Thursday, August 22, 2019

Human Brain Proyek

Sebuah proyek revusioner yang sekarang sedang berjalan, yaitu upaya merancang sambungan dua arah langsung antara otak dan komputer yang akan memungkinkan komputer membaca sinyal-sinyal listrik otak manusia, dan pada waktu bersamaan memancarkan sinyal-sinyal yang otak pun bisa baca.

Proyek ini ingin menciptakan semacam Inter-otak-net, yaitu menautkan secara langsung beberapa otak satu sama lain melalui internet. Apa yang terjadi kepada konsep-konsep "diri" dan "identitas gender" bila akal budi menjadi kolektif? Bagaimana mengenal diri sendiri atau mengikuti mimpi bila mimpi itu tidak berada dalam akal budi anda melainkan dalam suatu wadah aspirasi bersama?

Siborg semacam ini tidak lagi akan menjadi manusia, atau bahkan organik. Dia telah menjadi sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Siborg ini akan menjadi makhluk secara mendasar berbeda sehingga kita bahkan tidak bisa memahami makna filosofis, psikologis, ataupun politiknya.

Atau, bagaimana jika manusia bisa membuat cadangan salinan otak ke hard disk portabel dan kemudian menjalankan ke laptop. Akankah laptop anda bisa berpikir dan merasa seperti manusia?

Bila ya, akankah dia menjadi anda atau orang lain? Bagaimana bila pemrogram komputer bisa menciptakan akal budi yang sepenuhnya baru namun digital, terdiri atas kode komputer, lengkap dengan rasa diri, kesadaran, dan ingatan? Bila anda menjalankan program itu di komputer anda, akankah dia menjadi seseorang? Bila anda menghapusnya, akankah anda dikenai tuduhan pembunuhan?

Kita mungkin akan segera mendapatkan jawaban atas petanyaan itu.
Human Brain Proyek, berharap menciptakan ulang satu otak manusia lengkap dalam komputer, dengan sirkuit-sirkuit elektronik dalam komputer yang meniru jaringan saraf dalam otak.

Proyek ini mengklaim, dalam satu atau dua dasawarsa kita sudah dapat memiliki otak manusia buatan dalam komputer yang dapat berbicara dan berprilaku mirip sekali manusia. Bila berhasil, ini berarti setelah 4 miliar tahun bergelimang dalam dunia kecil senyawa organik, kehidupan akan mendadak menerobos ke dalam wilayah anorganik yang luas, siap mengambil bentuk apa pun di luar mimpi-mimpi terliar manusia.

@AOS

No comments:

Post a Comment