Thursday, August 22, 2019

Sebelum Tirai Diturunkan

Setelah memenangkan pertempuran idiologis dengan fasisme dan komunisme di akhir abad 20, liberalisme akhirnya menalukkan dunia dengan 3 paket utamanya: demokrasi, hak-hak asasi manusia, dan kapitalisme pasar bebas. Tapi sekarang, liberalisme terjebak dalam kemacetan? Pertanyaannya, kemana umat manusia akan pergi?

Liberalisme kehilangan kredibilitas tepat ketika revolusi kembar dalam teknologi informasi dan bioteknologi menghadapkan kita pada tantangan terbesar dari yang pernah dihadapi spesies kita. Penggabungan infotek dan biotek segera mendorong miliaran manusia keluar dari pasar kerja dan merusak kebebasan dan kesetaraan. Algoritma Big Data kemungkinan akan menciptakan kediktatoran digital dimana semua kekuatan terkonsentrasi di tangan segelintir elit sementara kebanyakan orang menderita bukan dari eksploitasi, tetapi dari sesuatu yang jauh lebih buruk: irelevansi.

Di zaman kebingungan ini, ketika cerita-cerita lama telah runtuh, dan tidak ada (belum ada) cerita baru yang muncul sejauh untuk menggantikannya, apa yang harus dilakukan dalam hidup? Keterampilan apa yang kita butuhkan? Apa yang dapat kita katakan tentang makna kehidupan hari ini?

Mungkin kita tidak bisa menunggu, kata Harari. Filsafat, agama, dan sains semuanya mungkin sedang kehabisan waktu. Orang-orang telah memperdebatkan makna hidup selama ribuan tahun. Kita tidak dapat melanjutkan debat ini tanpa batasan. Krisis ekologis yang menjulang, ancaman senjata pemusnah massal yang terus meningkat, dan munculnya teknologi pengganggu baru tidak akan mengisinkannya. Mungkin yang paling penting, kecerdasan artifisial dan bioteknologi sedang memberi manusia kekuatan untuk membentuk kembali dan membangun kembali kehidupan. Segera harus diputuskan bagaimana menggunakan kekuatan ini.

"Jika anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kekuatan untuk membangun kehidupan itu, maka kekuatan pasar tidak akan menunggu seribu tahun bagi anda untuk mendapatkan sebuah jawaban. Tantangan pasar yang tidak terlihat akan memaksakan jawaban buta dari anda sendiri", tandas Harari.

@AOS

No comments:

Post a Comment