Thursday, August 22, 2019

Humanisme Liberal

Nubuat agama humanisme: manusia itu hakikatnya unik dan sakral, sangat berbeda dengan hewan dan fenomena lainnya. Keunikan ini menentukan makna segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Kebaikan tertinggi adalah kebaikan manusia. Semua humanis menyembah kemanusiaan. Tepatnya manusia.

Sekte humanisme liberal mempercayai bahwa kemanusiaan adalah suatu sifat individu manusia, dan bahwa kebebasan individu karenanya bersifat paling keramat.

Kaum liberal berpendapat hakikat sakral kemanusiaan dimiliki oleh setiap individu manusia. Inti dalam individu manusia memberi kita makna bagi dunia, dan merupakan sumber bagi semua kewenangan etis dan politik. Bila kita menghadapi dilema etis dan politik, kita harus menengok ke dalam diri dan mendengarkan suara nurani kita - suara kemanusiaan. Perintah-perintah utama humanisme liberal dimaksudkan untuk melindungi kebebasan nurani dari serbuan dan bahaya. 

Perintah-perintah ini secara kolektif disebut sebagai "hak-hak asasi manusia". Dan, karena itu, kaum liberal menolak penyiksaan dan hukuman mati.

Kini, postulat-postulat penting dari sekte humanisme liberal ini tlah dikoreksi oleh temuan-temuan sains kehidupan, antara lain, bahwa tidak ada "individu", yang ada, "dividual".

@AOS

No comments:

Post a Comment