha untuk mendiskreditkan, mengejek atau menghancurkan ide-ide baru. Orang-orang yang paling agresif akan berusaha untuk menghancurkan orang-orang atau lembaga yang mempromosikan ide-ide baru.  
  • Keadaan kesadaran yang lebih tinggi. Inti dari kesadaran yang lebih tinggi adalah kemampuan intuitif kita untuk menjangkau melampaui persepsi indra. Melalui intuisi, manusia dapat menyadari bahwa ada sesuatu di luar dunia yang dirasakan oleh indra. Orang bisa saja datang untuk menerima ide-ide yang tidak didukung oleh (dan bahkan ide-ide yang bertentangan) dengan persepsi sensorik atau bukti materi. Mereka dapat menerima bahwa ada hukum perilaku manusia yang lebih tinggi dari hukum rimba. Oleh karena itu, keadaan kesadaran yang lebih tinggi tidak melekat pada indera atau dunia materi. Frekuensi kesadaran telah berubah sehingga orang tersebut, melalui realisasi atau pengalaman batin, menyadari dan menerima bahwa ada sesuatu di luar dunia materi. Kesadaran yang lebih tinggi memiliki tingkat (seperti halnya pada yang lebih rendah), dan mungkin dimulai dari mereka yang berpikiran terbuka untuk memiliki persepsi langsung dari dunia luar alam materi. Namun, karakteristik utamanya adalah bahwa kesadaran yang lebih tinggi tidak dualistis dan tidak terfokus pada perbedaan. Sebaliknya, mereka mencari pemahaman yang lebih tinggi dalam bentuk ide atau prinsip pemersatu. Dalam kesadaran yang lebih tinggi, perbedaan tidak selalu memicu konflik. Tidak selalu melihat satu sisi salah dan lainnya benar; kedua belah pihak mungkin memiliki pemahaman yang tidak lengkap tentang masalah ini. Dengan meraih pemahaman yang lebih tinggi, kita dapat menghindari konflik. Dalam beberapa kasus, kedua belah pihak bisa menerima pemahaman baru yang menggantikan kedua kutub sebelumnya. Dalam kasus lain, pemahaman baru akan mengungkapkan bahwa kedua posisi adalah benar; mereka hanyalah dua cara yang berbeda untuk pendekatan terhadap situasi. Oleh karena itu, kedua belah pihak dapat hidup berdampingan damai dengan rasa saling menghormati.Kesadaran lebih tinggi tidak berusaha untuk menempatkan segala sesuatu pada skala relatif. Sebaliknya, ia berusaha memiliki pemahaman yang melampaui relativitas, dualisme dan egoisme dari kesadaran yang lebih rendah. Ia tidak hanya menahan kualitas manusia yang lebih rendah, tetapi menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik.Orang dalam keadaan kesadaran yang lebih tinggi tidak tertutup untuk ide-ide baru. Mereka menerima bahwa ide-ide dan keyakinan mereka saat ini hanyalah sebuah batu loncatan untuk pemahaman yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak perlu untuk mempertahankan keyakinan saat ini atau untuk mendiskreditkan ide-ide baru atau orang-orang yang mempromosikan mereka. Tujuan utama dari kehidupan adalah secara konstan berjuang untuk pemahaman yang lebih dalam dan pandangan dunia yang lebih lengkap.

Dari kesadaran rendah ke kesadaran yang lebih tinggi

Ketika kita melihat kedua kondisi kesadaran tersebut, menjadi jelas bahwa hanya sedikit orang yang benar-benar didominasi oleh kesadaran yang lebih rendah dan hanya sedikit orang yang benar-benar berada dalam kesadaran yang lebih tinggi. Kebanyakan orang memiliki unsur-unsur dari kedua kondisi kesadaran tersebut. Bahkan, kita mungkin bisa mengatakan bahwa ada perkembangan alami dari kesadaran lebih rendah ke kesadaran yang lebih tinggi.

Sejarah menunjukkan bahwa umat manusia secara keseluruhan terlibat dalam proses pertumbuhan dari kesadaran yang lebih rendah (seperti yang dicontohkan oleh tahap manusia gua) ke kondisi kesadaran yang lebih tinggi (seperti yang ditunjukkan oleh perkembangan dalam demokrasi, kemanusiaan, ilmu pengetahuan dan banyak pendekatan agama/spiritual).

Kita mungkin menganggap bahwa adalah mungkin bagi seseorang untuk secara sadar merangkul dan mempercepat proses pertumbuhan. Kuncinya adalah bahwa masing-masing individu memiliki komitmen untuk mengejar keadaan kesadaran yang lebih tinggi dalam kehidupan mereka sendiri. Setiap perubahan positif dalam masyarakat telah dimulai dengan beberapa orang, yang memiliki keberanian dan rasa komitmen untuk merangkul tren dan ide-ide baru. Para perintis ini secara bertahap akan membentuk suatu massa kritis yang akan menarik umat manusia ke tingkat pemahaman yang lebih tinggi, bahkan ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi.

 Sumber: Henkykuntarto’s Blog -Wellcome to my spiritual blog

1 comment: