Thursday, August 22, 2019

Pertumbuhan Ekonomi dan Kebebasan Informasi

Sebagaimana kaum kapitalis bercaya bahwa semua hal yang baik bergantung pada pertumbuhan ekonomi sehingga para Datais juga percaya bahwa semua hal yang baik - termasuk pertumbuhan ekonomi - bergantung pada kebebasan informasi. Mengapa Amerika Serikat tumbuh lebih cepat dari USSR? Karena informasi mengalir lebih bebas di Amerika Serikat. Mengapa orang Amerika lebih sehat, lebih kaya, dan lebih bahagia ketimbang orang Iran atau Nigeria? Berkat kebebasan informasi. 
Jadi, jika kita ingin menciptakan sebuah dunia yang lebih baik, kuncinya adalah membebaskan data.

Kita sudah melihat bahwa Google bisa mendeteksi epidemi baru lebih cepat dari organisasi kesehatan tradisional, tetapi hanya jika kita memberinya akses bebas ke informasi yang kita produksi. Demikian pula data yang bebas mengalir bisa mereduksi polusi serta limbah, misalnya dengan merasionalisasi sistem transportasi. Pada tahun 2010, jumlah mobil pribadi di dunia melebihi 1 miliar, dan angkanya terus tumbuh. Mobil-mobil ini mengotori planet dan membuang-buang sumber daya yang besar, minimal dengan keharusan menyediakan jalan yang lebih lebar dan ruang parkir yang lebih banyak. Orang menjadi begitu terbiasa dengan kenyamanan transportasi pribadi sehingga mereka tak mungkin mau naik bus atau kereta api. Namun, para Datais menunjukkan bahwa yang benar-benar diinginkan orang adalah mobilitas bukan mobil pribadi, dan sistem pemrosesan data yang baik bisa menyediakan mobilitas ini jauh lebih murah dan efisien.

Saya memiliki mobil pribadi, mobil itu lebih banyak menganggur di parkiran kantor saya. Pada hari-hari biasa, saya masuk ke mobil pada pukul 08.04, lalu menyetir satu jam an ke kantor, tempat saya memarkir mobil seharian. Pada pukul 18.11 saya kembali ke mobil, mengendarai satu jam an pulang ke rumah, dan begitulah seterusnya. Jadi, saya menggunakan mobil hanya dua jam an sehari. Mengapa saya perlu menyimpannya selama 22 jam? Mengapa tidak menciptakan sistem pangkalan mobil pintar, yang dijalankan oleh algoritma komputer? Komputer itu akan tahu bahwa saya perlu meninggalkan rumah pada pukul 08.04 dan akan menuju mobil otonom terdekat untuk menjemput saya pada waktu yang tepat. Setelah menurunkan saya di kantor, mobil itu bisa digunakan untuk tujuan lain, bukan menunggu di parkiran. Pada pukul 18.11 tepat, saat saya meninggalkan kantor, mobil komunal lain akan berhenti tepat di samping saya, dan membawa saya pulang. Dengan cara ini, 50 juta mobil otonom komunal bisa menggantikan 1 miliar mobil pribadi, dan kita juga membutuhkan lebih sedikit jalan, jembatan, terowongan, dan ruang parkir. Asalkan, tentu saja, saya menanggalkan privasi saya dan membolehkan algoritma selalu tahu di mana saya dan ke mana saya ingin pergi.
#HomoDeus

@AOS

No comments:

Post a Comment