Wednesday, August 21, 2019

Manusia "Dividual"

Kaum liberal percaya bahwa kita memiliki satu diri yang tunggal dan tidak bisa dibelah. Ya, tubuh saya terdiri dari sekitar 37 triliun sel. Setiap hari tubuh dan pikiran saya mengalami perubahan bentuk dan transformasi tak terhitung.

Jika saya menjangkau diri saya, saya pasti menemukan jauh didalamnya sebuah suara tunggal yg autentik, yang merupakan diri saya yang sejati, dan menjadi sumber segala makna dan otoritas dalam alam semesta.

Tetapi sains kehidupan berkata sebaliknya dan menyimpulkan bahwa cerita liberal ini adalah sebuah mitologi. "Jika saya benar-benar melihat jauh ke dalam diri saya, kesatuan yang tampak yang saya terima sebagai kebenaran memudar menjadi sebuah hiruk pikuk suara yang saling bertentangan, yang tak satupun merupakan "diri saya yang sejati". Manusia bukanlah individual, mereka adalah "dividual".

@AOS

No comments:

Post a Comment