Monday, August 19, 2019

ALAMAT KOSMIK KITA: Bumi

Seluruh alam semesta muncul dari titik yang lebih kecil dari satu atom tunggal.

Ruang angkasa itu sendiri meledak dalam api kosmik melancarkan perluasan alam semesta ... dan melahirkan seluruh energi ... dan seluruh materi.

Apa yang kita tahu tentang kehidupan?
Kita hanya mengetahui satu jenis kehidupan sejauh ini. Kehidupan di Bumi.

Apakah Anda melihat sesuatu? Hanya ruang kosong, bukan? Mata manusia hanya melihat seberkas cahaya ... yang bersinar di alam semesta.

Sains memberi kita kemampuan untuk melihat apa yang tak bisa dilihat oleh indera kita.

Galaksi kita memiliki milyaran dunia seperti terapung di kegelapan abadi.

Ini Bimasakti dilihat dengan inframerah.

Setiap titik, tidak hanya yang cemerlang, adalah suatu bintang. Berapa banyak bintang yang ada? Berapa banyak dunia yang ada? Berapa banyak kehidupan? Dimana kita berada dalam gambar ini? Lihat lengan ekor terluar itu? Di situlah kita tinggal. Sekitar 30.000 tahun cahaya dari pusatnya.

Galaksi Bimasakti, adalah baris berikutnya dari alamat kosmis kita.

Kita sekarang berada seratus ribu tahun cahaya dari rumah. Artinya, dengan mengendarai cahaya, benda tercepat yang pernah ada butuh seratus ribu tahun untuk mencapainya dari Bumi.

Ini adalah Galaksi Spiral Besar Andromeda. Galaksi tetangga kita. Kita menyebut dua galaksi besar kita ... dan sekumpulan lain yang lebih kecil ... sebagai "grup lokal".

Bumi, Sistim Tata Surya Galaksi Bima Sakti Grup Lokal

Kita bahkan tak bisa menemukan galaksi rumah kita dari luar sini. Ini hanya satu dari ribuan galaksi dalam sebuah Gugus-Duper Virgo.

Dalam skala ini ... seluruh obyek yang kita lihat, termasuk titik paling kecil ... adalah galaksi.

Setiap galaksi memiliki milyaran matahari ... dan dunia yang tak terhitung. Namun keseluruhan Gugus-Super Virgo itu sendiri ... membentuk satu bagian kecil dari alam semesta kita.

Inilah alam semesta pada skala termegah yang kita ketahui. Sebuah jaringan dari ratusan milyar galaksi. Inilah baris terakhir dari alamat kosmis kita ... untuk sekarang. Bumi Sistim Tata Surya Galaksi Bimasakti Grup Lokal Gugus Super Virgo Semesta yang teramati.

Dimanakah alam semesta yang teramati? Apa artinya itu? Bahkan bagi kita, dalam kapal imajinasi kita ... terdapat batas sejauh mana kita bisa melihat dalam ruang waktu. Inilah cakrawala kosmik kita. Di luar cakrawala itu terletak bagian-bagian alam semesta ... yang terlalu jauh. Belum cukup waktu ... selama 13.8 milyar tahun ... sejarah alam semesta ... bagi cahaya mereka untuk mencapai kita.

Banyak dari kita menduga bahwa semua ini ... semua dunia bintang galaksi dan gugus-galaksi ... dalam alam semesta kita yang teramati. Tapi ini hanya satu gelumbung kecil dalam lautan maha luas... dari alam semesta lainnya. Sebuah multi semesta. Alam semesta dalam alam semesta. Dunia tanpa akhir.

Merasa sangat kecil? Dalam konteks alam semesta, kita sangat kecil. Kita mungkin hanya orang-orang kecil yang tinggal di sebutir debu ...mengambang dalam suatu keluasan yang mengagumkan.

Tapi kita tidak berpikir kecil. Perspektif alam semesta ini relatif baru. Hanya empat abad yang lalu, dunia kecil kita belum mengenali keseluruhan alam semesta.

Cosmos: A Spcetime Odyssey

@AOS

No comments:

Post a Comment